Asyiknya menikmati liburan sekolah di Situ Gunung, bisa seru-seruan camping - WisataHits
Jawa Barat

Asyiknya menikmati liburan sekolah di Situ Gunung, bisa seru-seruan camping

Asyiknya menikmati liburan sekolah di Situ Gunung, bisa seru-seruan camping

Sukabumi

Liburan sekolah masih berlangsung. Di Jawa Barat, pembelajaran semester awal bagi mahasiswa akan dimulai pada 18 Juli 2022.

Mumpung masih ada waktu libur sekolah, kami mengisi liburan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Situ Gunung, Kabupaten Sukabumi. Di sana, anak-anak dapat menikmati pemandangan, mengamati satwa liar dan mencoba suasana baru saat berkemah di alam.

TNGGP meliputi area seluas 2.093 hektar. Kawasan tersebut antara lain berupa danau, hutan damar, air terjun Sawer setinggi 35 meter, tempat perkemahan dan tak ketinggalan jembatan gantung, serta beberapa tempat lain yang populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi, Jawa Barat.

Dari total luas tersebut, baru sekitar 222 hektare lahan yang digunakan. Hal ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Kepala Resor Situ Gunung TNGGP Asep Suganda mengatakan fasilitas kamp kini telah dibuka kembali setelah ditutup selama tingginya kasus pandemi COVID-19. Kunjungan wisatawan ke Situ Gunung juga meningkat selama liburan sekolah ini.

“Alhamdulillah ada peningkatan. Pengunjung harian rata-rata 250-500 pengunjung di hari biasa, 1.000-2.000 pengunjung di hari libur,” kata Asep saat dihubungi detikJabar, Sabtu (2/7/2022).

Asep mengatakan, antusiasme wisatawan untuk camping di Situ Gunung sangat tinggi. Akhir pekan ini, 200 wisatawan asal Jakarta diperkirakan akan memenuhi bumi perkemahan Situ Gunung.

Wisatawan juga memiliki pilihan untuk membawa perlengkapan berkemah sendiri atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Mulai dari tenda, makanan dan minuman, perlengkapan tidur hingga api unggun tersedia di Situ Gunung.

Setelah malam yang dingin Anda bisa berjalan-jalan ke air terjun atau danau seluas 120 hektar di pagi hari. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat satwa liar mulai dari lutung hingga rusa.

Untuk menuju Situ Gunung, wisatawan dari ibu kota Jakarta perlu berkendara sekitar 2 jam menuju pusat Kabupaten Sukabumi. Setelah sampai di Alun-Alun Cisaat, ambil jalan kiri melewati pasar dan desa.

Jika sudah melewati Polsek Kadudampit, berarti destinasi wisatanya tidak jauh, kurang lebih 1 kilometer. Biaya masuk ke Situ Gunung berkisar Rp 35.000 dan jika masuk ke jembatan gantung atau jembatan gantung akan dikenakan tiket lagi mulai Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

(mso/mso)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button