Pantai Apra Sindangbarang, Cianjur - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Apra Sindangbarang, Cianjur – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Saganten, Kec. Sindanbarang, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Dikenal sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ratusan pantai yang indah dan mempesona. Dari sekian banyak pantai milik Indonesia, hanya beberapa yang dikembangkan menjadi tempat wisata yang banyak diminati pengunjung domestik maupun mancanegara. Oleh karena itu masih banyak pantai-pantai indah dan eksotis lainnya. Dimana salah satunya adalah pantai Apra Sindangbarang di Cianjur. Penasaran dengan Pantai Apra? Mari kita lihat ulasan ini.

April Atraksi pantai

Tempat Wisata Pantai Apra Sindanbarang CianjurFoto oleh Facebook Sansan Hasanudin Al Qori

Pantai yang ada di Cianjur ini merupakan salah satu pantai yang masih asri dan belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Sehingga menjadi salah satu destinasi pantai yang eksotis untuk dikunjungi jika anda berkunjung ke kota Cirebon. Tidak hanya itu, karena jarang ada pengunjung, Pantai Apra sangat cocok jika dijadikan tempat menyendiri untuk menenangkan pikiran sejenak dan melepas penat dari hiruk pikuk kota.

Seperti pantai lainnya di Pulau Jawa Selatan, Pantai Apra memiliki ombak yang besar. Tapi jangan khawatir, ombak di pantai ini relatif aman dibandingkan pantai-pantai lain di Cianjur. Tak hanya itu, ternyata Pantai Apra merupakan muara Sungai Cisadae yang membuat keindahan pantai tidak diragukan lagi. Karena bentang alamnya semakin beragam, yakni perpaduan antara pantai, laut, dan terumbu karang.

Selain bisa melihat pantai, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan muara sungai. Yang lebih menarik lagi adalah aktivitas penduduk sekitar sungai dan pantai. Apalagi mereka masih menggunakan rakit tradisional untuk mencari ikan, membuat pengunjung merasakan suasana tradisional. Untuk daya tarik pantai Apra memberikan nuansa tersendiri bagi para pengunjungnya.

Daya tarik lain dari Pantai Apra Sindanbarang, CianjurFoto oleh Facebook Djahid Abdulloh

Selain muara, salah satu daya tarik Pantai Apra adalah sejarahnya. Pernahkah Anda mendengar kisah tentara Ratu Adil? Menurut masyarakat sekitar, nama pantai Apra tidak terlepas dari sejarah pemberontakan yang dipimpin oleh tentara Ratu Adil. Karena konon pantai Apra dijadikan sebagai base camp tentara. Oleh karena itu tidak jarang beberapa pengunjung datang karena tertarik dengan sejarah.

Karena letaknya yang berada di selatan, Pantai Apra Sindangbarang merupakan salah satu pantai di Cianjur yang menawarkan pemandangan sunset yang sangat indah. Tak hanya itu, Pantai Apra juga menyandang nama Pantai Romantis. Sehingga tidak jarang sore hari atau Minggu malam tiba, banyak anak muda yang pergi ke pantai untuk sekedar nongkrong atau menikmati sunset di tempat yang tepat.

Mengetahui Pantai Apra Sindangbarang jarang dikunjungi, tanda-tanda yang mengarah ke pantai pun jarang dan sulit ditemukan. Namun jika Anda benar-benar ingin berkunjung, jangan khawatir. Karena ada warga sekitar yang dengan senang hati dan ramah akan memberikan petunjuk arah menuju pantai.

Alamat dan Arah Menuju Lokasi Pantai Apra Pantai

Alamat Pantai Apra Sindanbarang, CianjurFoto melalui Twitter @dedenabdulaziz

Pantai Apra Sindangbarang terletak di Cianjur, Jawa Barat tepatnya di selatan Cianjur yang berjarak sekitar 300 meter dari Alun-Alun Sindangbarang. Sehingga bisa dikatakan pantai ini cukup dekat dengan pengunjung dari Jakarta, Bandung dan sekitarnya. Jika pengunjung datang dari Jakarta, jalur yang ditempuh bisa langsung menuju Cianjur, kemudian dari Cianjur bisa langsung menuju kecamatan Sindangbarang.

Sedangkan bagi pengunjung yang berasal dari wilayah Bandung bisa langsung menuju Cianjur melalui jalan Bogor-Cianjur yang terkenal dengan keindahan alamnya. Namun khusus bagi Anda yang ingin menuju Pantai Apra melalui jalur Bandung-Cianjur, sebaiknya selalu ekstra hati-hati saat berkendara. Karena meski ke kanan dan ke kiri jalan menawarkan pemandangan yang menakjubkan, jalur tersebut rawan kecelakaan.

Juga, ingatlah untuk selalu mengutamakan keselamatan. Jangan mengemudikan kendaraan terlalu cepat. Karena menurut beberapa pengunjung, jalur menuju pantai ini cukup sulit sehingga Anda harus selalu berhati-hati selama perjalanan. Juga, jika Anda ingin mengunjungi Pantai Apra, Anda tidak boleh bepergian pada malam hari karena terlalu berisiko.

Harga tiket masuk Pantai Apra

Tiket Pantai Apra Sindanbarang di CianjurFoto oleh Facebook Ibnu Choiron

Pantai Apra Sindangbarang merupakan salah satu pantai di Cianjur yang masih sangat asri dan jarang dikunjungi pengunjung. Bisa juga dikatakan pantai ini masih tergolong baru, sehingga pengelolaan tiket masih ditangani secara mandiri. Dimana hal tersebut membuat harga tiketnya tidak terlalu mahal. Biaya masuk ke pantai pada hari biasa hanya sekitar Rp 5000 saja, dan sekali lagi tidak dengan karcis parkir.

Namun, harga akan naik jika termasuk dalam periode libur panjang. Mungkin ada beberapa persen kenaikan harga, tapi tidak terlalu besar. Sedangkan biaya parkirnya sendiri hanya berkisar Rp 2000 per motor dan Rp 5000 per mobil. Sangat murah bukan untuk tiket masuk pantai?

Aktivitas menarik di Pantai Apra Sindanbarang

Tiket Pantai Apra Sindanbarang di CianjurFoto oleh Facebook Ibnu Choiron

Meski Pantai Apra jarang dikunjungi, namun hal ini tidak menghalangi pengunjung Pantai Apra untuk melakukan aktivitas menarik. Dengan ombak yang tinggi ini akan sangat memungkinkan jika digunakan untuk berselancar. Jadi, jika Anda suka berselancar, tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk mengunjungi pantai Apra dan menaklukkan ombak di sana. Namun, Anda harus selalu waspada dan memperhatikan keselamatan. Karena ada bebatuan di beberapa titik.

Perlu Anda ketahui bahwa ada musim yang cukup terkenal bagi warga di sekitar Sungai Cisadae dan Pantai Apra yaitu Musim Impun. Menurut bahasa setempat, Impun adalah ikan kecil yang berbentuk seperti ular namun rasanya sangat enak dan menjadi favorit warga sekitar. Diketahui bahwa musim impunitas selalu terjadi pada setiap akhir bulan, yaitu sekitar tanggal 21 hingga tanggal 25.

Jika Anda ingin melakukan aktivitas yang menarik dan berbeda di Pantai Apra Sindangbarang, Anda bisa berkunjung pada tanggal-tanggal tersebut. Pasalnya, saat musim Inpun dimulai, pantai ini akan ramai oleh pengunjung yang ingin melihat penduduk lokal menangkap Impun dan yang ingin merasakan langsung rasa Impun. Menarik bukan?

Selain ombak dengan ombak yang tinggi, pantai Apra memiliki pemandangan yang menarik untuk memanjakan mata. Selain bisa berenang di laut, pengunjung juga bisa berjemur, berlatih olahraga pantai atau sekedar menikmati pemandangan. Jika Anda menyukai fotografi, Pantai Apra juga bisa dijadikan objek alam yang begitu indah dan mempesona.

Pantai Apra memiliki hamparan pantai yang sangat luas disertai angin yang cukup kencang, sehingga akan sangat cocok untuk kegiatan festival layang-layang dan kegiatan lainnya. seperti voli pantai. Tak hanya itu, pantai selatan Cianjur juga memiliki suasana rerumputan yang hijau. Oleh karena itu dapat digunakan untuk tidur berbaring di rumput.

Akomodasi di Apr.

Foto oleh Twitter RunToCare https://twitter.com/RuntoCareFoto melalui Twitter RunToCare

Seperti tempat wisata lainnya, di sekitar pantai Apra juga terdapat berbagai tempat penginapan. Meski agak jauh dari pantai, beberapa hostel bisa disewa oleh pengunjung yang ingin bermalam di pantai yang indah ini. Banyak hostel yang menawarkan berbagai fasilitas, termasuk tempat parkir yang luas. Tidak perlu khawatir dengan biaya, sebagian besar hostel ini menawarkan harga yang terjangkau.

Fasilitas yang dimiliki oleh Apr.

Fasilitas Pantai Apra Sindanbarang, CianjurFoto oleh Facebook Potret Cianjur

Meski Pantai Apra dikelola secara mandiri, namun pantai ini sudah memiliki berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh semua pengunjung. Selain tempat parkir kendaraan yang luas, di pantai Apra juga banyak terdapat kamar mandi atau toilet dan juga terdapat mushola. Tak hanya itu, bagi pengunjung yang ingin melihat pantai di malam hari, tersedia juga hostel yang bisa disewa.

Selain itu, di Pantai Apra Sindangbarang juga terdapat fasilitas lain yang bisa dimanfaatkan pengunjung, seperti warung dan restoran. Selain menyajikan berbagai hidangan seafood, beberapa restoran juga menyajikan hidangan lainnya. selain itu, jika ingin menikmati masakan sunda, tersedia beberapa restoran. Tapi kalau mau masakan lain, di sekitar pantai juga ada resto Padang.

Itulah tadi informasi mengenai Pantai Apra Sindangbarang yang perlu anda ketahui. Pantai yang terletak di selatan Cianjur ini memiliki daya tarik yang bisa membuat pengunjung betah berlama-lama, apalagi jika di pantai tersebut pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Terutama kegiatan musim Impuls yang menarik banyak pengunjung. Saya harap informasi ini dapat membantu Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button