Air terjun Yeh Labuh, air terjun bersusun dengan sejuta pesona di Karangasem Bali - WisataHits
wisatahits

Air terjun Yeh Labuh, air terjun bersusun dengan sejuta pesona di Karangasem Bali

Air terjun Yeh Labuh, air terjun bersusun dengan sejuta pesona di Karangasem Bali

Air Terjun Yeh Labuh memiliki pesona tersendiri, diharapkan jika dikelola secara maksimal akan menjadi destinasi ikonik di Karangasem. Ingin berwisata ke sana?

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Selumbung, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Bosan dengan wisata pantai Bali yang tersebar di berbagai wilayah Pulau Dewata? Ayo coba singgah di air terjun Yeh Labuh yang masih alami. Daya tariknya tidak kalah dengan air terjun lain yang sudah dikenal, bahkan diharapkan menjadi salah satu tempat wisata baru di kawasan timur Bali.

Air terjun Karangasem yang memesona ini memang belum banyak diketahui orang, namun jika dikelola dengan lebih baik pasti akan menjadi salah satu ikon kawasan Karangasem. Memiliki banyak pesona tersendiri, sehingga wisatawan yang datang ke sini selalu menantikan untuk kembali menikmati keindahannya.

Lokasinya cukup tersembunyi, Anda harus berjuang untuk sampai ke sana. Namun semua itu terbayar dengan sempurna, dengan pemandangan yang indah dan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di waktu senggang Anda. Berikut sederet atraksi, rute dan fasilitas yang tersedia.

Atraksi yang ditawarkan oleh air terjun Yeh Labuh

Atraksi di Air Terjun Yeh LabuhKredit gambar: Google Maps Vu Vybe

Para pecinta wisata alam pasti akan senang dengan berbagai atraksi yang dimiliki Air Terjun Yeh Labuh. Bahkan jika dibutuhkan upaya yang cukup tinggi untuk mencapai air terjun, tidak akan menjadi halangan untuk menikmati keindahan air terjun yang tersembunyi ini. Jadi apa daya tariknya?

✦ Air terjun bertingkat

Mengapa disebut Yeh Labuh? Ada dua air terjun berundak disana, yang pertama bernama Tibu Kresek yang berada di bagian bawah, kemudian di bagian atas anda akan menemukan air terjun Tibu Tengah dengan aliran yang sama. Ketinggian air terjun ini mencapai 35 meter, sedikit lebih pendek dari air terjun lain di wilayah Karangasem bernama Jagasatru dengan ketinggian 40 meter.

✦ Lokasi uji adrenalin

Jika ingin mencapai posisi paling nyaman untuk menikmati pemandangan air terjun Karangasem yang indah ini, pengunjung harus menempuh jalur yang cukup riskan meski tergolong aman. Ada daerah dimana wisatawan harus mendaki tebing, menyusuri sungai yang jernih namun sangat menyenangkan bagi yang suka menguji adrenalin.

✦ Cocok untuk perjalanan keluarga

Bagi keluarga petualang, akan sangat sulit untuk mencapai kawasan air terjun tersembunyi ini. Namun jika Anda membawa serta anak-anak tercinta, tentunya perlu persiapan yang sangat matang. Baik dari segi perlengkapan maupun stamina seluruh anggota keluarga.

✦ Keindahan alam yang masih perawan

Dibandingkan sejumlah air terjun di kawasan Bali, khususnya Karangasem, air terjun Yeh Labuh memang belum begitu populer. Namun jika sudah dipoles maksimal, akses jalan diperbaiki dan fasilitas lebih lengkap, maka keindahan alam yang masih alami akan menjadi daya tarik terbaik di sana.

✦ Cocok untuk relaksasi

Ketenangan di hutan, sambil mendengarkan suara air terjun yang mengalir ke sungai di bawahnya akan menjadi anti stres yang efektif. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk datang ke tempat wisata lainnya. Kontak sederhana dengan alam akan menjadi cara terbaik untuk bersantai.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat air terjun Yeh LabuhKredit gambar: Google Maps B KJ

Alamat lengkap air terjun eksotik ini berada di kawasan Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Jika wisatawan berangkat dari kota Denpasar yang merupakan pusat provinsi Bali akan menempuh waktu sekitar 1 jam 18 menit melalui Jalan Ida Bagus Mantra menuju Jalan Raya Selumbung.

Jika Anda terbang langsung dari bandara I Gusti Ngurah Rai yang berlokasi di Tuban, kecamatan Kuta, akan memakan waktu sekitar 1 jam 31 menit. Anda dapat menggunakan sepeda motor atau mobil sendiri atau menyewa mobil. Pengunjung akan memasuki jalan tol dari kawasan bypass Ngurah Rai kemudian dilanjutkan ke Jalan Raya Ulakan-Karangasem menuju Manggis.

Jika sudah sampai di tugu Manggis, jalan terus berbelok ke arah Miri hingga sampai di desa Selumbung Kaler. Selanjutnya Anda tinggal bertanya kepada penduduk setempat di mana lokasinya dan kemudian berkendara lagi 10 menit hingga tiba di lokasi air terjun yang menawan ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Wisatawan harus menyiapkan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang sebelum dapat memasuki kawasan tersebut. Pengelola akan mengambilnya di pintu masuk yang tidak jauh dari area air terjun utama. Disarankan juga untuk membawa uang dengan jumlah yang tepat, tergantung jumlah kelompok yang berkumpul.

Jangan lupa juga untuk menyediakan biaya parkir kendaraan karena sepeda motor atau mobil tidak bisa masuk ke aksi “perawan” ini. Tidak mahal, hanya maksimal Rp 10.000/unit kendaraan tergantung jenis kendaraan yang dibawa. Untuk sepeda motor tentunya biaya parkir akan lebih murah dibandingkan dengan mobil dan sejenisnya.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Menarik di Air Terjun Yeh Labuh KarangasemKredit Gambar: Google Maps Tangkas

Berbagai aktivitas menarik juga bisa dinikmati di wisata baru Karangasem yang ikonik ini. Siapkan peralatan yang tepat agar lebih puas menjelajahi keindahan didalamnya. Berikut adalah beberapa aktivitas terbaik untuk dicoba dalam perjalanan ke air terjun super indah ini.

1. Berenang di Air Terjun Yeh Labuh

Bagi yang menyukai olahraga renang, bisa memenuhi keinginannya untuk berenang di kolam air terjun yang jernih ini. Meskipun tempat pemandiannya relatif terbatas, namun jika pengunjungnya tenang, wisatawan bisa menjadikannya sebagai tempat pemandian pribadi dengan keluarga. Disarankan untuk datang lebih awal untuk dapat berenang di waktu luang Anda.

2. Menikmati keindahan air terjun

Keindahan air terjun yang mengalir deras akan sangat terasa menikmati berada disana. Di kiri dan kanan air terjun terdapat tebing-tebing bertingkat, sebagai sarana untuk menurunkan air dari atas bukit. Belum lagi asrinya pepohonan hijau di sekitar lokasi, menjadi daya tarik tersendiri yang akan hilang jika tidak dinikmati.

3. Mendaki ke tempat-tempat wisata

Untuk turis yang suka lintas alam Atau lintas alam, sangat cocok untuk mencoba menaklukan jalanan berkelok di sekitar air terjun Yeh Labuh. Pastikan untuk membawa peralatan lintas alam Atau lintas alam jalan yang benar, sehingga Anda bisa lebih nyaman di sepanjang jalan dan menikmati petualangan di depan tanpa hambatan.

4. Tempat berburu gambar terbaik

banyak juga tempat foto yang bisa dipilih, untuk menghasilkan foto terbaik. Apalagi bagi mereka yang menyukai fotografi, akan muncul ide-ide menarik dan objek-objek fotografi siap untuk difoto tanpa harus berbuat banyak perubahan atau gunakan fungsi filter untuk menghasilkan foto terbaik.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas Air Terjun Yeh Labuh KarangasemKredit gambar: Google Maps B KJ

Setidaknya ada empat fasilitas standar yang telah disediakan pihak pengelola untuk pemudik yang datang. Wisatawan dapat menggunakan fasilitas sesuai kebutuhan di Air Terjun Yeh Labuh, namun harus dapat menjaga kebersihan dan perilaku agar tidak mengalami kendala selama menggunakan fasilitas tersebut.

  • Warung – Terdapat beberapa warung makan yang menawarkan berbagai menu sederhana untuk mengganjal perut setelah menempuh perjalanan jauh menuju lokasi. Kalau mau lebih nyaman lebih baik bawa bekal, siapa tahu menu yang ditawarkan tidak sesuai dengan selera.
  • Toilet – Ada juga toilet yang tersedia di dekat air terjun, yang dikelola oleh masyarakat setempat. Dapat digunakan untuk mandi dan bersih-bersih.
  • Tempat istirahat sementara – Tersedia pula fasilitas istirahat, bagi para pemudik yang lelah menempuh perjalanan penuh petualangan. Di stasiun peristirahatan ini juga disediakan bangku dan tempat yang cukup nyaman untuk memulihkan tenaga sebelum menikmati keindahan air terjun lambang ini.

Jangan ragu untuk datang ke Air Terjun Yeh Labuh. Wisatawan akan merasakan sensasi wisata alam yang lengkap. Ada petualangan, ada aksi eksotis, dan ada juga berbagai atraksi yang siap dirasakan sendiri.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button