Pantai Seger Kuta, pantai indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Lombok - WisataHits
wisatahits

Pantai Seger Kuta, pantai indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Lombok

Pantai Seger Kuta, pantai indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Lombok

Pantai Seger Kuta merupakan salah satu pantai utama di Lombok, Nusa Tenggara Barat, menawarkan pemandangan alam yang indah serta budaya tradisional.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: kecamatan Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Seger Kuta merupakan pantai dengan sejuta pesona. Dimulai dengan menawarkan panorama yang luar biasa, dipadukan dengan unsur tradisional dari kisah legendaris Putri Mandalika Lombok. Dua hal ini saja sudah bisa menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Destinasi ini mampu memukau pengunjung dari dalam negeri, maupun dari luar negeri. Dengan pantai yang luas, wisatawan bisa mencoba beberapa titik pantai yang terbagi menjadi tiga bagian. Setiap bagian berpotensi menjadi tempat kegiatan yang menarik.

Selain itu, lokasi pantai ini tidak sulit dijangkau karena sangat strategis. Rute tersebut dapat dicapai tanpa kesulitan yang nyata. Menariknya lagi, fasilitas yang ada di pantai Seger Kuta juga cukup memadai, sehingga wisatawan dapat memanfaatkan liburannya dengan maksimal.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Seger Kuta

Pantai Seger KutaKredit gambar: Google Maps Urs Dreyer

Lombok memang terkenal dengan pantainya yang indah. Selain saling berdekatan, panorama yang ditawarkan juga tidak main-main. Salah satunya adalah Pantai Seger. Jenis atraksi apa yang menjadi magnet bagi pengunjung ini?

1. Panorama alam

Daya tarik pantai ini adalah pesona alamnya yang luar biasa. Wisatawan dapat menemukan pasir yang indah dan bukit-bukit yang menjulang tinggi. Saat musim kemarau, pantai tampak lebih cerah, cocok untuk syuting.

Pemandangan perbukitan dan pegunungan dapat terlihat lebih jelas. Pesona alam yang tidak terhalang kabut seperti saat cuaca mendung, sehingga menjadi objek foto yang sempurna, baik saat matahari terbit maupun terbenam.

Namun saat musim penghujan, panorama yang hadir tidak menjadi jelek. Wisatawan hanya akan mendapatkan suasana yang berbeda, karena udara segar selalu ada sembari memanjakan mata dengan pemandangan hijau yang memanjakan mata.

2. Ritual Aroma Nyale

Di Pantai Seger, dari bulan Februari hingga Maret, setiap tahun diadakan ritual Bau Nyale. Wisatawan diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam ritual ini. Nyale sendiri merupakan legenda yang tumbuh di masyarakat setempat. Legenda ini berbicara tentang cacing laut yang diwujudkan oleh Putri Mandalika.

Tradisi ini sudah berlangsung lama. Cara mengikuti ritualnya juga sangat mudah. Wisatawan hanya perlu mencari cacing laut di Pantai Seger Kuta, Lombok. Carilah dalam jumlah banyak, agar nantinya bisa diolah menjadi makanan siap saji.

3. Pembagian pantai

Ada tiga bagian pantai yang masing-masing memiliki panorama yang luar biasa. Mulai dari utara yang airnya jernih dan ombaknya tenang. Ada juga tugu Putri Mandalika yang bisa dijadikan objek foto.

Kemudian, bagian tengah pantai langsung diapit oleh hamparan sawah hijau. Titik ini disebut Seger 1. Di tengah laut terdapat tumpukan batu laut berwarna hitam, di mana di pesisir Pantai Seger Lombok 1 juga terdapat jalur yang berpasir putih. Lautnya yang biru dengan ombak yang besar sangat cocok untuk berselancar.

Kemudian ada pantai selatan yang disebut juga dengan Seger 2. Pantai ini memanjang dimana terdapat batu berbentuk jamur dengan nama Batu Tengkong (batu jamur). Di sini wisatawan bisa berenang karena ombak lautnya tidak terlalu besar.

4. Hewan ternak di dekat pantai

Di sekitar kawasan Pantai Seger Kuta terdapat ternak sapi yang dikelola oleh masyarakat untuk digembalakan. Salah satu hewan ternak yang banyak dijumpai di sekitar pantai adalah kerbau.

5. Jembatan penghubung antar daerah

Pemerintah juga sedang membangun jembatan penghubung di kawasan pesisir, agar beberapa kawasan di sekitarnya bisa terhubung. Destinasi yang bisa dikunjungi menggunakan jembatan ini adalah Pantai Kuta, Bukit Seger, Gili Suguh, Gili Lawang, Gili Peneteh dan Bukit Putri Nyale.

Alamat dan rute menuju lokasi

Pantai Seger KutaKredit gambar: Google Maps Fathur Razak

Pantai Seger Kuta terletak di Sukadane, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pengunjung dapat memulai perjalanan dari Bandara Internasional Lombok dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai tujuan.

Jika Anda memilih titik awal dari pusat kota Mataram, waktu tempuhnya sekitar satu jam. Jika Anda sudah bermalam di kawasan Kuta, perjalanan menuju tempat tujuan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Akses menuju destinasi juga cukup mudah karena pengunjung dapat menggunakan beberapa alat transportasi seperti sepeda motor, mobil, angkutan umum bahkan taksi. Jalur utama yang sering dipilih melewati Jalan Kuta Lombok dan Jalan Batunyala.

Selain itu, wisatawan juga diperbolehkan datang bersama rombongan dengan moda transportasi bus. Bagi yang baru pertama kali berkunjung, tidak perlu khawatir tersesat, karena petunjuk arah perjalanan bisa ditanyakan langsung ke penduduk setempat.

Harga tiket masuk wisata pantai

Pengunjung bisa datang ke Pantai Kuta Lombok kapan saja karena jam buka 24 jam sehari. Harga tiket masuk Pantai Seger cukup terjangkau, mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000 untuk satu orang.

Khusus nominal Rp 5.000 merupakan tiket masuk weekday, sedangkan Rp 10.000 merupakan harga untuk akhir pekan atau high season. Tarif parkirnya Rp 3000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Namun nominal harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola objek wisata. Harga yang terjangkau ini tentu saja cukup untuk menjelajahi seluruh Pantai Seger, meski belum termasuk sewa kendaraan, akomodasi dan biaya lainnya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Seger Kuta

Aktivitas menarik di Pantai Seger KutaKredit gambar: Google Maps Heidi Li

Liburan ke pantai kurang lengkap rasanya jika tidak melakukan beberapa aktivitas menarik. Apalagi Pantai Seger Kuta Lombok yang lautnya jernih bisa dijadikan tempat aktivitas air. Jenis kegiatan apa yang direkomendasikan?

1. Snorkeling, selancar, berenang

Di pantai ini, wisatawan diperbolehkan melakukan berbagai aktivitas di air, seperti berenang dan snorkeling. Snorkeling memungkinkan pengunjung untuk merasakan langsung keindahan bawah laut. Di lautnya tumbuh beragam ikan dan terumbu karang yang unik.

Selain itu, aktivitas air lain yang menarik adalah selancar. Meski ombak di Pantai Seger Kuta tidak terlalu besar, namun aktivitas ini tetap sulit dilakukan. Berenang dan sekedar bermain air bisa dinikmati di pantai cantik ini.

2.Bukit Seger

Selain bersenang-senang di Pantai Seger Kuta, wisatawan bisa menambah kesempurnaan liburannya dengan mendaki bukit-bukit kecil di sekitar pantai. Di puncak bukit Anda bisa melihat keseluruhan pantai secara keseluruhan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Seger Kuta LombokKredit Gambar: Google Maps Ms. Jhe

Sebagai salah satu tempat wisata unggulan, Pantai Seger menawarkan sejumlah fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Toilet dan kamar mandi untuk tujuan kegiatan air.
  • Villa atau homestay sederhana. Wisatawan bisa menginap di dekat Pantai Seger Kuta. Beberapa hostel telah berdiri di tepi pantai, antara lain Pipe Dream, Villas, Aerotel Tastura, Novotel Lombok dan Siesta House.
  • Parkir mobil yang luas. Jadi wisatawan yang berkunjung dengan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir. Tempat parkirnya memiliki daya tampung yang luas, sehingga kendaraan seukuran bus pariwisata pun bisa parkir.
  • Bagi wisatawan yang ingin bersantai, pihak pengelola pantai juga menyediakan saung, gazebo, dan kursi geladak.
  • Apalagi berbagai warung makan, restoran dan warung juga tersedia bagi wisatawan yang ingin berwisata kuliner.
  • Fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah bangunan bersejarah, seperti Monumen Putri Mandalika, Batu Jamur, dll.
  • Ada juga pertokoan dan mall yang menjual oleh-oleh pernak-pernik dan jajanan khas Pulau Lombok.

Menjelajahi wisata bahari di Pantai Seger Kuta Lombok sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan pengalaman unik dan menarik. Selain unggul dengan panoramanya yang megah, pengunjung dapat mengikuti ritual Bau Nyale yang rutin dilakukan setiap tahunnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button