Gunung Kerinci hingga Gunung Prau adalah pilihan untuk merayakan Hari Kemerdekaan - WisataHits
Jawa Timur

Gunung Kerinci hingga Gunung Prau adalah pilihan untuk merayakan Hari Kemerdekaan

TEMPO.CO, jakarta – Pencinta alam biasanya memutuskan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus dengan mendaki gunung. Mendaki gunung diibaratkan dengan perjuangan para pahlawan untuk membersihkan negeri dari penjajah dan menjadi mandiri. Para pendaki mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung.

Bagi yang ingin mengibarkan bendera merah putih dari puncak gunung, berikut lima gunung indah di Indonesia yang harus didaki sebelum atau saat Hari Kemerdekaan, dikutip dari siaran resmi Pegipegi, Rabu 3 Agustus 2022.

1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di pulau Sumatera dan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi pada ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Pengibaran bendera merah putih di puncak gunung tertinggi di Indonesia ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pendaki. Bahkan, banyak juga masyarakat biasa yang berbondong-bondong mendaki Gunung Kerinci untuk merayakan HUT RI.

2. Gunung Rinjani

Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia adalah Gunung Rinjani, yang terletak di pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Saat melihat bendera merah putih di puncak Gunung Rinjani yang menawarkan panorama alam yang indah, hati Anda pasti akan bangga dan terharu. Bahkan, banyak orang yang datang dari luar pulau hanya untuk menikmati pemandangan indah dari puncak Gunung Rinjani.

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru di Jawa Timur merupakan salah satu gunung yang sering didaki pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (12.060 kaki), yang merupakan pemandangan alam yang sangat indah. Pada Hari Kemerdekaan Indonesia, Gunung Semeru selalu dipadati oleh para pendaki yang bertujuan untuk mengibarkan bendera merah putih tepat di puncak gunung.

4. Gunung Slamet

Gunung Slamet adalah gunung berapi di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.432 m. Tahun lalu ribuan pendaki mendaki Gunung Slamet untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Mendaki Gunung Slamet merupakan salah satu tradisi unik anak muda untuk merayakan hari bersejarah Indonesia ini. Anda bisa mengajak kerabat dan teman pasangan Anda untuk mendaki gunung sambil menikmati keindahan alam.

5. Gunung Prau

Gunung Prau adalah salah satu gunung di Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah. Di ketinggian 2.590 meter di atas permukaan laut, pendaki pemula bisa mendaki gunung ini untuk merayakan kemerdekaan Indonesia.

Namun, pendaki pemula sebaiknya tetap didampingi oleh orang yang berpengalaman untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Gunung Prau memiliki pemandangan Bukit Teletubbies yang indah dan menawan, membuat pendakian terasa semakin seru dan menyenangkan.

Baca juga: HUT RI ke-75, Ada Gunung Penuh Pendaki, Ada Gunung Tanpa Pendaki

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan berita unggulan di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button