DIY optimis mencapai 6 juta kunjungan wisatawan pada akhir 2022 - WisataHits
Yogyakarta

DIY optimis mencapai 6 juta kunjungan wisatawan pada akhir 2022

Harianjogja.com, JOGJA – Pemerintah DIY optimistis jumlah kunjungan wisatawan menembus angka 6 juta pada akhir 2022. Keberadaan masyarakat juga turut mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke toko perlengkapan rumah.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Yogyakarta, Singgih Raharjo menjelaskan, jumlah kunjungan wisatawan masih didominasi oleh wisatawan lokal seperti sebelum pandemi Covid-19.

Hal ini dikarenakan masih terdapat kendala seperti penerbangan langsung internasional yang masih belum stabil, sehingga harga tiket penerbangan tidak stabil akibat fluktuasi harga BBM.

Mengenai jumlah kunjungan wisatawan ke DIY pada triwulan II 2022, tercapai 4 juta orang yang berkunjung ke destinasi wisata di DIY. Oleh karena itu, ia optimis hingga akhir tahun 2022 jumlah kunjungan wisatawan ke toko perangkat keras pada tahun 2019 dapat meningkat dari situasi normal.

“Sehingga hingga akhir tahun ini jumlah kunjungan sudah mencapai tahun 2019 atau sekitar 6,1 juta orang sebelum pandemi. Paling tidak akhir tahun ini bisa sama dengan 2019 atau lebih lama lagi,” ujarnya di kawasan Malioboro, Minggu (13/11/2022).

BACA JUGA: Lengkapi Rangkaian Festival Sastra Jogja, Jokpin membacakan puisi di kereta bandara

Tidak hanya secara kuantitatif, kata Singgih, kualitas kunjungan wisatawan juga diharapkan meningkat karena DIY sudah mulai bergerak menuju pembangunan. pariwisata berkualitas. Jadi, jumlah kunjungan wisatawan diharapkan meningkat, namun uang yang dikeluarkan juga diharapkan meningkat.

Dengan cara ini, do-it-yourselfers juga mendapat keuntungan ekonomi dari kunjungan wisatawan. “Lama kunjungan hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, turis asing 2,4 hari, turis domestik 1,5 hari,” katanya.

Ia menambahkan, wisatawan DIY lebih cepat pulih dibandingkan daerah lain pascapandemi Covid-19. Bahkan, salah satu kontribusi yang membantu pariwisata DIY bertahan di masa pandemi adalah keberadaan komunitas bersepeda.

Selama pandemi, jumlah orang yang bersepeda meningkat dan menjadi salah satu kebiasaan berolahraga yang terus berkembang wisata olahraga.

Pembina komunitas Jogja Pit Ringkes Pramusinto mengatakan komunitas yang beranggotakan ratusan orang ini berkomitmen untuk mendukung pengembangan pariwisata do-it-yourself.

Selama ini dalam kegiatan kemasyarakatannya selalu membidik kawasan wisata dan point of interest atau tempat-tempat yang baru mulai tumbuh sebagai destinasi wisata baru. Setiap kegiatan tersebut selalu dilakukan oleh anggotanya, sehingga secara perlahan dapat mendukung usaha mikro di sekitar jalur sepeda.

“Kami mengajak teman-teman dari luar Jogja untuk datang ke Jogja bersepeda melewati kawasan wisata di Jogja. Setiap destinasi wisata kita gali secara visual sehingga menarik minat warga lokal di luar DIY,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang dilakukan Pemkot pada Minggu (13/11/2022), sebanyak 170 pesepeda ikut menjelajahi kawasan wisata di kawasan Bantul dengan dimulai dari kawasan Malioboro.

“Kemudian kita juga akan menggelarnya di Gunungkidul dengan mengunjungi kawasan wisata di sana dan mengundang pesepeda dari kota lain,” ujarnya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button