Air terjun Guruh Gemurai, pesona air terjun 7 lantai yang eksotis di Riau - WisataHits
wisatahits

Air terjun Guruh Gemurai, pesona air terjun 7 lantai yang eksotis di Riau

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lubuk Jambi, Kec. Kuantan Mudik, Kab. f, Riau; Kasus: Cek lokasi

Pesona alam Air Terjun Guruh Gemurai merupakan objek wisata yang populer di daerah Riau. Udara segar disertai gemericik air membuat suasana begitu alami. Terlihat banyak pengunjung yang menonton wisata ini karena keindahan alamnya yang menawan. Air yang turun langsung dari pegunungan memiliki dua tingkat tempat air itu jatuh.

Rupanya nama wisata tersebut diambil dari bahasa daerah Kuantan Singing. Guntur, yang berarti air terjun, terdengar seperti guntur. Sedangkan gemurai berarti suara gemericik air yang menenangkan. Pengelola melestarikan destinasi ini sehingga menjadi wisata alam yang menarik.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 m. Air terjun juga tampak bertempat di sebuah kolam di bawahnya. Kawasan wisata yang masih alami menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Pemerintah setempat juga terus mengembangkan wisata ini agar lebih baik dan dapat meningkatkan pendapatan warga setempat.

Tempat Wisata Air Terjun Guruh Gemurai

Objek wisata air terjun Guruh GemuraiKredit gambar: Instagram Novri Yanto

Setiap tempat wisata pasti memiliki daya tarik tersendiri yang dapat menarik wisatawan. Begitu juga dengan Air Terjun Guruh Gemurai menjadi salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi. Wisata ini merupakan salah satu tempat favorit yang memiliki berbagai keunikan di dalamnya.

1. Memiliki banyak pemandangan alam

Destinasi alam yang terletak di kawasan hutan lindung Bukit Betabuh ini memiliki segudang keindahan alam. Bukit-bukit terlihat mengelilingi sisi air terjun dengan warna hijau yang sejuk. Di sepanjang jalan dari pintu masuk hingga pintu keluar juga terdapat banyak pepohonan. Pada siang hari tidak terlalu panas karena banyaknya tanaman hijau di seluruh area.

Pengunjung dapat melihat pegunungan yang dihiasi di belakang air terjun. Bebatuan yang tersusun dalam pola hitam seolah melengkapi derasnya air yang mengalir. Kawasan ini mungkin masih alami karena belum banyak mengalami perubahan konstruksi. Apalagi jalanan yang masih berupa tanah juga menghiasi keindahan alamnya.

2. Air Terjun Jernih

Air Terjun Guruh Gemurai dikenal memiliki air yang sangat jernih karena turun langsung dari pegunungan. Di sekitarnya juga ada peringatan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Ada 7 ketinggian air dan tentunya dengan ketinggian yang berbeda-beda. Pengelola membuat tangga beton untuk wisatawan agar aman pergi ke tempat-tempat bawah laut.

Namun setiap level sebenarnya bisa dilintasi oleh pengunjung. Jika Anda ingin mengakses lantai atas, Anda harus menaiki tangga batu dengan hati-hati. Wisatawan bisa melihat keindahannya dari atas dan bawah karena air terjun yang bercabang tidak hanya satu.

3. Suasana wisata yang menenangkan

Suasana tempat wisata yang jauh dari keramaian membuat wisatawan nyaman berlibur di sini. Jika di perkotaan banyak terdengar suara bising kendaraan, maka di sini hanya akan terdengar suara gemericik air yang mengalir. Kehijauan dan air terjun yang jernih membuat udara sangat segar dan tidak tercemar. Pengunjung cukup bersantai sambil bercengkrama dengan keluarga.

Tidak ada rumah di dekatnya, hanya gubuk kecil tempat beberapa petugas berhenti. Hal inilah yang membuat pengunjung merasa tenang saat mengunjungi destinasi alam ini. Pada siang hari, kicau burung melengkapi suasana wisata. Wisatawan dapat menikmati angin sepoi-sepoi saat cuaca bagus.

Alamat dan rute menuju lokasi

Lokasi Air Terjun Guruh GemuraiKredit Gambar: Instagram Frederick Tarigan

Destinasi alam Air Terjun Guruh Gemurai ini berada tepat di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Senggigi, Riau. Dari arah bandara internasional sultan syarif kasim 2 menuju wisata ini memakan waktu sekitar 4,5 jam. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara dapat mencapai tempat tersebut dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum yang tersedia.

Pengunjung yang baru pertama kali datang dihimbau untuk bertanya langsung kepada warga sekitar tentang keberadaan air terjun ini. Meski lokasinya jauh dari pemukiman penduduk, akses jalan mudah digunakan baik dengan sepeda maupun mobil. Jalanan beraspal memang sudah mulus, namun beberapa masih memiliki jalan seperti bebatuan saat mendekati lokasi wisata.

Selama perjalanan, wisatawan akan melewati pasar tradisional Lubuk Jambi yang tampak ramai terutama di pagi hari. Setelah itu belok kiri melewati desa Koto yang jalannya cukup menanjak. Setelah 15 menit perjalanan, Anda akan menemukan desa Kasang untuk menuju tempat wisata. Di pintu masuk, pengunjung akan disambut oleh gerbang selamat datang.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Masuk Air Terjun Guruh GemuraiKredit gambar: Instagram BEGAYA PRODUCTION

Salah satu tempat liburan yang hemat adalah mengunjungi Air Terjun Guruh Gemurai. Wisatawan akan dikenakan tarif sebelum masuk, untuk anak-anak Rp 2.000 dan untuk dewasa Rp 3.000. Namun, wisata ini tidak buka 24 jam sehari, sehingga pada sore hari banyak orang berbondong-bondong untuk pulang.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya tiket. Untuk sepeda motor harganya Rp 2.000 dan untuk mobil Rp 5.000. Sedangkan bagi yang membawa kendaraan besar seperti bus, akan dikenakan tarif yang berbeda. Harga berlaku untuk hari kerja dan hari libur.

Di kawasan sekitar kunjungan, beberapa warga menjual jajanan ringan. Pengunjung tidak perlu khawatir, karena harga yang ditawarkan sangat murah, mulai dari Rp 5.000 saja. Biaya liburan yang terjangkau ini membuat destinasi ceria ini selalu ramai dikunjungi banyak orang. Biasanya hari biasa pun tidak tenang, sepertinya ada 5-10 turis yang datang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Guruh Gemurai

Kegiatan menarik Badai PetirKredit gambar: Google Maps Bernard Satriady

1. Abadikan momen

Wisatawan yang sedang berlibur selalu membawa kamera. Apalagi di air terjun Guruh Gemurai, Anda akan menemukan banyak spot foto menarik. Wisatawan dapat menggunakan latar belakang air yang jernih, pepohonan, jembatan, kursi kayu yang dapat mempercantik foto. Mengabadikan momen seperti ini sangat seru untuk dilakukan, apalagi bersama teman atau keluarga.

2. Permainan air

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi sirkuit ini tapi tidak bermain air di sekitarnya. Ada kolam penampungan yang bisa digunakan sebagai area bermain air. Pengunjung juga bisa langsung duduk di bawah air terjun untuk menikmatinya dari dekat. Yang terpenting adalah berhati-hati saat bermain air karena bebatuannya sangat licin.

3. Tonton pertunjukan

Di sudut tempat rekreasi terdapat pertunjukkan yang biasanya disewakan. Mulai dari pertunjukan tari, musik dan pertunjukan budaya lainnya bisa dinikmati pada hari-hari tertentu. Banyak wisatawan yang mengabadikannya melalui foto atau video di kamera. Pertunjukan ini biasanya tidak berlangsung lama, hanya sampai siang hari.

Kegiatan menarik di Guruh GemuraiKredit Gambar: Instagram Rizki Kurniawan

4. Bersantai

Berwisata ke tempat wisata alam memang sangat cocok untuk bersantai dan merilekskan pikiran. Lokasi Air Terjun Guruh Gemurai yang jauh dari hiruk pikuk kota membuat wisatawan sangat betah berlama-lama di sini. Anda dapat berjalan-jalan atau duduk di kursi untuk mendapatkan udara segar. Perbukitan dan pepohonan hijau juga memanjakan mata saat memandangnya.

5. Perkemahan

Tak sedikit pengunjung yang menghabiskan liburan berkemah di kawasan wisata ini. Anda bisa mendirikan tenda kecil di area yang disediakan. Banyak wisatawan yang membawa sejumlah jajanan berat saat berkemah. Suara gemericik air dan keindahan alamnya akan sangat menenangkan.

6. Saksikan festival parade

Festival Pacu Path merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh masyarakat Kuantan Sengingi. Bisa dikatakan bahwa kegiatan ini adalah satu-satunya dan tidak ada di tempat lain. Para pendayung akan berlomba mendayung perahu hingga garis finis. Namun sebelum melakukan festival ini, terlebih dahulu ada upacara ritual.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Guruh GemuraiKredit Gambar: Instagram Frederick Tarigan

Meskipun lokasi Air Terjun Guruh Gemurai jauh dari pemukiman penduduk, namun terdapat beberapa fasilitas di wisata tersebut. Pengunjung yang ingin mandi setelah bermain air bisa menggunakan kamar mandi yang telah disediakan. Fasilitas ini biasanya hanya dikenakan biaya Rp 2000 per orang saat menggunakannya. Petugas jaga juga akan mengecek agar kamar mandi selalu bersih.

Wisatawan yang ingin beribadah dapat mengunjungi musholla kecil di dekat air terjun. Biasanya ada juga orang yang duduk di sana beristirahat. Di luar aula juga terdapat tempat wudhu yang terpisah antara wanita dan pria. Pengunjung diharapkan membawa perlengkapan ibadah sendiri dari rumah karena tidak disediakan di sini.

Tak hanya itu, di area luar kawasan wisata juga terdapat tempat parkir yang cukup luas. Tempat duduknya juga tampak berjejer banyak untuk wisatawan yang ingin bersantai. Pengunjung diharapkan dapat menggunakan fasilitas yang ada dengan baik dan tidak mencemarinya. Manajemen juga berupaya membangun fasilitas pendukung lainnya agar lebih komprehensif.

Itulah beberapa penjelasan mengenai destinasi Air Terjun Guruh Gemurai yang bisa dijadikan rekomendasi tempat liburan. Anda mungkin mengalami perasaan yang berbeda saat melihat keindahan alamnya. Sebelum berkunjung, pastikan tubuh Anda dalam kondisi baik dan kendaraan yang Anda tumpangi tidak bermasalah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button