Merayakan HUT ke-74 Garuda Indonesia - WisataHits
Yogyakarta

Merayakan HUT ke-74 Garuda Indonesia

Merayakan HUT ke-74 Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan Indonesia Garuda Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-74.

Maskapai penerbangan nasional untuk Indonesia ini telah beroperasi sejak tahun 1949. Kelahiran Garuda Indonesia mengikuti Konferensi Meja Bundar Belanda-Indonesia. Negosiasi terjadi antara pemerintah Indonesia dan maskapai Belanda KLM untuk pendirian maskapai penerbangan nasional Indonesia.

Saat itu, Presiden Sukarno memutuskan “Karuda Indonesian Airways” (GIA) sebagai nama maskapai baru tersebut. Pada tanggal 28 Desember 1949, penerbangan perdana Garuda Indonesia dilakukan. Dua pesawat Dakota (DC-3) terbang dari Bandara Kemayoran di Jakarta menuju Yogyakarta untuk menemui Presiden Sukarno dan membawanya ke Jakarta, ibu kota negara Republik Indonesia yang baru berdiri.

Maskapai penerbangan Indonesia telah mengalami banyak perubahan sejak tahun 1949. Mereka menawarkan banyak tujuan di seluruh dunia termasuk Tokyo, Sydney, Bali dan Seoul. Maskapai ini menawarkan pengalaman Garuda Indonesia kepada penumpangnya, yang menekankan keramahan Indonesia dan budaya yang kaya dan beragam.

Maskapai ini memiliki total 210 pesawat dalam 142 armada. Maskapai nasional ini juga telah menerima beberapa penghargaan, termasuk mendapatkan peringkat ketepatan waktu bintang 5 untuk tahun 2020 dari OAG Flightview, lembaga pemeringkat independen yang berbasis di Inggris untuk ketepatan waktu.

Maskapai ini menerima Best Airline in Indonesia from 2017-2020 dan Main Airline – Preferred Airline for Asian Travelers from 2018-2020 dari TripAdvisor 2020 Travellers’ Choice Airlines Awards dan diakui sebagai salah satu maskapai penerbangan terbaik di dunia. Dalam menerapkan protokol perlindungan kesehatan sesuai dengan barometer perjalanan yang aman.

Tokyo adalah salah satu dari banyak lokasi yang dilayani oleh Garuda Indonesia. © Panduan Jepang

Maskapai ini dinobatkan sebagai Maskapai Paling Tepat Waktu pada tahun 2022 oleh OAG. Menurut laporan tersebut, 95,63% penerbangan maskapai tiba tepat waktu dalam waktu 15 menit dari waktu yang dijadwalkan.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumathi memuji maskapai tersebut, “Kami yakin pencapaian ini akan meningkatkan efisiensi penerbangan nasional, mempercepat pemulihan dan memajukan industri penerbangan nasional.” Semoga kinerja tepat waktu yang baik ini dapat ditandingi dan ditiru oleh maskapai nasional lainnya. .

Maskapai ini akan memperluas jaringannya pada tahun 2023. Garuda akan menambah jumlah penerbangan langsung antar kota di Indonesia dan tempat-tempat ziarah seperti umrah di Timur Tengah.

Tahun lalu, maskapai mengumumkan kemitraan baru dengan Etihad. Kemitraan ini akan menggandakan jumlah penerbangan gabungan ke 42 tujuan di Kepulauan Indonesia, Timur Tengah, Amerika, Eropa, dan Asia Tenggara. Langkah tersebut mengikuti kesepakatan serupa dengan sesama maskapai UEA Emirates.

Dirut Garuda Irfan Setiaputra mengungkapkan ambisinya terhadap maskapai tahun ini. Dia mengatakan: “Kami akan memperkuat komitmen ini dengan mengembangkan jaringan kargo charter dan terjadwal untuk mendukung direct call ke berbagai negara tujuan ekspor nasional.”

Indonesia adalah tujuan wisata teratas dengan 16 juta pengunjung pada tahun 2019. Karena pandemi, jumlah itu turun menjadi 4 juta pada tahun 2020. Pada tahun 2023, lebih banyak orang diharapkan datang ke negara itu.

Dikenal karena sejarahnya yang kaya, pulau-pulau di Indonesia termasuk dalam Tujuh Keajaiban Dunia. Candi Borobudur di pulau Jawa merupakan monumen Buddha terbesar di dunia. Candi ini dibangun pada abad ke-8 dan ke-9 pada masa pemerintahan dinasti Sailendra.

Candi Borobudur Garuda IndonesiaCandi Borobudur telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. © weltatlas.com

Negara ini juga terkenal dengan pantainya yang indah. Terletak di lepas pantai timur Sumatera, kepulauan Banga Pelitung terkenal dengan pantai pasir putih, pohon palem, dan tebing granit di tengah lautan.

Pantai Garuda IndonesiaPulau-pulau tersebut memiliki beberapa pantai terbaik di negara ini. © Amazing Indonesia

Apa pendapat Anda tentang Garuda Indonesia yang merayakan hari jadinya yang ke-74? Beri tahu kami di komentar di bawah.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button