Air terjun kuning, pesona alam eksotis yang menawan di Bangli - WisataHits
wisatahits

Air terjun kuning, pesona alam eksotis yang menawan di Bangli

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 09.00-17.30 WITA, Alamat: Taman Bali, Kec. Bangli, Kab. Bangli, Bali; Kasus: Cek lokasi

Keindahan alam Air Terjun Kuning menjadi aspek utama yang harus diperhatikan saat merencanakan liburan di Bangli, Bali. Ini adalah keindahan tersembunyi yang dikelilingi oleh perbukitan dan pepohonan rindang di sepanjang jalan. Mengekspos hutan ke pedesaan, Anda harus siap untuk melihat pemandangan yang mengesankan.

Karena keindahan tempat ini, wisatawan bahkan dapat menemukan sekawanan monyet yang bergelantungan di dahan pohon. Jangan khawatir, monyet-monyet itu tidak akan mengganggu Anda, mereka bahkan tampak seperti atraksi yang terlatih secara khusus. Terus nikmati perjalanan Anda terlepas dari mereka, dan tentu saja, jangan mengancam.

Setibanya di lokasi air terjun, Anda juga akan disuguhkan dengan tirai air yang meluncur melewati tebing-tebing yang bisa mencapai puluhan meter. Tersembunyi di balik pepohonan rindang dan lumut yang sudah lama tumbuh disana. Meski suasananya jauh, dijamin kamu tetap akan merasakan keseruan yang luar biasa saat tiba di tempat yang indah ini.

Atraksi Air Terjun Kuning

Atraksi Air Terjun KuningKredit gambar: Google Maps Ayu Kardanta

1. Tantangan Perjalanan

Mengabaikan rasa lelah yang mungkin Anda rasakan saat meninggalkan penginapan atau rumah di Air Terjun Kuning, perjalanan menyusuri hutan akan jauh lebih melelahkan. Pasalnya, kamu harus melewati medan ekstrim yang kemiringan tebingnya mencapai 80 derajat, nyaris tegak lurus!

Meski tempat indah ini bukan hal baru bagi dunia pariwisata Bali, namun keberadaannya seolah belum pernah terjamah oleh dunia luar. Tanah yang licin, embun di dedaunan, ranting patah, daun mati, kerikil, semuanya juga akan menjadi pembatas saat sampai di tengah air terjun.

Jalan yang tidak terlalu lebar juga menambah sensasi hentakan yang bisa Anda dapatkan di jalan. Anda perlu berhati-hati dan berhati-hati saat melintasi medan yang sempit agar Anda dapat dengan selamat sampai di tujuan utama. Namun, jika Anda berhasil menyelesaikan tantangan ini, hasilnya benar-benar luar biasa, dijamin memuaskan.

2. Pesona Hutan Rimba

Orang menyebutnya indah, namun sebenarnya sifat air terjun kuning ini tergolong hutan belantara. Tampaknya wisatawan jarang pergi ke sana karena situasinya yang begitu alami.

Hal ini dapat dibuktikan pada kawanan kera yang sering terlihat bergelantungan di pepohonan saat Anda menyeberang jalan hutan. Tentunya hewan ini tidak akan bertahan lama jika tempat tinggalnya sudah berulang kali dikunjungi manusia dalam jumlah yang banyak.

Namun, mereka yang tetap santai meski ada manusia membuktikan bahwa monyet liar masih hidup di hutan. Sedikit banyak, itu menghalangi mereka untuk melihat manusia yang datang ke air terjun eksotis ini sebagai ancaman. Bagi Anda yang menyukai petualangan hutan sambil membayangkan dunia fantasi, pasti mencobanya di sini.

Menelusuri jalur hutan yang seolah tak terjamah manusia, melewati medan yang ekstrim, pasti menjadi pengalaman yang mendebarkan. Meski melelahkan, apa yang ditawarkan patut dicoba setidaknya sekali seumur hidup. Tentu akan lebih berkesan jika dilakukan bersama sahabat dalam berbagai situasi.

3. Air Terjun Luar Biasa

Tentunya yang paling penting, seperti peruntukannya dalam dunia pariwisata, air terjun kuning sendiri adalah icon terbaiknya. Anda akan melihat hujan air yang berasal dari bukit yang hampir tegak lurus dan ditumbuhi rumput liar. Airnya mengalir deras sehingga membentuk aliran yang bagus di daerah yang lebih landai.

Air terjun ini tergolong tipis, tetapi memiliki aliran yang kuat, sehingga tidak disarankan berdiri langsung di bawah. Jika Anda putus asa, Anda mungkin akan mengalami sakit kepala setelah terkena air yang jatuh dari ketinggian tertentu.

Selain itu, berdiri langsung di bawah air terjun juga berbahaya karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan meluncur di balik tebing. Bisa jadi kayu atau kerikil hanyut terbawa arus dan akan lebih sakit lagi jika terkena. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengambil foto yang indah dengan keindahan air terjun yang langsung meluncur di atas kepala Anda.

Sebaiknya puas dengan pemandangan yang dapat dinikmati tanpa hambatan dengan kejernihan air yang mengesankan. Anda dapat mandi, berfoto, berenang, atau aktivitas lain yang relatif lebih aman demi keselamatan pribadi Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun kuningKredit Gambar: Google Maps jian hao

Berangkat dari Denpasar, menuju km 36 untuk menemukan air terjun kuning yang megah di hutan Dusun Kuning. Ini adalah keindahan lain dari pantai-pantai yang ramai di Bali memanfaatkan kondisi geografis Kabupaten Bangli.

Setidaknya butuh waktu satu jam hanya untuk sampai ke desa pinggir jalan Taman Bali, sebelum Anda mulai berjalan melewati hutan menuju destinasi eksotis ini. Tepatnya di Kabupaten Bangli, keindahan alamnya sudah terkenal di sana meski ikonnya jauh dari pesona pantai yang identik dengan Pula Dewata.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Air Terjun KuningKredit gambar: Google Maps олай овиков

Sumbangan diperbolehkan untuk upaya pengembangan dan pemeliharaan kondisi alam Air Terjun Kuning. Namun, untuk aturan retribusi yang tepat, Anda tidak perlu memikirkannya karena tidak ada regulasi terkait hal itu.

Ini berarti Anda bebas datang kapan saja, tetapi biasanya diatur dari jam sembilan pagi sampai sedikit lebih lambat dari jam lima sore. Meski begitu, Anda tetap bisa memainkannya hingga malam hari, misalnya saat berkemah. Tentu saja, Anda tetap perlu mendapatkan izin dari penjaga setempat agar tidak menyebabkan insiden yang tidak terduga di kemudian hari.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di air terjun kuning

Aktivitas di air terjun kuningKredit gambar: Twitter Perjalanan

1. Perkemahan

Ingin menantang diri Anda di tengah hutan yang masih dihuni oleh hewan liar? Anda bisa memilih Air Terjun Kuning untuk mewujudkannya tanpa penyesalan.

Itu bisa menjadi pengalaman bertahan hidup di alam seram di malam hari. Namun, jika Anda menghabiskannya dengan teman bermain Anda, mungkin akan lebih menyenangkan.

2. Lihat monyet

Bagi mereka yang tinggal di perkotaan, monyet merupakan pemandangan langka yang tidak mungkin ditemukan kecuali pergi ke kebun binatang. Namun, ketika datang ke Air Terjun Kuning, Anda bisa melihatnya dengan bebas meskipun mereka bertelur sendiri.

Pengaturan kamera adalah suatu keharusan jika Anda menyukai fotografi alam. Nikmati momen tak terlupakan saat menghabiskan hari di daerah terpencil Pulau Dewata.

3. Buat video

Video dokumenter perjalanan patut dipertimbangkan saat mengunjungi Yellow Falls. Sayang sekali jika melewatkan kesempatan untuk mengabadikan pengalaman saat menjelajahi hutan belantara.

Kemas perlengkapan yang tepat untuk hasil maksimal tanpa mengorbankan keselamatan Anda saat melintasi medan yang ekstrem. Setibanya di pos jaga, mulailah membuat rekaman-rekaman estetis untuk mengesankan begitu diunggah ke media sosial.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan air terjun kuningKredit gambar: Google Maps Stella Ostholt

Jangan berharap fasilitas lengkap atau bahkan mewah ketika Anda datang ke Air Terjun Kuning. Pasalnya, jalan menuju ke sana pun membutuhkan usaha keras agar tidak terjadi kecelakaan mendadak. Anda harus bersyukur hanya dengan tempat parkir seadanya yang disediakan oleh warga sekitar.

Untuk menikmati makan siang atau sarapan pagi, ada dua pilihan, antara dibawa langsung atau dibeli di perjalanan. Permukiman di sekitar hutan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak, tetapi ini juga harus melalui izin langsung kepada pemiliknya.

Oleh karena itu, pikirkan baik-baik sebelum memutuskan untuk mengunjungi air terjun yang indah ini. Mungkin menyiapkan sendiri perlengkapan dan peralatan yang mungkin dibutuhkan selama kunjungan akan menjadi solusi dari keterbatasan fasilitas ini. Jika Anda yakin, Anda dapat memulai perjalanan dan berhenti di pos jaga sebagai pernyataan diri.

Air Terjun Kuning adalah bentuk keindahan alam yang mengesankan di daerah terpencil Pulau Dewata. Meski dikenal sebagai tempat traveller dari segala penjuru, ternyata provinsi ini masih menyisakan keramahan alam bagi pecinta keheningan. Untuk merasakan sensasi yang berbeda saat berkunjung ke Bali, Anda harus serius mempertimbangkan untuk pergi ke sana.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button