Pulau Mengkudu, surga laut tersembunyi yang eksotis di Lampung - WisataHits
wisatahits

Pulau Mengkudu, surga laut tersembunyi yang eksotis di Lampung

Biaya kunjungan: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Totoharjo, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Pulau Mengkudu terletak di wilayah Lampung selatan provinsi Lampung. Merupakan salah satu destinasi wisata baru dengan luas pulau 2 hektar. Nama pulau ini diambil dari salah satu buah yang banyak tumbuh di kawasan tersebut, yaitu mengkudu.

Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat ini dapat melakukan perjalanan melalui jalur air maupun jalur darat. Begitu sampai di pulau ini, Anda akan disuguhi pemandangan hutan bakau yang berjajar di pesisir pantai.

Fasilitas yang disediakan di pulau tersebut tentunya mampu membuat Anda betah dan betah. Berikut ini akan kami ulas informasi lengkap tentang Pulau Mengkudu, tempat wisatanya, fasilitasnya, dll.

Atraksi Pulau Noni

Aktivitas Pulau NoniKredit gambar: Google Maps Faisal Labib Zulfiqar

1. Mangrove

Daya tarik pertama yang bisa Anda temukan saat mengunjungi Pulau Mengkudu adalah pohon bakau. Pohon itu tumbuh di atas permukaan air. Inilah yang membuat akar pohon lembab dan juga basah.

Di mangrove ini, Anda akan menemukan ekosistem yang berbeda dari yang lain. Ikan yang dapat Anda temukan di sekitarnya memiliki bentuk yang agak khusus. Anda akan menemukan banyak ikan berjalan melalui area lumpur.

Tentu Anda tidak akan bisa melihat hewan-hewan tersebut, kecuali di kawasan mangrove. Jadi ini adalah pengalaman baru bagi Anda dan keluarga. Apalagi jika Anda datang ke sana bersama anak-anak Anda. Jadi pemandangan adalah hal yang sangat menarik dan baru bagi mereka.

2. Suasananya begitu tenang

Daya tarik selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari pulau ini adalah suasananya yang cenderung tenang. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini memang masih belum terlalu ramai. Oleh karena itu sangat cocok bagi Anda yang mencari tempat wisata yang tenang jauh dari keramaian.

Apalagi Pulau Mengkudu juga didukung dengan jarak yang cukup jauh dari desa. Di pulau Anda tidak akan menemukan penduduk. Karena itu, keadaan pulau cenderung tenang.

Anda kemudian dapat bersantai di tepi laut, di sana Anda dapat bersantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Suasana akan semakin indah dengan mendengarkan suara deburan ombak laut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau MengkuduKredit gambar: Taman Kecil Hidroponik Google Maps

Seperti yang disebutkan di atas, untuk mencapai mengkudu, Anda bisa menempuh perjalanan darat atau laut. Pulau Mengkudu sendiri berada di Kecamatan Bakauheni. Untuk jaraknya sendiri, tergantung jalur yang Anda pilih nantinya.

Jika di sini Anda memilih jalur penyeberangan menggunakan perahu yang berangkat dari desa Kunjir, maka Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 35.000 dan perjalanan memakan waktu 15 menit hingga 20 menit.

Dengan menggunakan perahu tentunya anda dapat melihat keindahan pulau-pulau lain di tengah laut, jika anda datang melalui jalur darat anda dapat berangkat dari pelabuhan Merak-Bakauheni yang kemudian menuju ke selatan menuju Provinsi Lampung dari Lampung.

Menggunakan kendaraan pribadi menjadi pilihan yang tepat saat menggunakan jalur darat ini. Namun meski tidak membawa kendaraan sendiri, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum yang disediakan.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau MengkuduKredit gambar: Google Maps Wike Oktafin

Biaya yang dibutuhkan untuk menikmati keindahan Pulau Mengkudu dimulai dari harga tiket Rp 10.000 per orang. Harganya pun sangat terjangkau bagi Anda yang memiliki dana terbatas saat berlibur di tempat ini.

Sedangkan jika membawa kendaraan sendiri, akan dikenakan biaya parkir nantinya. Biaya parkir mobil adalah Rp 5000. Setelah memarkir kendaraan, Anda bisa menyeberang untuk menuju kawasan pulau.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pulau Mengkudu

Aktivitas di Pulau MengkuduKredit gambar: Google Maps Wildan Hanief

1. Pasir timbul

Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Pulau Mengkudu ini. Salah satunya adalah memanfaatkan pasir yang terangkat di sana. Lokasinya sendiri terletak di ujung pulau, menghubungkan pulau dengan benua lain di dekatnya.

Daerah tersebut disebut pasir hasil karena gugusan pasir melintasi lautan sehingga seolah-olah berasal dari permukaan air. Namun, saat air laut sedang pasang, spot menarik tersebut pasti akan tenggelam saat air mulai naik.

Namun saat air surut, pasir bisa tersalip oleh pengunjung pulau cantik ini. Tidak sedikit wisatawan yang pergi ke Pasir hanya untuk mencari gambar.

2. Berjemur

Kegiatan selanjutnya yang biasa dilakukan terutama oleh wisatawan asing adalah berjemur. Kegiatan penyamakan ini sebenarnya cukup menyehatkan. Karena akan menambah asupan vitamin D dan juga untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Untuk berjemur, Anda dapat memilih jam dari jam 8 pagi hingga 11 pagi. Tapi ketika Anda berjamur, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya. Karena dengan penggunaan tabir surya, kulit Anda akan terlindungi dari sinar ultraviolet yang tidak baik untuk kulit.

3. Berenang dan permainan air

Karena ombak yang dimiliki Pulau Mengkudu, Lampung ini cukup tenang, aktivitas bermain air atau berenang pun akan terasa aman. Kedalamannya juga cukup dangkal, sehingga Anda akan leluasa untuk mempraktekkan aktivitas berenang ini di kawasan pantai.

Jika di sini Anda ingin mencoba berenang di tempat yang lebih dalam, Anda bisa mengarahkan pergerakannya ke wilayah laut lain. Laut ini memang sangat cocok untuk aktivitas yang memungkinkan pengunjung berenang di sekitar pantai. Namun, Anda harus selalu mengutamakan keselamatan.

4. Snorkeling

Aktivitas Menarik di Pulau MengkuduKredit gambar: Google Maps Siti Rusnawati

Contoh aktivitas seru terbaru yang juga bisa dilakukan di Pulau Mengkudu adalah snorkeling. Kegiatan ini pasti tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi pulau eksotis ini. Di tempat ini, warga sekitar juga menyediakan persewaan alat snorkeling.

Namun, untuk menabung, Anda juga bisa membawa sendiri dari rumah. Anda bisa menjelajahi keindahan area bawah laut pulau ini saat snorkeling di pantai. Terumbu karangnya sangat beragam dengan ikan-ikan kecil berenang yang akan menemani Anda saat snorkeling.

5. Perburuan Foto

Aktivitas selanjutnya yang wajib dilakukan saat berada di Pulau Mengkudu, Lampung adalah hunting foto. Lokasi ini menyuguhkan lokasi yang menarik bagi Anda yang ingin mengabadikan momen.

Oleh karena itu, pastikan saat Anda mengunjungi tempat tersebut, Anda telah membawa kamera. Kawasan mangrove yang eksotis dan pasirnya yang cerah menjadi spot foto yang sayang untuk dilewatkan saat Anda berada di pulau ini.

Apalagi jika Anda datang sore hari. Maka Anda akan menemukan pemandangan yang jauh lebih mengesankan. Panorama matahari terbenam menampilkan langit berwarna merah jingga yang dapat memukau mata Anda.

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi murah dekat Pulau MengkuduKredit gambar: Google Maps Econium

1. Wisma Sulphur Resort

Bagi Anda yang ingin bermalam di kawasan dekat Pulau Mengkudu, Lampung, Anda bisa menginap di Wisma Sulphur Resort. Harga sewa kamar yang dimiliki hostel ini cukup terjangkau, mulai dari Rp 150.000. Dengan biaya tersebut, Anda sudah bisa menikmati fasilitas yang ditawarkan.

2. Pantai Kahai

Untuk akomodasi yang satu ini memiliki jarak sekitar 8 km dari kawasan wisata Pulau Mengkudu. Anda tidak perlu meragukan kebersihan kamar hotel. Apalagi pemandangan yang ditawarkan selama Anda menginap di tempat ini juga sangat mempesona.

3. Hotel Kalianda

Hotel terakhir yang direkomendasikan untuk Anda menginap adalah Hotel Kalianda. Hotel Kalianda merupakan hostel yang berpredikat bintang 3, jarak tempuh dari hotel ke tempat wisata sekitar 25 km. Lokasinya sendiri berada di pusat kota. Sehingga nantinya akan cukup mudah bagi anda untuk menemukan lokasi hotel Kalianda ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Kawasan Pulau MengkuduKredit Gambar: Instagram Tempat Wisata di Lampung

Seperti yang sudah dibahas di atas, Pulau Mengkudu di Lampung memang tidak dihuni oleh masyarakat, hal ini dikarenakan luasnya yang terlalu kecil. Namun meski begitu, fasilitas yang dimiliki pulau ini cukup lengkap. Masyarakat sekitar memang telah memberdayakan pulau ini.

Anda tidak akan kesulitan menemukan toilet umum di pulau ini. Selain itu, bagi Anda yang beragama Islam, Anda bisa shalat di mushola yang telah disediakan. Gazebo yang dibuat di pinggir pantai juga sangat cocok digunakan saat ingin beristirahat dan bersantai melihat keindahan laut.

Tidak perlu repot membawa bekal, karena disini juga ada warung makan. Anda bisa menikmati hidangan sambil menikmati panorama pantai pulau nan eksotis ini bersama keluarga.

Demikian ulasan lengkap tentang pesona pulau mengkudu di lampung selatan. Bagi Anda yang berkunjung ke Lampung Selatan, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi pulau ini. Di tempat ini nantinya kamu akan menemukan keindahan pohon bakau dan hamparan pasir yang bisa kamu abadikan melalui sebuah foto.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button