DPRD Tulungagung agendakan Sidang Paripurna untuk menyampaikan RUU KUA – PPAS 2023 dan RUU Perubahan KUA – PPAS 2022 - WisataHits
Jawa Barat

DPRD Tulungagung agendakan Sidang Paripurna untuk menyampaikan RUU KUA – PPAS 2023 dan RUU Perubahan KUA – PPAS 2022

TULUNGAGUNG, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tulungagung kembali menggelar rapat paripurna pada hari ini, yang agendanya antara lain penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Anggaran Sementara Prioritas (KUA-PPAS) Tahun 2023 dan penyampaian rancangan perubahan KUA-PPAS.

Sidang paripurna yang digelar di ruang Wicaksana Graha gedung DPRD Tulungagung itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tulungagung, Marsono, S.Sos. Dari 50 anggota dewan, 29 anggota hadir sementara anggota lainnya berpartisipasi secara online melalui media telekonferensi dan beberapa memiliki izin.

“Sebelum rapat dimulai, atas nama pimpinan dan anggota DPRD Tulungagung, kami mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Tulungagung atas diraihnya Penghargaan Kabupaten Ramah Anak (KLA) Tahun 2022 Kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). ) di Hotel Novotel Bogor, Jumat (22/7/2022) kemarin,” kata Marsono, Rabu siang (27/7/2022).

Dalam rapat paripurna, Ketua DPRD Tulungagung Marsono mengatakan, rapat paripurna ini digelar berdasarkan hasil sidang Banmus, Sabtu (23/7/2022).

Sementara itu, Bupati Tulungagung kali ini diwakili oleh Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Tulungagung yang telah merencanakan rapat paripurna hari ini.

Menurut Wakil Bupati, KUA adalah dokumen kebijakan daerah yang menjadi pedoman umum dan peraturan perundang-undangan serta memuat kondisi makro ekonomi daerah, pendapatan, belanja, pedoman pembiayaan, dan strategi pencapaiannya, yang disepakati sebagai pedoman penyusunan rancangan/rancangan APBD. perubahan APBD.

“Penyusunan KUA didasarkan pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sebagai dokumen rencana kerja tahunan daerah terkait dengan Rencana Kerja Pemerintah dan RKPD Provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Ia menambahkan, penyusunan perubahan KUA dan perubahan PPAS TA 2022 juga selaras dengan prioritas yang tertuang dalam perubahan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) TA 2022 dengan tema “Penguatan Daerah” termasuk Memimpin. pertumbuhan sektor dan optimalisasi pemberdayaan masyarakat dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi.

Selain itu, Wakil Bupati menjelaskan bahwa tema pembangunan telah diterjemahkan ke dalam berbagai program prioritas yang selaras dengan:
1. Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dasar.
2. Meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan.
3. Bantuan Perlindungan Sosial untuk Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem.
4. Meningkatnya ketentraman ketertiban umum.
5. Optimalisasi pelaksanaan reformasi birokrasi.
6. Pengembangan destinasi wisata.
7. Pengembangan industri kecil dan menengah.
8. Peningkatan produksi tanaman pangan, hortikultura, peternakan dan perikanan.
9. Peningkatan fasilitas pelayanan publik.
10. Pembangunan pasar ikan di Suwaru.
11. Optimalisasi pendapatan PAD.
12. Pembebasan lahan untuk pembangunan JLS.
13. Peningkatan dan rehabilitasi jaringan jalan, jaringan irigasi dan air minum.
14. Pemulihan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan terakhir Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Selain itu, Wakil Bupati juga memaparkan rancangan KUA dan PPAS TA 2023 yang diselaraskan dengan prioritas yang tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) TA 2023 dengan tema Pemantapan Kemandirian dan Daya Saing Ekonomi Daerah serta Penguatan Kesejahteraan Bersama.

“Tema pembangunan 2023 diterjemahkan ke dalam berbagai program prioritas yang masih tertunda dan merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya,” lanjutnya.

Untuk itu, Wakil Bupati mewakili Bupati dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD yang akan melaksanakan tugasnya memantau, membahas dan menyempurnakan rancangan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah KUA 2022 PPAS. Rancangan perubahan APBD dan penerimaan dan pengeluaran daerah rancangan KUA perubahan rancangan PPAS APBD 2023 untuk disetujui.

Dan ia berharap dapat terus menjalin kerjasama yang harmonis untuk mewujudkan Kabupaten Tulungagung Ayem Tentrem Mulyo dan Tinoto.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan dan saya ucapkan terima kasih atas kerjasamanya,” pungkasnya. (dalam)

Tampilan Postingan: 3.016

Source: kongkrit.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button