Pahlawan, "Sail Darwin Saumlaki" - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Pahlawan, “Sail Darwin Saumlaki” – ANTARA News Yogyakarta

Saumlaki, Kepulauan Tanimbar (ANTARA) – Lomba berlayar “Sail Darwin Saumlaki”, rute Darwin, Australia, hingga Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, akan digelar 24-29 September setelah dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19 dipulangkan lagi .

“Pada tahun 2020 dan 2021 dunia akan dilanda pandemi COVID-19 sehingga tidak akan ada lomba berlayar ‘Sail Darwin Saumlaki’ saat ini.” Tanimbar Maria Goretti Batlayeri di Saumlaki, Selasa.

Maria menjelaskan, Pemerintah Kepulauan Tanimbar telah mendapat konfirmasi dari Panitia Sail Darwin Saumlaki bahwa akan diikuti 69 peserta dengan 15 perahu layar. Jumlah peserta kemungkinan akan bertambah karena panitia di Darwin masih membuka pendaftaran.

Para pelaut dijadwalkan memulai balapan pada 23 September dari Darwin dan tiba di perairan laut Saumlaki pada 24 September. “Karena ini kompetisi, perahu layar bisa datang pagi, siang, sore, malam atau lusa. Rencananya seluruh peserta akan tiba di Saumlaki pada 25 September mendatang,” imbuhnya.

Maria mengatakan, kompetisi tersebut dimanfaatkan pemerintah setempat untuk mempromosikan destinasi wisata agar para peserta melanjutkan perjalanan sesuai paket wisata yang telah disiapkan, seperti desa di kecamatan Wertamrian.

Nilai jual yang akan dipromosikan dari desa wisata tersebut adalah oleh-oleh terkenal di desa Tumbur berupa kain tenun ikat tanimbar yang dibuat oleh sekelompok penenun tradisional.

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button