Danau Lau Kawar, destinasi wisata alam eksotis yang diselimuti legenda di Karo - WisataHits
wisatahits

Danau Lau Kawar, destinasi wisata alam eksotis yang diselimuti legenda di Karo

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kuta Gugung, Kec. Naman Teran, Kab. Karo, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Danau Lau Kawar adalah salah satu tempat wisata alam di kaki Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Merupakan danau vulkanik yang memiliki keindahan yang eksotis. Aktifitas Gunung Sinabung belakangan ini mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang, namun danau ini masih menjadi salah satu objek wisata yang masih diincar terutama oleh anak muda karena keindahannya.

Danau dengan luas sekitar 200 hektar ini diapit oleh pegunungan dan hutan tropis. Sangat cocok bagi Anda yang menyukai petualangan karena terdapat lahan untuk mendirikan kemah, area panjat tebing, serta jalur pendakian menuju puncak Gunung Sinabung. Perjalanan menuju danau ini juga melewati banyak pemandangan alam, termasuk lahan pertanian.

Selain pemandangan alamnya, Danau Lau Kawar juga terkenal dengan kemisteriusannya. Ada legenda tentang pembentukan danau ini dan mitos yang akhirnya memunculkan pantangan seperti tidak melakukan maksiat atau tidak membuang sampah sembarangan. Sebagian orang percaya dan menghindari pantangan tersebut sehingga berdampak positif bagi keharmonisan lingkungan di sekitar mereka.

Hal yang Dapat Dilakukan di Danau Lau Kawar

Hal yang Dapat Dilakukan di Danau Lau KawarKredit gambar: Twitter Cambridge Hotel Medan

Berada di kaki Gunung Sinabung, Danau Lau Kawar memiliki pesona tersendiri. Tak heran jika tempat ini banyak dikunjungi pengunjung, terutama bagi para pencari petualangan. Meski pengunjung sudah berkurang, namun aktivitas Gunung Sinabung tidak membuat danau ini kehilangan daya tariknya.

1. Kecantikan Alami

Tidak diragukan lagi bahwa destinasi wisata ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Danau ini cukup dalam dan tenang, berwarna kehijauan dan dikelilingi perbukitan dan pegunungan. Banyaknya pepohonan dan tidak adanya sampah yang dibuang sembarangan juga membuat danau ini semakin indah.

Keindahan ini menarik banyak pengunjung untuk menikmati keindahan alam yang terbentang. Meski tidak seluas Danau Toba yang juga merupakan salah satu danau di Sumatera Utara, namun danau ini memiliki daya pikat yang tak kalah mempesona.

Terkadang, jika cuaca tiba-tiba mendung, suasana di sekitar menjadi sedih. Meski demikian, air danau yang tenang dan jernih masih tetap asri dan mempesona. Selain itu, dari kawasan ini Anda juga bisa melihat Gunung Sinabung yang tinggi dan gagah.

2. Suasana tenang

Danau Lau Kawar juga menawarkan ketenangan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Udara pegunungan yang segar dan kesunyian yang ditawarkan membuat danau ini sangat cocok untuk melepas penat. Banyaknya pepohonan juga membuat kawasan ini terasa sejuk dan juga membuat Anda merasa nyaman.

3. Legenda

Objek wisata milik Danau Lau Kawar Objek wisata milik Danau Lau KawarKredit gambar: Twitter Ade Rebecca. S

Danau ini menyimpan banyak misteri yang menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung. Mitos ini masih banyak dipercaya oleh masyarakat. Pengunjung juga dituntut untuk menjaga sikap dan berhati-hati saat berbicara. Memang ada konsekuensinya jika pengunjung tidak menghormati pantangan yang tidak boleh dilakukan.

Ada beberapa versi mitos yang dipercaya masyarakat. Dari versi ini, semua percaya bahwa dikatakan bahwa Danau Lau Kawar terbentuk dari air mata kesedihan. Tangisan terus menerus akhirnya membentuk sebuah danau.

Tak sedikit pengunjung yang memiliki pengalaman mistis di tempat ini. Ada banyak cerita yang meningkat, seperti kesurupan atau pengalaman dengan makhluk halus. Selain itu, ada juga hal-hal yang diyakini sebagai hasil dari melanggar pantangan pengunjung. Kisah-kisah ini tersebar luas, tetapi sebenarnya memicu rasa ingin tahu yang akan datang.

4. Termasuk kawasan Leuser

Danau ini terletak di Kawasan Ekosistem Leuser atau KEL. Memiliki ketinggian 2.451 meter di atas permukaan laut, sehingga Anda bisa melihat Dataran Tinggi Karo dan kawasan Berastagi jika cuaca cerah. Ditambah lagi, berada di ekosistem Leuser membuat perjalanan ke tempat itu tidak membosankan.

Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang memanjakan mata. Anda akan melewati jalan setapak yang berkelok-kelok, serta perkampungan, lahan pertanian dan kebun sayur, serta hutan pinus. Selain itu, Anda juga bisa melihat rumah adat Karo di desa Lingga yang merupakan jalan menuju lokasi. Rumah adat ini terbilang unik karena berusia ratusan tahun.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Danau Lau KawarKredit gambar: Google Maps Tumpal Siregar

Lokasi Danau Lau Kawar berada di desa Kuta Gunung, lebih lengkapnya di kecamatan Naman Teran, Karo, Sumatera Utara. Ada beberapa kerusakan di beberapa tempat, tetapi sebagian besar baik-baik saja. Angkutan umum tidak akan mengantarkan Anda ke sana, sehingga Anda harus menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Dari pusat kota Medan, Anda akan menempuh jarak 70 kilometer. Sekitar 3 jam perjalanan. Anda bisa mengambil jalan kota Berastagi hingga perempatan dengan tanda. Dari papan tersebut Anda akan mengetahui arah dan jarak menuju lokasi hanya 27 kilometer. Kemudian ikuti saja jalan utama untuk sampai ke sana.

Sesampainya di gerbang utama, Anda akan dikenakan tiket masuk. Selain itu, kendaraan bisa sampai ke tepi danau. Ini adalah tempat pertama yang dapat Anda nikmati, tetapi Anda masih harus membayar tiket parkir. Anda juga bisa menuju titik selanjutnya menggunakan jalur kiri saat sampai di perempatan. Di tempat kedua ini Anda akan membayar tiket masuk lagi.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Danau Lau KawarKredit Gambar: Google Maps Huniyady Hu

Danau Lau Kawar buka setiap hari selama 24 jam. Harga tiket masuknya sangat terjangkau untuk semua kalangan. Anda hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 5.000 untuk masuk melalui gerbang utama.

Biaya parkir adalah Rp 5000 per sepeda motor. Tempat kedua di atas juga membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000. Jadi secara keseluruhan, Anda hanya perlu membayar Rp 15.000 untuk menikmati panorama alam yang ditawarkan.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Lau Kawar

Aktivitas Danau Lau KawarKredit gambar: Google Maps Junianto Tunggal

Berbagai aktivitas yang pastinya menarik bisa Anda lakukan jika berkunjung ke Danau Lauu Kawar, terutama bagi Anda yang menyukai petualangan dan wisata alam. Beberapa aktivitas biasanya dilakukan oleh pengunjung Danau Lau Kawar. Kegiatan ini tentunya positif dan menyenangkan.

1. Nikmati keindahan

Banyak pengunjung yang memilih duduk di gazebo untuk menikmati pemandangan dan segarnya udara pegunungan. Anda bisa menata tikar dan piknik bersama keluarga atau teman. Suasana asri dan sejuk sangat cocok untuk makan bersama dan bersantai. Selama mereka menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama.

Ketenangan yang dihadirkan di sini membuat pengunjung betah duduk berlama-lama. Banyak pendaki Gunung Sinabung juga memilih kawasan ini untuk beristirahat. Tak heran karena tempat ini sangat nyaman untuk bersantai.

2. Petualangan

Kawasan objek wisata alam ini juga memiliki banyak spot yang bisa Anda manfaatkan untuk berpetualang. Selain tempat ini merupakan jalur pendakian menuju Gunung Sinabung, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti panjat tebing. Oleh karena itu, banyak pengunjung, kebanyakan anak muda, datang untuk berpetualang.

3. Memancing

Danau Lau Kawar adalah tempat yang sangat bagus untuk anda yang suka memancing. Anda bisa menggunakan perahu atau rakit. Dengan latar belakang yang indah, pemandangan yang sejuk dan suasana yang tenang, tentunya memancing di tempat ini merupakan kegiatan yang menarik untuk dilakukan.

4. Di sekitar danau

Kegiatan menarik di Lau KawarKredit gambar: Twitter Rana Fatima Ananda

Selain mengelilingi tepi danau, Anda juga bisa menyewa perahu atau rakit untuk berkeliling danau. Pihak pengelola sudah menyiapkan fasilitas berupa perahu dan rakit. Dengan cara ini, pengunjung bisa merasakan sensasi mengelilingi danau yang tentunya menarik dan berbeda. Jika Anda ingin mencoba instalasi ini, hubungi saja pengelola atau pengelolanya.

Perahu dapat membawa Anda berkeliling Danau Lau Kawar, tidak hanya di pinggiran tetapi juga lebih jauh di tengah danau. Sedangkan jika Anda menggunakan rakit, Anda tidak bisa terlalu jauh di tengah. Rakit ini hanya digunakan di tepi danau karena akan beresiko jika digunakan terlalu jauh. Oleh karena itu, rakit ini hanya sebagai sarana hiburan bagi pengunjung.

5. Perkemahan

Ada area yang bisa digunakan untuk membangun tenda. Banyak pengunjung yang bermalam dan berkemah di kawasan ini, terutama para pendaki yang sedang beristirahat. Tentunya sangat menyenangkan untuk merasakan keindahan danau, dan juga merasakan suasana pegunungan, termasuk di malam hari. Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti biasa saat berkemah.

Fasilitas yang tersedia di Danau Lau Kawar

Fasilitas Danau Lau KawarKredit gambar: Google Maps Ade Ardianta

Pengelola kawasan danau telah menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung. Terdapat area parkir sehingga anda yang menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu mencari tempat untuk meninggalkan kendaraan pribadi anda. Tersedia juga toilet. Selain itu, banyak tempat pengamatan telah dibangun bagi pengunjung untuk beristirahat dan menikmati keindahan.

Pengelola juga memberikan fasilitas lain berupa fasilitas yang dapat digunakan untuk menikmati keindahan danau dengan menggunakan rakit atau perahu. Selain itu, jika ingin bermalam, ada pilihan lain selain berkemah yaitu menyewa vila. Villa ini berada di jalur kanan persimpangan di lokasi pertama.

Danau Lau Kawar merupakan destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan Anda sebagai tempat liburan di Kabupaten Karo. Sangat disarankan agar Anda mempertahankan perilaku Anda selama kunjungan dan berbicara. Bukan hanya hal mistis yang dipercaya masyarakat, tetapi juga untuk menjaga kenyamanan dan keamanan bersama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button