Air Terjun Lewaja, Pesona Air Terjun dengan Waterboom di Enrekang - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Lewaja, Pesona Air Terjun dengan Waterboom di Enrekang

Air Terjun Lewaja, Pesona Air Terjun dengan Waterboom di Enrekang

Air Terjun Lewaja di desa wisata Lewaja cukup terkenal, khususnya bagi masyarakat daerah Enrekang. Salah satu daya tariknya adalah panorama alam air terjun.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lewaja, Kec. Enrekang, Kab. Enrekang, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Enrekang, Sulawesi Selatan menjadi salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan berbagai wisata alam yang mempesona bagi wisatawan. Salah satu tempat wisata di Enrekang yang paling populer adalah Air Terjun Lewaja yang populer di kalangan penduduk setempat.

Jumlah pengunjung yang datang ke Air Terjun Pemandian Lewaja pada akhir pekan atau libur panjang juga cukup tinggi dibandingkan hari biasa. Selain itu, dari segi aksesibilitas, jarak menuju tempat wisata ini tidak begitu jauh dari pusat kota Enrekang.

Potensi wisata Enrekang yang paling dinamis, diharapkan juga dapat menggerakkan roda perekonomian warga sekitar kawasan wisata. Oleh karena itu, diharapkan berbagai objek wisata di Enrekang dapat dikelola dan terus dikembangkan untuk menarik lebih banyak wisatawan.

Objek wisata Air Terjun Lewaja

Objek wisata air terjun Lewaja EnrekangKredit gambar: Google Maps Ardigu Nawan

Tempat wisata Air Terjun Lewaja di Desa Wisata Lewaja terus mengalami pembenahan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke objek wisata yang satu ini. Ada banyak daya tarik yang ditawarkan oleh air terjun alami di kaki gunung ini.

1. Panorama air terjun

Daya tarik utama dari Air Terjun Lewaja tentunya adalah air terjun yang berasal langsung dari mata air Gunung Lewaja. Air terjunnya sangat sejuk dan jernih.

Wisatawan akan dimanjakan dengan panorama alam berupa air terjun setinggi 13 meter yang mengalir melalui bebatuan besar di kaki gunung.

Air terjunnya tidak terlalu tinggi dan deras, sehingga sangat aman untuk bermain air di bawahnya. Banyak sekali batu-batu besar di bawah air terjun yang bisa digunakan untuk duduk-duduk santai.

2. Panorama gunung yang indah

Daya tarik yang ditawarkan air terjun Lewaja kemudian adalah panorama pegunungannya yang sangat indah. Air terjun ini dikelilingi oleh deretan perbukitan dengan pepohonan yang tinggi dan tinggi karena usianya yang sudah puluhan tahun.

Hijaunya daun pepohonan yang segar menambah kesegaran udara di sekitar objek wisata. Pengunjung dapat menikmati panorama pegunungan yang megah ini begitu memasuki area kolam renang. Pemandangan pegunungan menjadi jelas saat Anda mencapai air terjun.

3. Fasilitas waterboom dan kolam renang

Atraksi yang ditawarkan wisata pemandian alam tidak hanya air terjunnya saja, tetapi juga fasilitas waterboom dan kolam-kolam di dalamnya. Jarak antara air terjun dengan kolam renang dan bendungan sekitar 50 m yang dapat diakses melalui jalan setapak di sepanjang tepi lembah.

Ada dua jenis kolam renang, yaitu kolam renang dewasa dan kolam renang anak. Air kolam berasal langsung dari air terjun, sehingga sangat segar dan bersih.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun Lewaja EnrekangKredit gambar: Google Maps oleh Norman Marantika

Air Terjun Lewaja terletak di Desa Wisata Lewaja, Bisang, Desa Lewaja, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Jarak objek wisata ini dengan pusat kota Enrekang sekitar 6 km. Beberapa rute bisa ditempuh untuk mencapai lokasi wisata.

Jika menempuh rute dari arah timur, maka waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih 30-45 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Akses jalan dari kota menuju desa wisata Lewaja tidak begitu sulit karena jalannya beraspal mulus.

Namun akses jalan antara tempat parkir kendaraan dan air terjun agak sulit. Hal ini dikarenakan trail yang dibangun mungkin agak licin dan tidak terlalu lebar.

Belum lagi di sisi kanan jalan setapak terdapat lembah yang dalam, sehingga harus sangat berhati-hati. Dari pemandian atau kolam Lewaja, dibutuhkan waktu sekitar 50m untuk mencapai air terjun.

Untuk bisa menikmati atraksi menarik Air Terjun Lewaja atau bermain air di objek wisata alam ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk yang cukup terjangkau.

Untuk anak-anak akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 saja. Sedangkan tiket masuk untuk orang dewasa biasanya dikenakan biaya Rp 15.000. Harga tiket masuk dapat berubah pada akhir pekan atau libur panjang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Lewaja

Kegiatan di Air Terjun Lewaja EnrekangKredit gambar: Google Maps Fitry Chelsea

Wisata air terjun di desa wisata Lewaja menawarkan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan. Mulai dari olahraga air hingga relaksasi bisa dilakukan di tempat ini.

1. Berenang

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan di lokasi wisata Air Terjun Lewaja tentunya adalah berenang atau sekedar bermain air. Pengunjung bisa berenang di arus air di bawah air terjun atau berenang di kolam pemandian Lewaja.

Air terjun tersebut dipadukan dengan kolam pemandian di kawasan pemandian alam Lewaja. Terdapat dua pilihan kolam yaitu kolam dewasa dan kolam anak yang tidak terlalu dalam.

2. Berburu Foto

Ada banyak spot foto cantik di sekitar kawasan wisata air terjun Lewaja. Pemandangan alam yang indah didukung oleh perbukitan dan pegunungan yang indah membuat hasil foto sangat Instagrammable. Ditambah dengan air terjun yang mengalir deras dijamin membuat foto semakin indah untuk diunggah ke media sosial.

Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata pemandian alam Lewaja yang buka mulai pukul 07:00 hingga 18:00. Disarankan untuk tidak pergi ke air terjun terlalu larut malam karena jalan menuju air terjun kecil dan licin, sehingga berisiko tergelincir saat malam tiba.

3. Bersantai sambil menikmati sajian

Wisatawan juga bisa memilih bersantai di bebatuan di bawah air terjun. Bebatuan besar ini sangat nyaman untuk diduduki dan juga cukup aman.

Sembari menikmati jajanan yang dibeli dari warung-warung selama wisata pemandian alam, pengunjung bisa mengobrol dan beristirahat setelah lelah berjalan menuju air terjun.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan Air Terjun Lewaja EnrekangKredit Gambar: Google Maps Bangkit R

Air Terjun Lewaja saat ini dikelola langsung oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Kabupaten Enrekang sehingga fasilitas yang disediakan di lokasi cukup memadai. Lahan parkir di lokasi wisata ini cukup luas untuk memarkir kendaraan roda dua maupun roda empat.

Beberapa fasilitas yang sudah tersedia di lokasi air terjun antara lain spot selfie yang sudah ditata sedemikian rupa sehingga memudahkan pengunjung untuk berfoto.

Fasilitas lain yang tersedia di objek wisata ini adalah mushola tempat ibadah dan juga toilet umum bagi pengunjung yang ingin berbilas. Pengunjung juga tidak perlu membawa bekal sendiri dari rumah karena terdapat tempat makan yang telah ditata oleh warga di sekitar kawasan wisata.

Tempat wisata Enrekang didominasi pemandangan alam yang indah mulai dari pegunungan, perbukitan dan air terjun. Air Terjun Lewaja merupakan salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh masyarakat Enrekang dan sekitarnya. Tidak hanya air terjun, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan kolam renang, dll.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button