Air Terjun Tukad Cepung, Pesona Air Terjun Indah dan Eksotis di Bangli - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Tukad Cepung, Pesona Air Terjun Indah dan Eksotis di Bangli

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Jl.Tembuku, Tembuku, Kec. Tembuku, Kab. Bangli, Bali; Kasus: Cek lokasi

Kabupaten Bangli kembali menawarkan keindahan alam yang memukau tanpa harus mengunggulkan destinasi bahari Pulau Dewata. Dikenal jauh dari lokasi lautan, tempat ini rupanya memiliki berbagai keunikan alam yang tak kalah menggoda. Seperti air terjun Tukad Cepung, di mana Anda akan dibawa menyusuri sungai untuk mendapatkan pesona aslinya.

Terletak di dusun Penida Kelod, air terjun yang indah ini sebenarnya mudah untuk dijangkau, meskipun akan memakan waktu sedikit lebih lama dari perjalanan biasa. Pasalnya, Anda harus berjalan kaki dari pinggir jalan umum melewati sungai dan tebing terjal.

Pesona destinasi cantik ini mulai tampak ketika Anda menemukan dua tebing yang berdampingan. Bentuknya seperti pintu yang megah dan artistik, meski keberadaannya tanpa bantuan manusia. Saat Anda menuruni sungai di balik tebing, Anda kemudian akan menemukan air terjun yang membentang indah, tersembunyi dari keramaian kota.

Atraksi yang ditawarkan oleh Air Terjun Tukad Cepung

Atraksi yang ditawarkan oleh Air Terjun Tukad CepungKredit gambar: Google Maps Anthony Cross

1. Tenggelam di dalam gua

Air Terjun Tukad Cepung menawarkan keunikan yang sulit ditolak bagi para pencari petualangan alam. Anda akan melihat air mengalir melalui gua kecil dan kemudian terus meluncur ke daerah yang lebih rendah.

Aliran air yang terjadi di dalam goa membuat arus lebih deras dan ukuran kolam agak tinggi. Orang bisa bermain dengan puas tanpa menyadari bahwa waktu telah lama berlalu. Air terjun setinggi 15 meter ini memang tidak begitu deras, sehingga menawarkan momen berenang yang lebih intens kepada pengunjung.

Kursi gua yang terbuat dari tebing-tebing kokoh juga membuat suara air yang mengalir semakin nyaring setelah memasuki mulut gua. Sementara itu, saat masih di luar gua, suaranya tidak terlalu jelas.

Mungkin Anda perlu menaikkan volume saat Anda memutuskan untuk berenang di gua. Pastinya akan menjadi pengalaman seru sambil menikmati dinginnya air dan udara segar yang akan mengelilingi tubuh Anda.

2. Destinasi yang indah

Suasana yang serba hijau juga tak lepas dari pemandangan alam yang terlihat di sepanjang jalan setapak dari pinggir jalan menuju ke tengah air terjun. Alamnya sungguh indah dengan ilalang yang masih berserakan di berbagai sisi.

Air Terjun Tukad Cepung memberikan kesan alam yang mendebarkan. Anda bahkan dapat mendengar suara serangga hutan saat mereka bernyanyi seperti nyanyian alam. Bagi yang menyukai tantangan, pergi ke sini akan memuaskan.

Tentu saja, Anda harus berhati-hati saat menyeberangi sungai karena kontur jalan yang cukup licin. Batuan yang terus-menerus dihancurkan oleh air membuat permukaan batu dan tebing menjadi licin.

3. Menarik dalam banyak hal

Jenis fotografi alam ini selalu menyuguhkan pemandangan menarik di berbagai penjuru bumi. Saat melintas di sini, perburuan foto sangat terjaga berkat eksotisme alamnya yang sulit untuk diabaikan. Menonton dari segala sudut, Anda akan menyadari betapa uniknya air terjun ini layak untuk diabadikan selamanya.

Melihat pintu masuk gua, sisi tebing yang kehitaman, tirai air yang jatuh ke tanah, atau pancaran sinar matahari yang berkumpul dan memantul di satu titik. Foto Anda dijamin akan terlihat bagus, bahkan jika Anda tidak memiliki keterampilan fotografi yang hebat.

Lumut Air Terjun Tukad Cepung yang menempel di berbagai bebatuan juga terlihat menarik. Ini memberikan sedikit nuansa kumuh tetapi juga menawan pada saat yang sama. Terkadang bebatuan yang telah ditumbuhi lumut juga bisa dijadikan sebagai tempat bersandar atau hanya sebagai background saat ingin berfoto.

Keluar dari mulut goa, air yang mengalir dengan debit sedang juga menarik perhatian. Kejernihannya, riak airnya, bahkan dedaunan yang mati terbawa arus. Jika Anda membawa kamera tahan air, Anda mungkin akan mendapatkan tempat yang lebih hidup untuk menambah koleksi foto Anda.

Selain itu, di pintu masuk ke tengah air terjun, terdapat anak-anak muda setempat yang mengenakan pakaian adat Bali. Mereka biasanya bertanggung jawab untuk menyapa para pelancong dan memberikan petunjuk ke mana Anda harus pergi. Mungkin sambutan khusus ini juga bisa dipilih sebagai subjek foto ketertarikan manusia.

Alamat dan rute perjalanan menuju lokasi

Alamat Air Terjun Tukad CepungKredit gambar: Google Maps Ivan Khoe

Memutuskan untuk berlibur di Kabupaten Bangli akan membawa Anda pada petualangan liar yang menyembunyikan pesona pemandian eksotis. Tepatnya di Kecamatan Tembuku, Jalan Tembuku, Bali, Anda bisa sampai ke Air Terjun Tukad Cepung yang menakjubkan.

Untuk menuju ke sana tidak terlalu sulit karena kontur jalannya cukup bagus meskipun Anda harus berjalan jauh sampai ke dasar lembah. Saat berjalan-jalan di hutan Dusun Penida Kelod, setiap traveler akan mendapatkan kesan melintasi bentang alam yang mengesankan.

Tiket Masuk Air Terjun Tukad Cepung

Harga Tiket Air Terjun Tukad CepungKredit gambar: Google Maps Prianto Puji Angriawan

Pilih waktu kedatangan Anda di Tukad Cepung antara pukul 06:00 hingga 18:00 WITA. Jika ingin menikmati matahari terbenam di dalam gua, pertimbangkan untuk pergi ke sana setelah siang hari agar tidak menunggu terlalu lama.

Tidak ada biaya tetap untuk air terjun yang indah ini, tetapi Anda dapat membayar biaya tambahan jika Anda menyewa jasa pemandu. Harga bisa dinegosiasikan langsung dengan yang bersangkutan, bisa berbeda-beda sesuai kesepakatan bersama.

Aktivitas Seru di Air Terjun Tukad Cepung

Aktivitas di Air Terjun Tukad CepungKredit gambar: Twitter GᑌS 07

1. Mandi di kolam alami

Kolam alami yang terbentuk di dalam goa milik air terjun Tukad Cepung ini menjadi pilihan yang tepat untuk menyegarkan tubuh. Anda akan merasakan udara dingin mengelilingi tubuh Anda saat Anda mulai melangkah ke dalam air.

Ditemani kesunyian yang khas dengan suara serangga di sini, pengalaman saat mandi bisa lebih maksimal. Pergi ke sana tanpa ragu atau sebelumnya pastikan untuk membawa baju ganti.

Meski fasilitas di sekitar Tukad Cepung masih terbatas, terdapat tempat untuk berganti pakaian. Pasalnya, jika tidak segera berganti pakaian setelah mandi, dikhawatirkan akan sulit untuk kembali dari sini.

2. Ambil gambar

Menambah koleksi foto juga merupakan aktivitas yang tidak boleh dilupakan oleh setiap traveler. Banyaknya sudut estetis di area ini akan memberikan beragam bidikan yang memukau.

Air Terjun Tukad Cepung semakin banyak peminatnya, apalagi karena banyak tempat untuk berfoto. Terkadang turis asing bahkan datang ke sini untuk menghabiskan waktu mengagumi sepotong keindahan alam Indonesia.

Berfoto juga bisa menambah rasa percaya diri atau kumpulan konten yang bisa diunggah ke media sosial. Bagi Anda yang senang memamerkan aktivitas wisata, memilih lokasi destinasi tepi laut ini adalah keputusan yang tepat.

3. Rekam video

Membuat video dokumenter juga menghadirkan lebih banyak kreativitas dalam perjalanan Anda. Daripada hanya menyimpannya sebagai foto digital atau cetak, ada baiknya untuk mempertimbangkan kegiatan perekaman.

Tidak hanya perlu memiliki kamera yang mewah, kini ada banyak ponsel yang bisa merekam hingga resolusi 4K. Anda dapat memanfaatkan alat ini dan kemudian menghasilkan video yang luar biasa.

Ditambah lagi, jika kamu datang bersama teman-teman terdekat, kamu pasti tidak ingin melewatkan momen tersebut bukan? Ajak mereka untuk membuat video bersama dimana file tersebut dapat digunakan sebagai kenang-kenangan yang tak terlupakan di kemudian hari.

Fasilitas yang tersedia di sekitar air terjun

Tukad Ceung.  Fasilitas air terjunKredit gambar: Facebook Didi Suprapta

Perjalanan ke Air Terjun Tukad Cepung akan membawa Anda pada pengalaman kuliner yang luar biasa. Anda tidak harus selalu berada di dekat pusat air terjun, menu-menu ini bisa Anda temukan sebelum mampir ke dusun Penida Kelod. Sejumlah warga menawarkan dagangannya di pinggir jalan sehingga Anda bisa mampir dan membelinya.

Sedangkan di lokasi air terjun sendiri tidak ada yang berjualan dan ini justru menghadirkan kesan tersendiri. Minimnya fasilitas di pusaran air terjun cantik ini justru mempertahankan kesan asri alam belantara Bali.

Sementara itu, jika ingin ke toilet bisa menggunakan fasilitas yang disediakan warga sekitar, biasanya di lokasi desa. Bagi Anda yang baru pertama kali mampir ke sini dan khawatir tersesat, sebaiknya pertimbangkan untuk menyewa pemandu.

Ada pemuda setempat yang bersedia memfasilitasi pendampingan melalui negosiasi. Memang benar menyewa pemandu akan menambah daftar pengeluaran, tetapi itu adalah tindakan pencegahan untuk menghindari insiden yang tidak terduga.

Air Terjun Tukad Cepung memang indah, namun sepertinya masih perlu dikembangkan agar lebih berkesan. Bukan hanya soal keindahan alam yang tidak diragukan lagi, tapi soal fasilitas di sini. Peran pemerintah daerah dapat membantu masyarakat menangkap peluang untuk meningkatkan perekonomian ke arah yang lebih baik melalui destinasi indah ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button