Banyak pulau, surga laut tersembunyi yang eksotis di Aceh Singkil - WisataHits
wisatahits

Banyak pulau, surga laut tersembunyi yang eksotis di Aceh Singkil

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 800.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: daerah. Pulau Banyak, Kab. Aceh Singkil, Aceh; Kasus: Cek lokasi

Pulau Banyak merupakan objek wisata yang terletak di provinsi Aceh. Objek wisata ini sangat diminati oleh para wisatawan yang menyukai keindahan pantai. Objek wisata ini terdiri dari beberapa pulau seperti Pulau Ranggit, Pulau Panjang, Pulau Palambak dan masih banyak pulau kecil lainnya dengan jumlah total 63 pulau.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pulau ini dulunya merupakan pulau besar yang kemudian dibagi menjadi 63 bagian karena pertempuran dan pertengkaran antara tuan tapa. Hingga saat ini pulau tersebut sangat terkenal dan menjadi primadona di provinsi Aceh.

Banyak tempat wisata di pulau ini biasanya akan ramai di akhir pekan atau hari libur. Pengunjung yang datang dari anak-anak hingga dewasa. Tempat wisata ini juga sering disebut sebagai “Maladewa Aceh”. Karena pemandangan pulau ini terlihat seperti surga yang sangat indah dan menyejukkan. Udara segar berasal dari pepohonan di sekitar pantai.

Atraksi banyak pulau

Banyak objek wisata pulauKredit gambar: Google Maps Tarmizi Muhammad

1. Miliki suar

Di objek ini terdapat mercusuar yang sangat tinggi yang terletak di Pulau Ranggit. Anda bisa menaiki mercusuar untuk melihat panorama seluruh pantai dan laut, Anda juga bisa mengabadikan momen tersebut sebagai kenangan liburan yang menyenangkan. Pemandangan pulau dari ketinggian terlihat sangat jernih dan tentunya sangat menakjubkan.

Mercusuar ini biasanya digunakan sebagai navigasi bagi abdi atau kapal di sekitar pulau. Namun banyak pengunjung yang memilih gedung ini sebagai tempat yang wajib dikunjungi saat mengunjungi objek wisata ini.

2. Pemandangan surgawi

Bentang alam Pulau Banyak bisa dibilang surganya Aceh karena pantainya berpasir putih bersih. Ada juga banyak pohon termasuk pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang objek wisata. Hal ini membuat udara lebih sejuk dan segar sehingga pengunjung dapat merasa tenang dan nyaman.

Air lautnya juga sangat jernih, berwarna toska, berpadu dengan pantai yang bersih, membuat pemandangan semakin asri. Pemandangan tersebut memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung yang datang.

Karena memiliki air yang sangat jernih, membuat situasi laut terlihat jelas. Banyak jenis ikan hidup di pulau ini. Ada juga terumbu karang dan tumbuhan laut yang bisa menambah keindahan bawah laut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau PanjangKredit Gambar: Instagram Pulau Banyak, Aceh Singkil

Kawasan pulau cantik ini terletak di provinsi Aceh. Tepatnya berada di Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil. Akses menuju objek wisata ini cukup panjang dan kondisi jalan yang mulus, sehingga memudahkan Anda untuk menuju ke sana. Di setiap jalan raya, terdapat rambu-rambu yang akan memandu Anda menuju tempat wisata tersebut.

Untuk rutenya sendiri, jika Anda datang dari Bandara Internasional Kuala Namu, silahkan melewati Jalan Bakaran Batu. Lurus saja sampai perempatan dekat Apotek Bintang, silahkan pilih jalur di sebelah kiri untuk melanjutkan perjalanan. Kemudian anda akan sampai di perempatan setelah melewati SMA Methodist Lubuk Pakam, silahkan pilih jalur yang ada di sebelah kanan.

Setelah itu lurus terus di Jalan Tengku Fachrudin hingga sampai di Jalan Trans Sumatera. Di titik ini Anda akan menemukan persimpangan, silakan lurus terus sampai Anda tiba di Big Collision Road. Ambil jalur ke kanan sampai perempatan berikutnya dekat pos perbatasan PJR Subussalam Aceh, ambil jalur ke kiri.

Kemudian lurus terus beberapa kilometer hingga sampai di jalan Singkil Rimo. Di dekat jalan, ada pelabuhan Singkil yang akan membawa Anda ke sisi lain pulau. Perjalanan selanjutnya adalah melalui jalur laut, yang bisa Anda tempuh dengan menggunakan perahu kayu atau kapal feri. Untuk kapal kayu akan memakan waktu 3 jam dan feri selama 4 jam.

Untuk total durasi perjalanan akan memakan waktu 7 jam 30 menit dengan mengendarai kendaraan roda dua. Selama ini, jika berkendara roda empat akan ditempuh selama 8 jam 10 menit. Waktu yang ditentukan tergantung pada kondisi lalu lintas selama perjalanan ke lokasi pulau.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauKredit Gambar: Instagram Pulau Banyak, Aceh Singkil

Seperti pada umumnya jika ingin memasuki kawasan wisata Pulau Banyak akan dikenakan biaya. Harga tiket masuk objek wisata ini bervariasi tergantung dari paket yang disediakan. Paket ini sudah termasuk makan, transportasi, pemandu wisata, homestay atau akomodasi.

Paket tersebut terbagi menjadi 4 jenis yaitu paket 1 dengan kisaran harga Rp 900.000 per orang. Dalam paket ini, pengunjung akan berkumpul di Medan dan durasi liburan adalah 2 hari 1 malam. Kemudian paket 2 seharga Rp 1.150.000 per orang dan durasi yang diberikan dalam paket ini adalah 3 hari 2 malam dengan meeting point di Medan.

Selain itu ada juga paket 3 yaitu 3 hari 2 malam dengan tambahan biaya Rp 800.000 per orang. Meeting point yang ditentukan dalam paket ini adalah di Singkil. Kemudian paket terakhir yang disediakan adalah Paket 4 dengan harga sekitar Rp 1.350.000 per orang. Paket ini berlangsung 3 hari 2 malam dengan meeting point di Banda Aceh.

Dengan paket-paket yang telah disediakan, Anda dapat memilih salah satu yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Untuk jam buka, objek wisata ini buka setiap hari dan beroperasi 24 jam sehari. Anda dapat mengunjungi objek wisata ini kapan pun Anda mau dan tidak perlu khawatir tentang waktu tutup.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Banyak

Banyak aktivitas pulauKredit gambar: Google Maps Rahmat Fajrin

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pulau Banyak yang eksotis ini. Kegiatan menarik tersebut antara lain:

1. Snorkeling

Karena memiliki keindahan bawah laut yang indah, Anda bisa berlatih olahraga air seperti snorkeling. Anda dapat melihat berbagai jenis makhluk laut yang memiliki berbagai jenis. Di sini Anda akan menemukan ikan pari, ikan badut dan masih banyak lagi.

2. Jalan-jalan di sekitar pantai

Tempat wisata ini memiliki pasir pantai yang bersih untuk Anda jalan-jalan di sepanjang pantai. Deburan ombak yang lembut membuat suasana semakin tenang dan nyaman. Di sekitar pantai, pengunjung akan menemukan beberapa spot foto yang bisa dijadikan sebagai dokumentasi liburan.

3. Berenang dan permainan air

Tentu saja, mengunjungi pantai tidak lengkap jika Anda tidak berenang atau bermain air. Air laut di Pulau Banyak sangat jernih dan tenang, sehingga aman bagi anda yang ingin bermain air bersama keluarga atau teman dekat. Anda juga bisa menyewa baju renang yang disediakan atau membawa sendiri dari rumah.

4. Berjemur

Pada siang hari, biasanya banyak pengunjung yang berjemur di sekitar pantai. Matahari yang hangat dan angin yang sejuk sangat cocok untuk berjemur ditemani pemandangan pantai yang indah. Namun jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya agar kulit Anda tidak terbakar sinar matahari.

5. Joging

Bagi yang menyukai olahraga, objek wisata ini bisa Anda manfaatkan sebagai tempat jogging. Udaranya yang segar dan pemandangan yang disuguhkan sangat indah, yang membuat Anda semakin semangat dan asyik saat melakukannya.

6. Main jet ski

Aktivitas Pulau Banyak LainnyaKredit Gambar: Google Maps Mewarnai Indonesia

Bagi pengunjung yang menyukai permainan ekstrim, Anda harus mencoba jet ski di objek wisata ini. Anda bisa bersenang-senang sambil menikmati keindahan di sekitar Anda. Anda dapat mencoba permainan dan tentu saja akan dikenakan biaya tambahan.

7. Bermain layang-layang

Anda juga bisa bermain layang-layang karena angin di objek wisata ini sangat kencang. Untuk perlengkapannya sendiri bisa Anda bawa dari rumah atau membelinya di kawasan objek wisata. Banyak bentuk dan warna yang telah direncanakan sehingga Anda dapat memilih layang-layang sesuai dengan keinginan Anda.

8. Bermain di pantai berpasir

Pasir di objek wisata ini sangat bersih sehingga bisa Anda gunakan untuk membuat berbagai bentuk seperti istana pasir, rumah pasir, dan bentuk lainnya.

9. Berburu Foto

Mengabadikan momen adalah hal yang wajib dilakukan saat liburan, apalagi jika Anda sedang berlibur di tempat wisata ini. Karena disediakan berbagai keindahan dan spot foto, kamu bisa mengambil foto untuk kenangan liburanmu.

Akomodasi murah terdekat

Banyak fasilitas pulauKredit gambar: Google Maps Ira Bungalows

1. Ira Bungalows

Hostel ini menawarkan berbagai fasilitas yang bisa Anda gunakan. Kamar yang tersedia berbentuk seperti gubuk kayu dan menawarkan pemandangan langsung ke pantai. Sedangkan untuk jarak dari Pulau Banyak ke hostel ini bisa memakan waktu 5 menit kalau jalan kaki.

2. Pulau Surga Tailana

Penginapan yang menyandang nama Paradise Island Tailana ini terletak di Haloban. Hostel ini memiliki konsep hunian tepi pantai, sehingga Anda bisa melihat pemandangan pantai dan laut yang indah dari area hostel.

Hostel ini juga memiliki fasilitas yang memadai seperti restoran, kafe, bar, jembatan kayu, gazebo, perahu kayu. Kamar-kamar yang disediakan juga terbuat dari kayu berukir sehingga menjadi lebih artistik. Untuk jarak dari kawasan pulau, Anda hanya perlu 1-2 menit berjalan kaki untuk mencapai hostel surgawi di Pulau Tailana ini.

3. Karang Sikandang

Hostel terdekat berikutnya bernama The Coral Sikandang. Kamar yang tersedia terbagi menjadi dua tipe, yaitu kamar triple dan kamar twin. Peralatan yang tersedia cukup lengkap untuk memberikan kenyamanan bagi Anda.

Sedangkan untuk jarak dari pulau ke hostel ini hanya akan ditempuh selama tiga menit jalan kaki.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas yang tersedia di area pulauKredit Gambar: Instagram Pulau Banyak, Aceh Singkil

Pulau Banyak yang menawan ini sudah memiliki berbagai fasilitas yang memadai. Fasilitas penunjang kegiatan pengunjung seperti persewaan alat snorkeling, persewaan alat selancar, persewaan pakaian renang dan masih banyak lagi.

Sedangkan fasilitas penunjang yang dapat digunakan pengunjung antara lain area parkir, restoran, musholla cafe, toilet, ruang ganti dan gazebo. Fasilitas ini selalu bersih sehingga pengunjung lebih nyaman saat ingin menggunakannya.

Untuk restoran atau kafe di pulau ini telah menyediakan berbagai macam makanan dan minuman yang bisa Anda nikmati sambil bersantai dan menikmati keindahan pantai di kawasan tersebut.

Ini dia beberapa atraksi, harga tiket masuk, fasilitas yang ada di objek wisata Pulau Banyak. Jika Anda berada di provinsi Aceh, sempatkan untuk mengunjungi objek wisata ini karena sangat cocok bagi Anda yang ingin liburan seru bersama keluarga atau teman dekat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button