Pantai Ngudel, pantai indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Malang - WisataHits
wisatahits

Pantai Ngudel, pantai indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Malang

Pantai Ngudel, pantai indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Malang
Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sidurejo, Kec. Gedang, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Selain kekayaan alam yang melimpah, Indonesia juga memiliki keindahan alam yang memukau. Destinasi wisata yang menjadi favorit para wisatawan, seperti Pantai Ngudel di Malang. Malang, salah satu daerah di Indonesia dengan surga wisatanya memang pantas menjadi salah satu favorit wisatawan.

Pantai ini sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup banyak memberikan pesona pemandangan alam yang indah dan juga membuat pengunjung terpesona dengan keindahan alamnya. Apalagi Malang merupakan daerah yang menyandang julukan kota kembang yang memang cocok untuk menjadi rekomendasi Anda.

Tentu kalian penasaran ingin tahu kenapa pantai ini dinamakan Pantai Ngudel? Nama pantai ini berasal dari sebuah batu karang yang bentuknya mirip dengan “udel” atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “pusar”. Inilah asal muasal nama pantai indah ini.

Daya Tarik Pantai Ngudel

Objek Wisata Pantai NgudelKredit gambar: Google Maps Ndoro Kayla

1. Batu di pantai

Dijelaskan sebelumnya bahwa pantai ini dinamakan Ngudel karena terdapat batu karang di tengah pantainya. Letak batu tersebut berada di bagian barat pantai Modangan dan di bagian timur pantai Sendiki. Jarak antara kedua pantai ini adalah 800 meter.

Keberadaan batu tersebut berada di tengah-tengah kedua rentangan tersebut, yang cukup mirip dengan letak udel atau yang dimaksud dengan tali pusar. Hal inilah yang membuat pantai ini disebut pantai “Ngudel” hanya karena letak batu karangnya yang berada di tengah. Oleh karena itu, bagi anda yang belum mengetahui asal usul nama Pantai Ngudel, mungkin anda sudah mengetahuinya setelah membaca ini.

Letak batu karang tersebut tidak jauh dari bibir pantai yang akan bisa anda lihat dengan jelas saat berkunjung ke pantai ini. Batu tersebut cukup menjadi pemandangan favorit wisatawan yang datang berkunjung. Di bagian belakang batu karang anda bisa bermain air yang tidak perlu anda khawatirkan karena cukup aman dan terhindar dari ombak besar.

2. Ada pohon

Hal lain yang menjadi daya tarik pantai Ngudel adalah adanya pohon udang yang selalu hijau yang membuat pantai Anda terasa segar. Keberadaan pohon-pohon tersebut memang sengaja berada di kawasan pesisir karena sesuai dengan daerah yang memiliki angin laut dan juga kandungan air tanah yang rendah.

Keberadaan pohon pinus di sekitar pantai memang cukup langka, beberapa di Indonesia akan Anda temukan untuk melihat pantai yang dihiasi dengan pohon pinus. Kalaupun ada pantai seperti itu, tidak akan terlalu banyak pohon pinus yang ditanam. Keberadaan pohon pinus ini akan membuat suasana pantai cukup asri.

Alamat, jalur pantai dan tiket masuk

Alamat pantai NgudelKredit gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

Bagi anda yang ingin mengunjungi pantai ini dan tidak mengetahui jalan yang harus dilalui untuk menuju ke sana. Pantai Ngudel terletak di Desa Sindurejo, tepatnya di Kecamatan Gedangan, Jawa Timur. Jika Anda memulai perjalanan dari kota Malang, durasi perjalanan Anda sekitar 60 kilometer.

Waktu yang Anda perlukan sekitar 2-4 jam dari arah Malang. Anda ambil jalan ke gadang kemudian menuju ke Turen kemudian lanjut ke Sumbermanjing dan terus di jalan lintas selatan. Perhatikan setiap jalan yang Anda ambil, jangan bingung.

Jalur selanjutnya akan membawa Anda ke pertigaan yang memiliki petunjuk arah menuju Pantai Ngudel. Yang perlu Anda lakukan sudah jelas ya, ikuti jalan untuk sampai ke tujuan.

Jam operasional pantai ini buka setiap hari, 24 jam sehari, dengan biaya tiket masuk Rp 15.000.

Aktivitas Seru Di Pantai Ngudel

Aktivitas Seru di Pantai NgudelKredit gambar: Google Maps Ans

Berkunjung ke wisata pantai memang cukup menyenangkan apalagi di akhir pekan akan memberikan kesan tersendiri. Destinasi Pantai Ngudel merupakan wisata pantai yang bisa dijadikan sebagai kunjungan akhir pekan, apalagi jika Anda mengajak keluarga untuk datang.

1. Berenang

Pantai Malang ini pasti akan menghibur Anda dan memberikan kesan yang luar biasa. Berbagai aktivitas seru bisa Anda lakukan di pantai ini. Salah satu aktivitas yang wajib Anda lakukan di pantai tentunya adalah berenang ditemani perairan pantai yang sangat jernih.

2. Permainan pasir

Perairan yang cukup jernih akan membuat Anda merasa nyaman saat berenang dan juga dapat memberikan kesenangan tersendiri. Selain berenang, Anda juga bisa bermain air atau bermain pasir di sekitar pantai yang bisa Anda lakukan bersama anak dan keluarga lainnya.

3. Memancing

Kegiatan yang tidak kalah seru adalah memancing dimana banyak sekali ikan yang bisa anda tangkap saat mancing disana. Perlu kamu ketahui juga bahwa destinasi wisata Pantai Ngudel ini sangat cocok untuk kamu nikmati pemandangan terbaik saat matahari terbenam.

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai

Fasilitas Pantai NgudelKredit gambar: Google Maps Andi Surya

Berbicara mengenai fasilitas pantai ini pasti akan menjadi incaran informasi para wisatawan yang berkunjung nantinya. Karena dengan mengetahui fasilitas yang telah disiapkan akan membantu Anda jika menginginkan sesuatu di pantai.

Beberapa fasilitas yang disediakan Pantai Ngudel adalah tersedianya semua toilet di area makan untuk memudahkan wisatawan saat ingin buang air. Apalagi ada juga kamar mandi yang bisa Anda gunakan untuk membilas tubuh setelah berenang di laut.

Tempat parkir mobilnya sendiri cukup luas untuk menampung kendaraan dalam jumlah banyak. Bagi anda yang muslim juga telah disediakan mushola sehingga cukup memudahkan bagi anda yang ingin beribadah nanti di pantai. Poin penting lainnya, kebersihan pantai ini sangat terjaga.

Anda yang ingin mengunjungi pantai ini harus tahu bahwa tidak ada angkutan umum di kawasan ini. Untuk itu bagi anda yang berkunjung disarankan untuk membawa kendaraan pribadi yang akan memudahkan anda menjelajahi spot-spot favorit Pantai Ngudel.

Pantai yang memiliki keindahan laut dan juga bagian pantai lainnya ini sangat mengesankan. Jadi disarankan kepada Anda jika ingin menghabiskan akhir pekan, Anda bisa mengunjungi tempat di Malang ini.

Demikian ulasannya Pantai Nudel dan semoga artikel ini bisa menjadi sumber informasi anda tentang wisata pantai di malang. Anda yang tertarik dengan pantai ini bisa langsung mengunjungi jalur yang sudah dijelaskan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button