Batik Mtrainarjan, Kerajinan Pesisir Demak dengan corak potensi lokal - WisataHits
Jawa Tengah

Batik Mtrainarjan, Kerajinan Pesisir Demak dengan corak potensi lokal

Demak, Jawa Tengahnews.id – Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Demak di Jawa Tengah, jangan lewatkan Batik Mtrainaryan sebagai oleh-oleh.

Keberadaan Batik Mtrainarjan cukup terkenal di Kabupaten Demak dan sekitarnya karena kualitas dan motif yang ditawarkan cukup epic.

Baca juga: Ini Arti Batik Burung Hantu Tyto Alba Demak, Tertarik dengan Kick Andy

Yang menarik, produksi batik di Desa Mtrainarjo, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak memiliki motif yang beragam dengan motif Potenai lokal di Kabupaten Demak.

Misalnya seperti Masjid Agung Demak, jambu biji, belimbing dan masih banyak lainnya yang merupakan potensi unggulan pariwisata dan oleh-oleh Kabupaten Demak.

Proses pelatihan membatik. (Foto: Adalah)

Dikembangkan oleh Arif Purwanto dan Kusmidarmini, batik telah menyebar ke daerah lain seperti Semarang, Purwodadi, Kudus dan sekitarnya.

Kuzmidarmini sendiri mengatakan bahwa membatik Mtrainaryan dimulai dari yang memang hobi menggambar, kemudian ia mencoba peruntungan lain dengan membatik. Selain itu, lurah setempat juga ingin mengembangkan potensi pendidikan.

“Sejak saat itu, saya tertarik untuk mempelajari dan mengembangkan batik khas mtrainarjan ini,” ujarnya.

Baca juga: Main di Demak, jangan lupa dapatkan oleh-oleh Batik Demakan

Batik Mtrainarjan menawarkan ikat celup yang digambar tangan dan dicap menggunakan berbagai pewarna, dari kimia hingga alami.

Belum lagi buah lengkeng yang menjadi komoditas yang dikembangkan oleh desa Mtrainarjo juga menjadi pola tie-dye.

Bagi Anda yang ingin belajar, Mtrainarjan Batik juga menawarkan fasilitas pelatihan dengan beberapa paket kompetisi. (Adv/Zaidi-02)

Source: www.jatengnews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button