Jual berbagai wisata Maluku Utara melalui Sail Tidore 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Jual berbagai wisata Maluku Utara melalui Sail Tidore 2022

Ternate (ANTARA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Kepulauan Tidore, Maluku Utara, melakukan berbagai upaya untuk mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berbondong-bondong datang dan menikmati event pariwisata bertajuk Sail Tidore 2022 yang akan berlangsung pada 24 April mendatang. akan berlangsung pada -29 November 2022.

Pemkot Kepulauan Tidore bersama sejumlah kementerian terkait meluncurkan Sail Tidore di Jakarta, mempromosikan agenda pariwisata nasional melalui media massa nasional dan jaringan digital, serta mendorong para pelaku usaha dari Biro Perjalanan Umum untuk memprogramkan paket wisata ke Tidore.

Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim optimistis melalui semua upaya tersebut, target hingga 50.000 kunjungan wisatawan di Sail Tidore 2022 dapat tercapai. Selain itu, saat ini tidak ada pembatasan perjalanan sejalan dengan pandemi COVID-19 yang semakin terkendali.

Baca Juga: Polisi Siapkan Pengamanan untuk Kedatangan Presiden Jokowi di Sail Tidore

Dengan jumlah wisatawan yang begitu besar, penyelenggaraan Sail Tidore 2022 tidak hanya akan semakin semarak, tetapi juga memberikan kontribusi penting bagi perekonomian masyarakat Kepulauan Tidore.

Bahkan, dampak dari banyaknya kunjungan wisata tersebut juga akan dirasakan oleh kabupaten/kota Maluku Utara lainnya, khususnya Kota Ternate yang merupakan jalur keluar masuknya wisatawan dari luar Maluku Utara yang akan menuju Sail Tidore 2022.

Ali Ibrahim memastikan wisatawan merasa puas ketika melihat berbagai aktivitas yang akan ditampilkan selama pementasan Sail Tidore 2022 seperti;

Wisatawan juga akan merasakan kepuasan yang sama ketika mengunjungi berbagai objek wisata menarik di tempat kelahiran pahlawan nasional Sultan Nuku, baik objek wisata bahari maupun wisata alam maupun wisata sejarah.

Objek wisata bahari di Kepulauan Tidore yang dapat dinikmati wisatawan antara lain keindahan panorama bawah laut, atraksi unit lumba-lumba di perairan Pulau Mare dan Pulau Maitara yang keindahannya diabadikan dalam uang kertas seribu rupiah.

Baca Juga: Gubernur Maluku Utara Dorong Genjot Potensi Wisata di Sail Tidore

Sementara itu, objek wisata alam yang diyakini Wali Kota Ali Ibrahim akan sangat diminati wisatawan yang datang ke Sail Tidore 2022 adalah taman burung di kawasan Taman Nasional Aketa Jawa Nolobata di daratan Pulau Halmahera.

Di kawasan taman burung ini Anda dapat melihat berbagai jenis burung nuri, seperti nuri jambul putih dan nuri hijau, serta berbagai jenis burung lainnya termasuk nimfa yang endemik Halmahera dan bulunya setara dengan burung cendrawasih di Papua.

Wisata alam Gunung Kie Matubu juga bisa dinikmati oleh wisatawan, terutama yang senang mendaki gunung. Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan tantangan saat mendaki, tetapi juga saat berada di puncak. Dari atas, wisatawan bisa melihat laut biru dan pulau-pulau sekitarnya, termasuk Pulau Ternate yang menghadap ke gunung berapi Gamalama di tengahnya.

museum bawah air

Tempat wisata sejarah khusus di kota Kepulauan Tidore yang dapat dinikmati wisatawan tidak hanya benteng era kolonial dan Kedaton Kesultanan Tidore, tetapi juga museum bawah laut di Tanjung Rum dan Tanjung Tunguai.

Museum bawah laut di kedua lokasi menggambarkan tenggelamnya kapal Jepang dan Cina 500 tahun yang lalu, dengan muatan meriam, guci, dan berbagai benda keramik lainnya masih dipajang hingga hari ini.

Dengan nilai sejarah yang ditawarkan, diprediksi banyak wisatawan akan tertarik untuk mengunjungi objek wisata museum bawah laut di Tanjung Rum dan Tanjung Tongawai. Karena merupakan satu-satunya museum bawah laut di Indonesia.

Baca Juga: Pemkot Tikep Perbaiki Infrastruktur Jaminan Telekomunikasi Sail Tidore

Selain tempat wisata sejarah tersebut, Kepulauan Tidore juga memiliki cerita sejarah penting tentang pelayaran dunia Magellan dan Sebastian del Cano dari Spanyol dan Elkano dari Portugal pada abad ke-15 untuk menemukan asal mula rempah-rempah, yang merupakan komoditas paling berharga di Eropa pada abad ke-15. waktu.

Magellan dan Sebastian del Cano berawal dari titik yang sama di Spanyol namun mengambil rute yang berbeda yaitu Merhein melalui jalur barat dan Elkano melalui jalur timur, yang kemudian bertemu di Tidore dan atas dasar ini mereka menyimpulkan bahwa dunia itu bulat.

Aneka kuliner tradisional yang ada di kota Kepulauan Tidore yang disuguhkan dalam acara Sail Tidore 2022 akan membuat wisatawan terkesan, karena menurut Wali Kota Ali Ibrahim, kuliner tradisional tidak hanya unik, tetapi juga memiliki cita rasa yang lezat.

Salah satu hidangan tradisional yang disajikan adalah ikan gohu, bonito mentah yang dicincang halus kemudian dicampur dengan air jeruk dan berbagai bumbu serta air guraka, minuman kesehatan yang terbuat dari gula merah, santan, jahe, kayu manis, dan kenari.

Sebagai oleh-oleh telah dibuat berbagai produk kerajinan baik yang dibuat oleh pengrajin maupun UKM di kota Tidore, pulau-pulau dan kabupaten/kota lain di Maluku Utara, seperti: B. Tenun Tidore, batik Ternate, besi putih dan berbagai produk olahan rempah-rempah seperti sirup pala dan kopi rempah.

Baca Juga: Pemkot Selesaikan Infrastruktur Pendukung Sail Tidore 2022, Persiapan Pelaksanaan November

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maluku Utara Tahmid Wahab akan mengupayakan agar wisatawan yang menghadiri Sail Tidore 2022 juga mengunjungi tempat-tempat wisata di kabupaten/kota Maluku Utara lainnya seperti: B. di Kabupaten Pulau Morotai dan di Kabupaten Halmahera Selatan.

Kabupaten Pulau Morotai memiliki sejumlah objek wisata bahari yang keindahannya sudah dikenal hingga mancanegara, seperti Pulau Dola dan situs sejarah dari Perang Dunia II.

Sedangkan di Kabupaten Halmahera Selatan terdapat objek wisata di Pulau Widi yang menampilkan keindahan pasir putih dan panorama bawah laut serta keunikan 99 gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya, selain objek wisata Pantai Guraici, yang keindahannya dikagumi wisatawan mancanegara.

Baca Juga: Pemprov Maluku Utara Fasilitasi Pembentukan Panitia Sail Tidore 2022, Manfaatkan Kegiatan Strategis

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button