Desa Toga, tempat terbaik untuk melihat keindahan Kota Sumedang dari ketinggian - WisataHits
wisatahits

Desa Toga, tempat terbaik untuk melihat keindahan Kota Sumedang dari ketinggian

Desa Toga, tempat terbaik untuk melihat keindahan Kota Sumedang dari ketinggian

Kampung Toga merupakan destinasi wisata keluarga di Sumedang yang menampilkan suasana pegunungan dengan pemandangan alam hijau yang asri.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Jl. Desa Toga KM. 25, Sukajaya, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Sumedang tidak hanya terkenal dengan kulinernya yang enak, pesona alamnya juga tidak kalah dengan daerah lain. Bahkan hingga saat ini, terdapat banyak tempat wisata alam yang menarik di kawasan ini. Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi untuk mengisi waktu liburan adalah Kampung Toga.

Letaknya yang berada di pusat kota membuat tempat wisata megah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat liburan. Menemukan tempat yang indah ini juga sangat mudah, hanya berbekal aplikasi Google Maps sudah bisa membantu mengantarkan tempat wisata tersebut dengan aman.

Berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, Anda bisa melihat dengan jelas seluruh kota Sumedang. Kondisi seindah dulu dan pemandangan alam yang memanjakan mata, tersaji indah. Tempat memesona ini bisa menjadi rekomendasi yang cocok bagi mereka yang mencari suasana khas pegunungan dengan pemandangan menawan.

Daya Tarik Desa Toga

Daya Tarik Desa TogaFoto Mufti Muzaqi di Instagram

Setiap tempat wisata pasti memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak yang tertarik untuk mengunjunginya. Hal ini tentu berlaku untuk tempat wisata di Sumedang yang megah ini. Ramainya wisatawan yang datang berkunjung tentunya tidak lepas dari keistimewaan dan keistimewaan yang dimilikinya.

✦ Menjadi tempat terbaik untuk melihat semua keindahan kota Sumedang

Letaknya yang berada di ketinggian membuat tempat wisata populer ini menjadi tempat terbaik bagi mereka yang ingin melihat semua pemandangan Kota Sumedang. Apalagi jarak tempat wisata alam ini memang paling dekat dengan pusat kota. Sehingga menjadi pilihan terbaik untuk berlibur dan bersantai.

Meski merupakan tempat yang paling dekat dengan pusat kota, namun suasana tempat wisata indah ini sangat tenang, damai dan menyejukkan. Maka tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit di Jawa Barat. Pemandangan lanskap kota Sumedang begitu indah ditampilkan dengan latar belakang perbukitan hijau.

Waktu terbaik untuk melihat tontonan yang mempesona ini adalah sore hari. Di sini wisatawan bisa menyaksikan keindahan senja yang menampilkan rona jingga. Suasananya pasti bisa menghadirkan kesan romantis.

✦ Perjalanan paralayang tersedia

Di Desa Toga juga ada pilihan wahana ekstrim namun menegangkan untuk dicoba yaitu paralayang. Bermain paralayang adalah aktivitas yang merangsang yang bisa dicoba. Bermain dengan wahana ini serasa terbang bebas seperti burung, sambil menikmati pesona keindahan alam Sumedang dari ketinggian.

Jika ingin mencoba wahana menegangkan ini, wisatawan harus merogoh kocek Rp 150.000 hingga Rp 250.000. Tidak perlu khawatir dan takut untuk mencobanya, karena anda akan didampingi oleh guide yang profesional, sehingga lebih aman.

✦ Lokasi strategis dekat pusat kota

Alasan lain yang membuat tempat wisata mempesona ini sangat dipilih untuk liburan dan refreshing adalah lokasinya yang strategis, dan selalu dekat dengan pusat kota. Menemukan objek wisata alam ini tidaklah sulit, jadi tidak perlu takut tersesat atau salah jalan. Plus, petunjuk untuk jalan-jalan di sepanjang jalan juga disediakan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Desa TogeFoto Mufti Muzaqi di Instagram

Tempat wisata cantik ini terletak di Jalan Kampung Toga KM.25, Desa Sukajaya, Kabupaten Sumedang Selatan, Jawa Barat. Rute yang ditempuh untuk menuju ke sana sangat mudah dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat. Jika dari Alun-alun Sumedang, jarak tempuhnya hanya sekitar 5km atau hanya membutuhkan waktu 20 menit saja.

Sudah banyak rambu-rambu jalan yang bisa mengarahkan dengan benar ke destinasi wisata. Namun pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik, jadi periksa terlebih dahulu sebelum memulai dengan rem dan komponen lainnya. Jalan yang ditempuh terus menanjak, namun sebagian besar mulus, hanya ada beberapa bagian saja yang masih penuh lubang.

Harga tiket masuk dan jam buka

Meski memiliki pesona yang menawan, namun biaya pajak turis relatif murah. Hanya dengan membayar biaya Rp 5.000/orang anda sudah bisa menikmati keindahan wisata alam ini. Biaya ini masih belum termasuk pembayaran untuk perjalanan yang dikandungnya.

Untuk menikmati wahana paralayang, wisatawan diharuskan membayar biaya tersendiri. Selain itu, bagi yang membawa kendaraan pribadi juga harus membayar biaya parkir. Harga karcis parkir sepeda motor Rp 2.000 sedangkan untuk mobil Rp 5.000.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan desa TogaFoto Iyan Riyana di Instagram

Melihat pemandangan alam yang indah memang bisa membuat seseorang bahagia. Namun, melakukan aktivitas tertentu dapat memberikan keseruan tersendiri, sehingga dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan. Beberapa kegiatan seru juga bisa dilakukan bagi wisatawan yang datang ke Kampung Toga, antara lain:

1. Mainkan air

Salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan di tempat wisata indah ini adalah bermain air, apalagi saat cuaca sedang bagus. Di Desa Toga terdapat kolam renang dewasa dan anak-anak yang masing-masing memiliki ukuran dan kedalaman yang berbeda.

Anak-anak dapat bermain di kolam sesuka hati, ditambah dengan berbagai wahana air yang tersedia seperti seluncuran, tentunya hal ini akan membuat anak semakin senang dan tidak pernah bosan. Wisatawan bisa berenang dalam suasana tenang dengan pemandangan perbukitan yang hijau dan asri.

2. Wisata kuliner

Di Desa Toga, wisatawan dapat dengan mudah menemukan banyak gerai yang menjual makanan khas pegunungan dengan cita rasa yang nikmat. Banyak restoran dan kafe yang berada di sekitar tempat wisata yang menawarkan berbagai menu dengan harga yang terjangkau.

Menikmati santapan di tengah lokasi yang asri dan pemandangan alam yang menawan tentu bisa memberikan pengalaman yang berbeda. Waktu makan juga akan lebih menyenangkan meski hanya makan hidangan sederhana.

3. Malam di Villa

Selain itu pilihan restoran dan kafe juga banyak, bagi wisatawan yang datang dari luar kota atau sekedar ingin bermalam di tempat yang indah ini bisa menyewa villa. Tersedia berbagai tipe homestay dan villa dengan harga terjangkau.

Suasana sejuk pegunungan di pagi hari menjadi awal yang baik untuk mengawali hari. Waktu yang Anda miliki menjadi lebih panjang, sehingga Anda bisa menikmati keindahan alam yang disajikan dengan puas.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Desa TogaFoto oleh Toga_Peak_Cafe di Instagram

Sebagai salah satu destinasi wisata populer Sumedang, fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Fasilitas tersebut dirancang agar para wisatawan yang datang bisa nyaman dan betah berlibur. Beberapa fasilitas penunjang wisata yang dapat dinikmati wisatawan yang berkunjung antara lain sebagai berikut :

  • Parkir mobil yang luas.
  • Restoran dan kafe.
  • Akomodasi.
  • Taman air.
  • Wahana seru, seperti paralayang.
  • Tempat wisata yang menarik.
  • Spot foto yang instagenic.
  • Spot foto yang instagenic.
  • ruang sholat
  • Kamar mandi.

Liburan kini menjadi kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat untuk keperluan tertentu seperti melepas penat atau bersantai. Kampung Toga, bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi. Pemandangan alam dan fasilitas yang tersedia bisa membuat siapa saja yang datang ke sini betah untuk berlama-lama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button