Siswa MAN 1 Wonosobo Ziarah ke Makam Gus Dur - WisataHits
Jawa Timur

Siswa MAN 1 Wonosobo Ziarah ke Makam Gus Dur

WONOSOBO(SUARABARU.ID)– Sekitar 400 siswa Kelas XI dan XII MAN 1 Wonosobo berziarah makan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Senin (17/10/2022) siang.

Di makam Presiden IV Republik Indonesia, santri Asmaul Khusna dan Tahlil yang dipimpin oleh Kiai Khoeron Al Hafidz, salah satu pimpinan kegiatan keagamaan di MAN 1 Wonosobo, mengaji.

Kepala MAN 1 Wonosobo Khoirul Umam mengatakan pada Selasa (18 Oktober 2022) bahwa wisata ziarah merupakan salah satu bentuk pembelajaran sejarah budaya Islam (SKI) secara langsung di lokasi.

“Selama ini siswa sudah mendapatkan materi pembelajaran teori SKI di kelas. Kali ini mahasiswa diajak untuk berziarah langsung ke makam tokoh besar NU yang pernah menjadi orang nomor satu di Indonesia ini,” ujarnya.

Tur Nasional

kosongSiswa MAN 1 Wonosobo berfoto bersama di kompleks makam Gus Dur di Jombang, Jawa Timur. Foto: SB/Muharno Zarka

Usai makam Gus Dur, siswa MAN 1 Wonosob 1 melanjutkan wisata nasional ke Pulau Dewata, Bali. Ada beberapa wisata alam tepi pantai, budaya dan tradisi lokal yang bisa dikunjungi.

Tempat-tempat wisata yang dikunjungi para pelajar antara lain Tanah Lot, Bajra Sandi, Jogger dan Pantai Kuta. Kunjungi juga Pantai Tanjung Benoa, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pantai Pandawa dan Pusat Oleh-oleh Bali.

Siswa juga diajak menonton tari Barong dan melihat keindahan dan eksotisme Pantai Bedugul. Dengan mengunjungi kekayaan alam dan budaya Bali, mahasiswa diharapkan dapat membuka wawasan kebangsaan mereka.

“Indonesia kaya akan budaya dan keindahan alam. Oleh karena itu, siswa MAN 1 Wonosobo diundang untuk berkunjung dan menikmati bingkisan terindah tersebut, agar wawasan kebangsaan mereka terbuka,” ujarnya.

Muharno Zarka

Source: suarabaru.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button