Mahasiswa PBSI-UAD Terbitkan Buku dan Modul BIPA – KRJOGJA - WisataHits
Yogyakarta

Mahasiswa PBSI-UAD Terbitkan Buku dan Modul BIPA – KRJOGJA

YOGYA, KRJOGJA.com – Mahasiswa Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan (FKIP), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menerbitkan Antologi Kajian Bahan Ajar dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing/BIPA dan modul. Mahasiswa PBSI FKIP UAD yang mengambil peminatan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) meningkatkan kreativitasnya melalui penerbitan buku dan modul BIPA.

Dosen BIPA UAD Sudaryanto MPd menjelaskan, mahasiswa PBSI UAD membuat buku dan modul secara mandiri. “Mereka mengerjakan tugas dengan materi ajar BIPA, RPP BIPA dan modul BIPA. dosen sebagai
moderator untuk mahasiswa,” jelasnya, Jumat (22/7/2022).

Selama berkreasi, mahasiswa aktif membaca, menulis dan berdiskusi serta berkonsultasi dengan dosen. Selain buku, mahasiswa juga membuat modul BIPA tematik. Empat modul telah dikembangkan, yaitu Keraton Yogyakarta: Modul BIPA Tematik Tingkat Lanjut, Alun-Alun Selatan dan Utara: Modul BIPA Tematik Tingkat Lanjut, Stasiun Malioboro dan Tugu: Modul BIPA Tematik Tingkat Lanjut dan Tamansari: Modul BIPA Tematik Tingkat Lanjut. “Subjek modulnya adalah nama destinasi wisata di Yogyakarta,” ujarnya.

Andre Triansya, mahasiswa PBSI UAD, mengaku mengetahui sejarah Alun-alun Selatan dan Alun-Alun Utara. “Dengan membaca dan menulis modul, saya lebih memahami tentang kekhasan Yogyakarta,” kata Andre yang berasal dari Bangka. Rencananya, lanjut dia, modul-modul tersebut akan diserahkan ke Pusat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) UAD untuk menerima HKI. (jay)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button