Wisata dan Belajar di Museum Gunung Merapi, Jogja - WisataHits
wisatahits

Wisata dan Belajar di Museum Gunung Merapi, Jogja

Museum Gunung Merapi adalah salah satu tempat liburan yang paling menarik jika Anda berada di Jogja. Selain ilmu, kamu juga akan mendapatkan pengalaman liburan seru dan berbeda dari biasanya di sini.

Museum-Gunung-Merapi-JogjaMelalui instagram.com/tikawindiana42

Jam buka: 08.00-15.30 WIB
Harga tiket: Rp 3.000/orang
Kontak: (0274) 896498
Alamat: Jalan Boyong, Hargobinangun, Sleman Pakem, Yogyakarta.
Fasilitas umum: Mushola, rest area, area parkir, toilet
Akses jalan: Bagus
Toko: Tidak ada
Peta daring: Tampilkan peta

Kota Jogja memiliki banyak tempat wisata yang bisa dipilih wisatawan selama liburan. Selain objek wisata sejarah, taman hiburan dan wisata pantai, wisatawan juga bisa memilih untuk berlibur di objek wisata bertema edukasi di Jogja.

Salah satu objek wisata edukasi di Jogja, khususnya yang akan menambah pengetahuan Anda tentang Gunung Merapi adalah Museum Gunung Merapi di Yogyakarta.

Di museum ini, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang Gunung Merapi dan jejak letusannya di masa lalu.

Museum-Gunung-Merapi-Yogyakartavia instagram.com/diant77

fasilitas-museum-gunung-merapi-jogjavia instagram.com/nita.lestari43

fitur-museum-gunung-merapi via instagram.com/nita.lestari43

museum-gunung-merapi-jogja-bunker-kaliademvia instagram.com/wahyu_pramudito

museum-gunung-merapi-sisa-bunker-kaliadem-2006via instagram.com/mikehadjoh

Presentasi Museum Gunung Merapi

Museum ini dibangun dengan pemikiran bahwa kerugian serta manfaat yang ditimbulkan dari letusan Gunung Merapi merupakan hal yang penting untuk diketahui masyarakat.

Dengan adanya alat simulasi dan beberapa foto dan video yang berhubungan dengan gunung berapi di museum ini, masyarakat harus lebih terinformasi dan diperlengkapi untuk menghadapi kondisi terburuk jika sewaktu-waktu gunung meletus.

Sejarah kilat

Museum ini dibangun dan diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009 oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral yang saat itu dimiliki oleh Bapak Purnomo Yusgiantoro.

Bangunan museum ini didirikan di atas lahan seluas 3,5 hektar dengan bentuk atau arsitektur yang cukup unik menyerupai bentuk gunung.

Dengan luas sekitar 4.470 meter persegi, atap gunung ini dibuat mengerucut seperti gunung, dan konon cocok untuk adat budaya Jogja juga.

Objek wisata

Ada banyak hal yang bisa Anda nikmati dan dapatkan saat mengunjungi museum ini.

Museum ini terdiri dari 2 lantai dengan beberapa ruangan yang berisi benda atau benda yang berbau gunung.

Di lantai dasar, tepatnya di ruang utama setelah pintu masuk museum, Anda akan menemukan sebuah benda yang disebut model Gunung Merapi.

Objek ini merupakan miniatur sekaligus alat peraga yang dapat digunakan pengunjung untuk melihat simulasi erupsi atau erupsi yang terjadi di Gunung Merapi.

Uniknya, model Gunung Merapi ini dilengkapi dengan kancing yang menunjukkan tahun meletusnya Gunung Merapi di Yogyakarta.

Perlu diketahui bahwa Gunung Merapi meletus pada tahun 1969, 1994 dan juga pada tahun 2006.

Nah jika Anda menekan tombol, misalnya tombol 1969, model Gunung Merapi akan meletus dan meletus seperti letusan Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 1969.

Demikian pula, jika Anda menekan tombol yang menunjukkan 1994 dan 2006, model tersebut juga akan menunjukkan Gunung Merapi meletus, seperti letusan aslinya, dengan suara menderu dan asap.

Kemudian, di ruangan lain, Anda bisa melihat beberapa peralatan yang biasa digunakan untuk memantau aktivitas Gunung Merapi oleh para peneliti atau aktivis Gunung Merapi.

Peralatan ini meliputi seismograf, teleskop dan alat pengolah data. Selain itu, di ruangan ini juga terdapat peralatan purbakala yang digunakan oleh para peneliti gunung api purba.

Lanjutkan ke ruangan selanjutnya, Anda akan mendapatkan semacam ruangan yang berisi tentang sejarah kelam bunker Kaliadem saat erupsi Gunung Merapi tahun 2006 lalu.

Ada beberapa barang atau barang milik korban di dalam bunker tersebut, di antaranya sebuah sepeda motor yang hanya tinggal kerangkanya setelah terkena semburan lahar panas yang dimuntahkan dari Gunung Merapi.

Selain hal-hal di atas, di kamar-kamar selanjutnya Anda akan menemukan barang-barang yang masih berhubungan dengan Gunung Merapi.

Jika datang bersama anak-anak misalnya, di museum ini juga terdapat ruangan yang berisi foto pepohonan, foto rumah, kartun yang bisa dinikmati oleh anak-anak.

Lanjut ke lantai dua museum, Anda akan menemukan berbagai jenis alat peraga dan simulasi yang akan membuat Anda melihat dan merasakan seperti apa kondisi saat bencana erupsi Gunung Merapi.

Di lantai dua terdapat alat berupa display erupsi Merapi, simulasi gempa, simulasi tsunami, display simulasi LCD.

Dan terakhir, di lantai dua mesum ini juga terdapat ruang teater mini sebagai tempat bersantai dan menonton film Mahaguru Merapi.

Film ini berisi cerita yang akan menambah pengetahuan Anda tentang dua kondisi yang disebabkan oleh keberadaan gunung berapi.

Yang pertama adalah kondisi berupa bencana yang mengerikan akibat letusan Gunung Merapi, dan kondisi kedua adalah Gunung Merapi akan mengalir dengan kesuburan dan memakmurkan kehidupan semua makhluk di sekitarnya.

Biaya masuk

Untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang sangat berharga di tempat ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 3000 saja.

Kemudian jika datang dengan kendaraan pribadi, biaya parkirnya juga cukup murah, hanya Rp 2000 untuk motor dan Rp 3000 untuk mobil.

Kemudian, jika Anda ingin menonton film di bioskop mini, Anda hanya perlu membayar tiket bioskop seharga Rp 5000.

Alamat

Alamat lengkap museum ini berada di Jalan Boyong, Hargobinangun, Sleman Pakem, Yogyakarta.

Lokasinya cukup dekat dengan pusat kota Jogja yang hanya berjarak sekitar 26,2 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 54 menit dengan mobil.

Meredakan

Bisa dikatakan fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini cukup lengkap. Fasilitas tersebut antara lain:

  • Tempat peristirahatan
  • Tempat parkir
  • ruang sholat
  • kamar kecil
  • Dan halaman untuk hunting foto

Satu-satunya kekurangan dari tempat wisata ini dari segi perlengkapan adalah tidak adanya warung atau stand makanan. Jadi, jika tiba-tiba merasa lapar, solusinya cari saja penjual makanan di luar tempat wisata, misalnya di tempat makanan khas Jogja ini.

Tanya Jawab tentang Museum Gunung Merapi

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban dari warga tentang tempat wisata ini:

Kesimpulan

Museum ini menyimpan berbagai hal yang sangat penting untuk memperdalam pengetahuan Anda tentang pegunungan, khususnya Gunung Merapi.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mengetahui segala sesuatu tentang Gunung Merapi serta dampak positif dan negatif dari keberadaannya, pastikan untuk menyempatkan diri mengunjungi Museum Gunung Merapi ini pada saat musim liburan.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button