Kegiatan G20 dan konferensi tingkatkan okupansi di Jogja Hotel - WisataHits
Yogyakarta

Kegiatan G20 dan konferensi tingkatkan okupansi di Jogja Hotel

Yogyakarta, IDN Times – Kegiatan G20 yang dilaksanakan di Bali terbukti memberikan kontribusi positif bagi pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI DIY) mengatakan, room occupancy atau hunian hotel meningkat di Jogja.

1. Peningkatan utilisasi hingga 80 persen

Kegiatan G20 di Bali dan konferensi untuk meningkatkan okupansi hotel di Jogja  Kepala PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono. (Instagram.com/deddypranowo)

Saat ini, hotel berbintang dan nonbintang di DIY mengalami peningkatan okupansi sejak pekan lalu, dengan persentase rata-rata mencapai 80 persen, yang diperkirakan akan terus berlanjut hingga Desember 2022.

“Meski KTT G20 digelar di Bali, namun efeknya luar biasa karena bersorak-sorai, artinya anggota keluarga (delegasi) juga berkunjung ke Yogyakarta,” kata Ketua PHRI-DIY Deddy Pranawa Eryana, Selasa (15/11/2022).

2. Berharap G20 menjadi alat promosi pariwisata do-it-yourself

Kegiatan G20 di Bali dan Kongres meningkatkan okupansi hotel di Jogja  IDNTimes/Kartika Suci

Deddy berharap KTT G20 Bali dapat menjadi sarana promosi yang efektif bagi pariwisata di Indonesia, termasuk bagi peminat DIY. Hal itu karena banyak wisatawan mancanegara yang masih beranggapan bahwa tujuan wisata Indonesia hanya Bali.

“Hal itu perlu kita jelaskan kepada mereka agar momen G20 ini menjadi momentum yang perlu kita raih dan kita abadikan bersama untuk mem-branding pariwisata Indonesia, termasuk DIY,” kata Deddy, seperti dikutip Antara.

Baca Juga: PHRI Optimis Reservasi Hotel di Jogja Tak Terdampak COVID-19

3. Muktamar Muhammadiyah di Solo berkontribusi terhadap permintaan kamar hotel di Jogja

Kegiatan G20 di Bali dan Kongres meningkatkan okupansi hotel di Jogja  Jenis tempat tidur di kamar hotel (unsplash.com/Vojtech Bruzek)

Selain didorong oleh kunjungan tamu dari negara-negara G20, Deddy mengatakan kenaikan tingkat hunian kamar hotel juga terbantu dengan momentum Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Solo, Jawa Tengah.

“G20 dan Muktamar Muhammadiyah terkait erat untuk meningkatkan utilisasi di Yogyakarta. Kami di PHRI DIY menikmati kebangkitan ini dengan tingkat okupansi rata-rata 80 persen untuk hotel dan restoran,” kata Deddy.

Baca juga: 6 Hotel Baru di Jogja, Modern dengan Fasilitas Lengkap

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button