12 oleh-oleh khas Bogor dari legenda hingga sekarang - WisataHits
Yogyakarta

12 oleh-oleh khas Bogor dari legenda hingga sekarang

Dikenal sebagai kota hujan, Bogor merupakan tujuan wisata yang populer bagi para wisatawan. Di tengah hiruk pikuk suasana ibu kota, Bogor bisa menjadi destinasi yang tepat untuk sekedar melepas lelah dan menyejukkan diri.

Namun, selain wisata dan keindahannya, Anda wajib mencoba berbagai kuliner yang ada di sana. Jika Anda tidak punya waktu, Anda bisa membawanya oleh-oleh khas Bogor sebagai hadiah untuk keluarga dan orang tersayang.

Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bogor Popbela.com. jangan sampai ketinggalan ya?

1. Roti Unyil

12 oleh-oleh khas Bogor dari legenda hingga sekarangzonabogor.com

Oleh-oleh khas Bogor yang pertama adalah roti Unyil. Seperti namanya, roti ini berukuran kecil dan bisa dinikmati dalam sekali teguk. Konon nama roti unyil ini diberikan oleh pembeli karena bentuk rotinya yang kecil.

Di Bogor, Roti Unyil ini tersedia dalam berbagai rasa yaitu Pisang Coklat, Coklat, Daging Sapi Asap, Kacang Tanah, Abon dan Keju.

Roti ini butuh waktu lama untuk dibuat, hingga empat jam. Jika Anda ingin mendapatkannya, Anda bisa menemukannya di toko oleh-oleh di Kota Bogor atau toko roti keliling.

lapisan 2 talas

12 oleh-oleh khas Bogor dari legenda hingga sekarangkampungkaleng.com

Lapis bogor merupakan masakan kuliner yang menggunakan tepung talas sebagai bahan utamanya. Bahkan, talas banyak digunakan sebagai masakan kuliner di Bogor karena merupakan kearifan pertanian di sana.

Souvenir ini bisa Anda bawa pulang karena rasanya yang enak dan terbuat dari bahan-bahan terbaik.

Salah satu toko yang paling terkenal menjual Lapis Bogor adalah Lapis Bogor Sangkuriang. Anda juga akan menemukan berbagai olahan talas lainnya di toko ini.

3. Bika Bogor

12 oleh-oleh khas Bogor dari legenda hingga sekarangcommons.wikimedia.org

Masih dengan olahan talas, oleh-oleh khas Bogor ini dibuat menjadi kue Bika. Bika khas Bogor ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan Bika Ambon. Seperti berdiri, Bika Bogor memiliki warna yang berbeda.

Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati pengalaman kuliner ini adalah Bika Bogor Talubi yang terletak di Jalan Padjajaran No. 20 Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Selain rasa talas, bika ini juga memiliki berbagai rasa lainnya seperti ubi, talas, nangka, dan pandan.

4. Ubi Jalar Panggang Cilembu

12 oleh-oleh khas Bogor dari legenda hingga sekarangbayuwin.com

Ubi cilembu kini juga banyak tersedia di kota-kota lain. Namun, makanan yang satu ini ternyata menjadi salah satu kuliner khas Bogor.

Seperti namanya, ubi jalar ini berasal dari Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat.

Ubi cilembu adalah sejenis ubi yang mengeluarkan cairan seperti gula madu saat dipanggang yang rasanya manis. Tak heran jika kuliner ini juga dikenal dengan sebutan ubi madu.

Souvenir ini bisa Anda beli di berbagai tempat wisata. Namun, pintar-pintarlah menegosiasikan harga untuk mendapatkan harga yang terjangkau.

5. PapaPia

12 oleh-oleh khas Bogor dari legenda hingga sekaranglidbahawers.com

Oleh-oleh khas Bogor selanjutnya adalah PapaPia. Pia ini merupakan jajanan yang mirip dengan bakpia jogja. Namun, tekstur PapaPia lebih kering, garingdan renyah.

Awalnya, varian PapaPia hanya terdiri dari kacang hijau. Namun, kini isiannya lebih beragam, mulai durian, kacang merah, cokelat, keju, dan tentu saja talas.

Untuk membeli kuliner ini, Anda bisa datang ke Jalan KH. Abdullah Bin Nuh, Ruko Segitiga Emas Bok E No. 27 Bogor.

6. kue hujan bogor

12 oleh-oleh khas Bogor dari legenda hingga sekarangwww.bogorraincake.com

Jika Anda menginginkan masakan Bogor kekinian, Bogor Raincake adalah pilihan yang tepat. Bogor Raincake sudah diproses kue Premium disajikan dengan berbagai topping lezat.

Topping termasuk talas, keju, vanila, coklat renyah, teh hijau, dan banyak lagi. Mereka juga melayani berbagai olahan kue lainnya seperti: kue dan Kue keju.

7. Bir Kotjok

12 oleh-oleh khas Bogor dari legenda hingga sekarangLane spice.kemdikbud.go.id

Oleh-oleh khas Bogor ini cukup unik namanya bir Kotjok. Namun, tidak seperti bir, minuman ini sama sekali tidak memabukkan. Padahal, bir Kotjok memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Minuman ini terbuat dari jahe, cengkeh, kayu manis dan gula dan sudah ada sejak tahun 1965. Minuman ini dapat menimbulkan rasa hangat di tubuh dan cocok diminum saat udara dingin.

8. Kacang Bogor

12 oleh-oleh khas Bogor dari legenda hingga sekarangcommons.wikimedia.org

Anda mungkin sudah terbiasa makan kacang. Tapi apakah Anda pernah mencoba kacang Bogor?

Kacang ini banyak ditemukan di sekitar kota Bogor. Mirip dengan kacang tanah pada umumnya, rasa kacang bogor enak dan cocok untuk cemilan. Cara mengolah kacang ini bisa digoreng, direbus atau dipanggang.

Saat Anda mengonsumsi makanan ini, Anda mendapatkan beragam nutrisi di dalamnya.

9. Mochibo

12 oleh-oleh khas Bogor dari legenda hingga sekarangrumah-mochibo.business.site

Mochibo atau mochi bogor adalah jenis makanan mochi yang mengandung buah segar. Buahnya adalah nanas, stroberikacang tanah sampai talas.

Seperti mochi biasa, rasa mochibonya kenyal dan enak. Anda bisa mendapatkan 1 peti mochibo dibandrol dengan harga hanya sekitar Rp 20.000 saja.

10. Pusaran Bogor

12 oleh-oleh khas Bogor dari legenda hingga sekarangmyfunfoodiary.com

Strudel adalah kue kering yang terbuat dari apel. Masakan ini terkenal di Jerman. Namun kini strudel juga sudah menjadi oleh-oleh khas Bogor.

Makanan ini bisa menjadi snack atau dessert untuk dikonsumsi bersama keluarga.

11. Rattletaart

12 oleh-oleh khas Bogor dari legenda hingga sekarangklattertaartkawanua.com

Klappertaart adalah makanan berbahan dasar kelapa. Seperti namanya, makanan ini berasal dari bahasa Belanda yang artinya kelapa dan kue.

Klappertaart paling enak disantap dalam keadaan dingin. Meski makanan ini asli Manado, Klappertaart sering ditemukan sebagai oleh-oleh di Bogor.

12. Pai Talas

12 oleh-oleh khas Bogor dari legenda hingga sekarangpierafles.co.id

Oleh-oleh khas Bogor yang terakhir adalah kue taro. Berbeda dengan kue berbahan dasar susu pada umumnya, kue cinderamata asal Bogor ini berisi olahan talas sebagai isiannya.

Dengan isian ini, pai talas khas Bogor ini bisa menjadi camilan yang unik dan enak.

Itulah 12 oleh-oleh khas Bogor yang bisa Anda jadikan referensi. Souvenir ini bisa Anda beli di pusat oleh-oleh yang tersebar di berbagai penjuru Kota Bogor.

Menurutmu apa yang akan kamu bawa pulang, Bela?

Baca Juga: 11 Souvenir Jogja Enak Bukan Cuma Bakpia!

Baca Juga: 10 Souvenir Bandung Populer yang Wajib Kamu Beli

Baca Juga: 10 Souvenir Khas Surabaya yang Wajib Kamu Beli, Baca Rekomendasinya!

Source: www.popbela.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button