Pemkab Bangkalan dan TNI Angkatan Laut bersinergi mencegah abrasi pantai - WisataHits
Jawa Timur

Pemkab Bangkalan dan TNI Angkatan Laut bersinergi mencegah abrasi pantai

PAMEKASAN (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bekerja sama dengan TNI AL Baruporon, Bangkalan, Jawa Timur mencegah abrasi pantai dengan menanam pohon bakau di sejumlah kawasan pesisir pantai.

“Selain untuk mencegah abrasi pantai, penanaman pohon mangrove juga merupakan bagian dari kegiatan memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada 26 Juli,” Pangdam (Danlanal) Batuporon, Bangkalan, Letkol Mahfud dari Marine Efendi Jatim di Bangkalan, kata Rabu.

Penanaman pohon mangrove berlangsung pada Selasa (26 Juli) di pesisir pantai desa Labuhan di Kecamatan Sepuluh Kabupaten Bangkalan. Hingga 4.000 pohon bakau telah ditanam oleh prajurit TNI di sepanjang pantai ini.

Menurut Mahfud, peringatan Hari Penanaman Pohon Sedunia TNI-AL berlangsung serentak di 77 lokasi di seluruh Indonesia.

“Salah satunya di Bangkalan karena saat ini kami menahannya,” katanya.

Bupati Bangkalan, Abdul Latif Amin Imron yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan terima kasih atas perhatian TNI-AL.

Dijelaskannya, penanaman pohon bakau tidak hanya mencegah terjadinya erosi, tetapi juga memperindah garis pantai.

Dan memang kami memproyeksikan Desa Pesisir Labuhan sebagai objek wisata mangrove, maka bakti sosial oleh TNI-AL Batuporon ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah kabupaten mengembangkan objek wisata mangrove, jelasnya.

Bupati juga meminta agar kegiatan yang dilakukan TNI-AL ini dapat menginspirasi warga lainnya untuk menjaga lingkungan dan pantai.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button