TIM IDBU Undip Edukasi Lingkungan Peduli Sampah Dukung Kunjungan Batang Tahun 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

TIM IDBU Undip Edukasi Lingkungan Peduli Sampah Dukung Kunjungan Batang Tahun 2022

BATANG, AYOSEMARANG.COM — Tim Iptek Desa Binaan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggelar pelatihan intervensi pendidikan lingkungan pemberdayaan desa sadar sampah untuk Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Kalisalak, Kabupaten Batang buat. Kabupaten Batang, Sabtu 23 Juli 2022.

Acara yang bertempat di Balai Desa Kalisalak ini, kata Dekan Psikologi Undip Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D, sekaligus ketua tim IDBU, mengatakan ada bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pendidikan yaitu berupa Pendidikan Lingkungan Hidup kepada Masyarakat tentang Iptek untuk Desa Binaan (IDBU) UNDIP pada tanggal 23 Juli 2022.

Prof Sawitri mengatakan IDBU bersama pengurus dan anggota PKK masyarakat desa Kalisalak sebagai figur kunci dalam keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan desa sadar sampah. Program IDBU 2022 didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), dengan anggota Mochamad Arief Budihardjo, ST, M.Eng.Sc, Env.Eng, Ph.D dan Dr.Ling., Ir. Sri Sumiyati, ST, M.Si., IPM dari Fakultas Teknik Lingkungan.

Baca Juga: Mobile SIM Semarang Juli 2022 Lokasi dan Jadwal: Bekerja dari Senin hingga Jumat

Selain itu, menurut dia, hal inilah yang menjadi salah satu alasan di balik pencanangan Pemkab Batang untuk program “Visit Batang Year 2022 and Heaven of Asia” untuk mendorong pertumbuhan sektor pariwisata. Lingkungan bebas sampah dan masyarakat sadar sampah diperlukan untuk mendukung dan mempertahankan Batang sebagai daerah tujuan wisata.

Di satu sisi, Desa Kalisalak di Kecamatan Batang, Kabupaten Batang memiliki volume sampah yang tinggi, khususnya sampah plastik. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menguranginya, seperti: B. pengabdian masyarakat rutin, kegiatan eco-brick, penambahan TPA, dan TPA tambahan.

“Jadi kita akan memberikan pengetahuan tentang 3R yaitu reduce, reuse dan recycle, dengan tujuan agar masyarakat desa Kalisalak menjadi desa yang sadar akan sampah masyarakatnya untuk memahami 3R tersebut,” jelasnya.

Memang peserta pendidikan lingkungan memang khusus untuk ibu-ibu PKK karena mereka adalah orang-orang penting dalam keluarga dan lingkungan terdekat yang bisa mengundang kelompok yang berbeda.

Baca Juga: 12 Kode Promo Gojek Terbaru untuk Layanan GoCar, GoRide, GoSend dan Gopay Juli-Agustus 2022

Source: www.ayosemarang.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button