Akses pembatas menuju pantai Widodaren dibuka - WisataHits
Yogyakarta

Akses pembatas menuju pantai Widodaren dibuka

Akses pembatas menuju pantai Widodaren dibuka

GUNUNG, (CH),– Blokade Pantai Widodaren di Desa Kanigoro, Kapanewon Saptosari dibuka oleh sekelompok warga yang sebelumnya menutupnya. Pembukaan dilanjutkan dengan musyawarah antara pemerintah kelurahan dengan kelompok masyarakat yang sebelumnya melaksanakan penutupan.

Lurah Kanigoro Suroso mengatakan saat dihubungi Kamis (26/1/2023) pembukaan akses ke Pantai Widodaren dilakukan kemarin.

“Sebenarnya kesepakatannya sama dengan musyawarah sebelumnya. Warga masih menuntut pemenuhan kios tapi menunggu ketersediaan anggaran,” kata Suroso melalui sambungan telepon.

Ia berharap tribun yang ada ditempati terlebih dahulu. Saat ini, 24 unit kios dianggap layak huni.

“Sayangnya tidak segera ditempati,” keluh Suroso.

Ia berharap warga memahami tata cara penggunaan alokasi rumah tangga, khususnya di tingkat kelurahan. Dalam musyawarah tersebut, ia juga mengesahkan aturan alokasi anggaran.

Arif Aldian, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, menyambut baik dibukanya akses ke kawasan pantai yang cocok untuk berkemah.

“Menyelesaikan masalah melalui musyawarah yang dilakukan oleh Kapanewon Saptosari, Desa Kanigoro dan Kotamadya dinilai sangat tepat,” kata Arif.

Ia sangat berharap iklim semakin kondusif bagi pengelolaan dan pengembangan destinasi wisata di Gunungkidul. Termasuk di pantai Widodaren. Pantai di sebelah timur Pantai Ngrenehan ini diakui sebagai salah satu potensi yang dapat dikembangkan untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Gunungkidul kaya akan tempat-tempat wisata alam yang akan bermanfaat bagi masyarakat jika didukung SDM pelaku industri pariwisata dan iklim yang mendukung,” ujarnya.

Sebelumnya, aksi blokade kawasan pantai dilakukan oleh sekelompok warga sekitar yang ingin menjadi pelaku bisnis di kawasan pantai Widodaren. Mereka menuntut penyediaan 73 kios. Tak hanya itu, mereka menilai pemerintah kelurahan akan lebih berpihak pada investor yang akan mendirikan usaha jasa pariwisata di Pantai Widodaren. (menyetir)

Pidato pemerintah kabupaten

komentar

komentar

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button