Asah kreativitas, mahasiswa PBSI UAD terbitkan buku dan modul BIPA - WisataHits
Yogyakarta

Asah kreativitas, mahasiswa PBSI UAD terbitkan buku dan modul BIPA

Asah kreativitas, mahasiswa PBSI UAD terbitkan buku dan modul BIPA

MAHASISWA Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menerbitkan Antologi Kajian Bahan Ajar dan RPP BIPA serta Modul.

Mahasiswa PBSI FKIP UAD yang mengambil peminatan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) meningkatkan kreativitasnya melalui penerbitan buku dan modul BIPA.

Dosen BIPA UAD Sudaryanto, M.Pd menjelaskan, mahasiswa PBSI UAD membuat buku dan modul sendiri. Mereka mengerjakan tugas mereview bahan ajar BIPA, RPP BIPA dan modul BIPA. “Dosen berperan sebagai perantara bagi mahasiswa,” jelas Sudaryanto, Kamis (21 Juli 2022).

Mahasiswa membaca, menulis dan berdiskusi serta aktif berkonsultasi dengan dosen.

Selain buku, mahasiswa juga membuat modul BIPA tematik. Empat modul telah dibuat, yaitu Keraton Yogyakarta: Modul Tematik BIPA Lanjutan, Alun-Alun Selatan dan Utara: Modul Tematik BIPA Lanjutan, Malioboro dan Stasiun Tugu: Modul Tematik BIPA Lanjutan dan Tamansari: Modul Tematik BIPA Lanjutan. “Subjek modulnya adalah nama destinasi wisata di Yogyakarta,” kata Sudaryanto.

Andre Triansya, mahasiswa PBSI UAD, mengaku mengetahui sejarah Alun-alun Selatan dan Alun-Alun Utara.

“Dengan membaca dan menulis modul, saya lebih memahami tentang kekhasan Yogyakarta,” kata Andre yang berasal dari Bangka.

Rencananya modul-modul tersebut akan diserahkan ke UAD HKI Center untuk menerima HKI. (Kipas)

Source: inilahjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button