Wisata Alam Datuk, Wisata Kontemporer dengan Wisata Pantai & Hutan Magrove di Batubara - WisataHits
wisatahits

Wisata Alam Datuk, Wisata Kontemporer dengan Wisata Pantai & Hutan Magrove di Batubara

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.30–18.00 WIB, Alamat: Kwala Indah, Kec. Sei Suka, Kab. Batubara, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Wisata Alam Datuk adalah tempat wisata yang populer di Batubara, Sumatera Utara. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan wisata alam, namun pihak pengelola menambahkan sedikit polesan agar lebih menarik dan kekinian. Tempat wisata alam ini terletak di tepi pantai, jadi wajar saja jika daya tarik utamanya adalah laut.

Pantai-pantai yang terdapat di daerah tersebut memiliki pasir putih dan memiliki hutan mangrove yang masih sangat asri. Di hutan mangrove, ada beberapa kera yang melompat kesana kemari mencari makan. Monyet-monyet yang hidup di pantai ini dilindungi dan dijinakkan, jadi tidak perlu khawatir.

Luas Kawasan Wisata Alam Datuk adalah 3 hektar. Di lahan seluas 3 hektar, wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai dan hutan mangrove. Tapi ada fasilitas yang sangat menarik yang bisa digunakan. Tempat wisata alam ini sangat cocok untuk liburan keluarga atau pasangan, jadi wajar saja jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi.

Tempat Wisata Alam Datuk

Objek wisata alam datukKredit Gambar: Google Maps Wisata Alam Datuk

Setiap tempat wisata pasti memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan, begitu juga dengan wisata alam yang terdapat di Kabupaten Batubara. Berikut adalah beberapa objek wisata yang dimiliki oleh Wisata Alam Datuk.

1. Pantai pasir putih

Daya tarik pertama adalah pantai pasir putih yang indah. Di tempat wisata ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan Selat Malaka yang langsung menghadap pantai. Bahkan menurut beberapa sumber, pantai ini merupakan pantai terbesar di Pulau Sumatera.

Hamparan pasir putih yang membentang sejauh mata memandang membuat keindahan pantai ini semakin terlihat. Wisatawan yang membawa anaknya berlibur ke tempat wisata ini akan bisa membiarkan anak-anak berlarian dan bermain sesuka hati sambil menonton dari jauh.

2. Hutan mangrove

Daya tarik selanjutnya adalah hutan mangrove di sekitar pantai pasir putih. Hutan ini dirawat dan ditata dengan sebaik-baiknya agar rapi dan indah dipandang. Di hutan mangrove ini ada beberapa kera yang tinggal disana. Mereka akan sering terlihat melompat dari dahan ke dahan sambil mengejar satu sama lain.

Keberadaan hutan dan kera menandakan bahwa tempat wisata alam ini masih sangat asri. Oleh karena itu sangat cocok untuk liburan keluarga atau sekedar datang dan melepas penat dari suasana kota yang begitu padat.

3. Spot Foto Instagramable

Ketika seseorang datang ke suatu tempat wisata, mereka pasti akan berfoto sepuasnya. Tidak bisa dipungkiri saat ini foto-foto liburan menjadi hal yang wajib. Hal ini karena media sosial berkembang begitu pesat. Memanfaatkan hal tersebut, pengelola Wisata Alam Datuk juga menyediakan spot atau spot foto yang sangat bagus.

Spot fotonya juga sangat beragam, mulai dari rumah hobbit, jam dinding, kampung India, sangkar burung manusia, replika rumah adat Papua, hingga spot foto romantis yang bisa digunakan oleh pasangan yang datang berlibur. Semua spot foto ini bukan hanya untuk dijadikan foto wisata yang bagus, tapi juga sebagai cara untuk menarik wisatawan.

Objek Wisata yang dimiliki Wisata Alam DatukKredit gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

4. Kolam renang dan wahana air

Terdapat kolam renang yang didalamnya terdapat wahana air seperti perosotan untuk anak-anak. Kolam renang ini dirancang untuk memberikan kesan permainan air yang tak terlupakan kepada anak-anak yang datang berlibur. Di kolam juga ada ember besar yang menampung air, ketika air di ember penuh, meluap ke perosotan.

Di sekitar kolam renang ini terdapat kamar mandi dan toilet untuk wisatawan. Jadi, wisatawan bisa berganti pakaian atau membersihkan tubuh setelah puas bermain air di Wisata Alam Datuk.

5. Kolam renang dengan kano

Berikutnya adalah kolam khusus dewasa. Namun kolam ini bukan untuk berenang melainkan untuk menaiki perahu dayung. Wisatawan yang ingin mencoba merasakan seperti mendayung di atas perahu sambil berkeliling kolam ini bisa mencobanya. Di sebelah kolam ada beberapa rumah kecil yang dibangun untuk memberi kesan bahwa mereka berada di desa setempat.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Wisata Alam DatukKredit Gambar: Google Maps Wisata Alam Datuk

Lokasi Wisata Alam Datuk berada di Kabupaten Batubara, Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Provinsi Sumatera Utara. Dengan jarak tempuh dari kota Medan yang merupakan ibu kota Sumatera Utara mencapai 121 kilometer yang dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 2 jam 31 menit.

Untuk perjalanan, Anda dapat mengambil jalan tol dari Medan ke Kualanamu dan kemudian ke Tebing Tinggi. Dari Kota Medan ambil Jalan Prof. HM. Yamin Sh untuk memasuki jalan. Letda Sujono dan masuk ke Tol Belmera. Lanjutkan di Tol Belmera sampai masuk Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi. Setelah keluar tol, belok kanan ke Jalan Lintas Sumatera Medan – Tebing Tinggi.

Dari Jalan Lintas Sumatera, lurus saja sampai masuk Jalan Soekarno Hatta, lalu belok kiri. Ikuti Jalan Soekarno Hatta sampai menemukan Jalan Access Road Inalum, lalu belok kiri, setelah sampai di Desa Lalang, belok kanan. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di lokasi Wisata Alam Datuk.

Untuk tiket masuk atau tiket masuk Wisata Alam Datuk dikenakan biaya Rp 10.000 per orang. Harap diperhatikan bahwa tempat wisata ini akan buka dari pukul 09:00 hingga 18:00 pada hari Senin sampai Jumat dan dari pukul 08:00 hingga 18:00 pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional lainnya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Wisata Alam Datuk

Kegiatan Menarik di Wisata Alam DatukKredit Gambar: Potret Diri Instagram

Dengan popularitas tempat wisata alam ini, banyak orang yang datang berlibur, baik itu keluarga maupun pasangan, bahkan wisatawan yang datang dari luar Sumatera Utara. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan di Wisata Alam Datuk.

1. Nikmati alam

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menikmati alam sekitar. Mulai dari pantai pasir putih yang indah menghadap ke Selat Malaka. Di pantai pasir putih ini, wisatawan bisa bersantai sambil merasakan semilir angin laut.

Tidak hanya pantai pasir putih, hutan bakau di pantai juga bisa dikunjungi dan bersantai. Suasana yang tercipta dengan memasuki hutan mangrove akan membuat wisatawan merasa lebih tenang.

2. Ambil gambar

Di kawasan wisata alam yang memiliki luas hingga 3 hektar ini banyak terdapat spot foto yang bagus. Dari rumah hobbit yang bisa digunakan wisatawan dengan masuk melalui pintu kecil, kemudian ada jam dinding raksasa tempat wisatawan bisa berbaring sambil difoto.

Ada juga perkampungan India dimana wisatawan bisa berfoto dengan tema berada di dalam ruangan dengan bangunan sederhana di sekitar Wisata Alam Datuk. Bahkan di desa India ini terdapat beberapa replika atau barang pendukung yang bisa digunakan untuk mendapatkan foto yang lebih bagus.

Kemudian ada tempat untuk berbaring dari kain yang diikat dari pohon ke pohon. Di kain ini, wisatawan bisa mengangkangnya dan berfoto bersama pasangannya agar lebih romantis.

3. Bermain di kolam renang

Aktivitas di Wisata Alam DatukKredit Gambar: Google Maps Wisata Alam Datuk

Untuk anak-anak, mereka bisa bermain di kolam renang yang di dalamnya terdapat perosotan. Di atas perosotan terdapat ember besar yang akan terus diisi air, bila air dalam ember penuh maka air akan tercurah melalui perosotan.

Ini bukan hanya kolam untuk bermain. Ada kolam lain yang bisa digunakan oleh orang dewasa untuk dilewati sambil mendayung perahu. Perahu yang digunakan bisa menampung 2 orang, sangat cocok untuk berdua dengan pasangan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan wisataKredit gambar: Google Maps Andri Yusni

Selain semua fasilitas yang disebutkan di atas, ada beberapa fasilitas tambahan yang dimiliki oleh Datuk Wisata Alam. Berikut beberapa fasilitas lainnya.

1. Parkir

Fasilitas pertama adalah area parkir kendaraan. Di tempat parkir ini wisatawan dapat memarkirkan kendaraannya dan akan dijaga dengan aman oleh petugas.

2. Rumah Kenangan

Selain itu, ada rumah suvenir yang menjual suvenir kepada wisatawan. Jadi sebelum pulang, singgah dulu di rumah oleh-oleh ini untuk membeli oleh-oleh wisata alam di Kabupaten Batubara ini.

Wisata Alam Datuk merupakan tempat wisata yang sangat populer di Batubara. Karena begitu banyak daya tarik yang dimiliki oleh wisata alam ini. Tidak hanya mengandalkan alam semata, bahkan ada beberapa fasilitas lain yang dibangun untuk menarik lebih banyak wisatawan. Saat berlibur, selalu perhatikan kebersihan agar keindahan tempat wisata bisa dinikmati bersama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button