Air terjun Tesbatan, air terjun eksotik dengan 7 tingkat di Kupang - WisataHits
wisatahits

Air terjun Tesbatan, air terjun eksotik dengan 7 tingkat di Kupang

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Tesbatan, Kec. Amarasi, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Tesbatan merupakan tempat wisata yang cukup tersembunyi dari keramaian. Namun tempat ini menyimpan berbagai keindahan yang tentunya tidak bisa dibandingkan dengan tempat wisata lainnya. Seperti namanya, air terjun ini terletak di kawasan Tesbatan, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kota Kupang memang dikenal sebagai kota yang agak gersang dan tandus. Namun siapa sangka tempat ini memiliki tempat wisata yang begitu menakjubkan yaitu Air Terjun Tesbatan. Kawasan wisata berbentuk air terjun ini berada di kecamatan Amarasi. Jika Anda berangkat dari Kupang, jarak tempuh ke sana adalah 50 km.

Bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Nantinya pengunjung bisa membawa sepeda motor untuk akses jalan yang mudah. Tempat wisata ini memang masih cukup sepi, namun tempat wisata ini merupakan salah satu kawasan favorit bagi yang ingin dan suka melakukan spotting.

Objek wisata air terjun Tesbatan

Objek wisata air terjun TesbatanKredit gambar: Google Maps Nurnaeni Rais

1. Air Terjun Tiga Tingkat

Salah satu daya tarik yang ditawarkan Air Terjun Tesbatan adalah memiliki tiga tingkatan air. Untuk level atas disini anda akan melihat banyak sekali pengunjung. Pasalnya, level atas memang merupakan area yang paling mudah dijangkau, ditambah lagi letaknya yang berada di jalan setapak.

Di tingkat kedua, terdapat air terjun yang memiliki panorama yang begitu indah. Di sinilah pengunjung akan melihat tembok yang begitu tinggi dan lebar. Namun, jika Anda ingin melihat panorama yang indah ini, Anda membutuhkan banyak usaha.

Pasalnya, nantinya Anda harus turun dan melintasi jalan setapak yang berada di kawasan sempadan sungai. Saat Anda berada di area terendah atau tingkat ketiga, Anda bisa menemukan panorama yang begitu menarik di sana dan sangat layak untuk diabadikan melalui foto.

2. Panorama yang selalu indah

Sebelum Anda memutuskan untuk berlibur akhir pekan ke Air Terjun Tesbatan, ketahuilah bahwa tempat ini memang merupakan bagian dari kawasan yang dilestarikan. Bentang alam yang bisa ditemukan di sana masih sama indahnya. Pepohonan rimbun yang tumbuh tinggi akan Anda temukan di sepanjang jalan.

Di trail ini merupakan area yang cocok untuk dijadikan spot foto karena memiliki background yang bagus. Bagi pengunjung yang menyukai seni fotografi, akan mudah menemukan spot-spot cantik di sana. Apalagi wisatawan akan menyaksikan pemandangan aliran sungai yang begitu jernih.

3. Air jernih dan bersih

Curug Tesbatan selain memiliki tiga tingkatan air, curug ini dikenal bersih dan jernih. Banyak pengunjung yang datang dan akhirnya tergerak untuk bermain air. Warna air air terjun ini mirip dengan Green Canyon. Di kawasan wisata satu-satunya ini Anda bisa menikmati kolam renang untuk berenang atau berendam.

Alamat dan rute perjalanan menuju lokasi

Alamat Air Terjun TesbatanKredit Gambar: Google Maps Khori ok

Untuk menuju lokasi Air Terjun Tesbatan, Anda harus menggunakan transportasi darat. Tempat wisata yang satu ini seperti yang sudah disebutkan sebelumnya berada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Pengunjung harus melintasi area berpasir yang panjang melalui Jalan Timor Raya.

Setelah itu, pengunjung bisa memilih jalur menuju Soe. Jika sudah berada di kawasan pertigaan, Anda bisa mengambil arah kanan, menuju Oekabiti. Wisata alam ini sangat cocok untuk Anda coba. Di tempat ini Anda bisa menemukan kawasan wisata yang begitu indah.

Apalagi air di air terjun ini bersih dan jernih, sehingga Anda bisa menikmati waktu yang begitu indah sambil bermain air. Selain itu, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen seru yang Anda lakukan di tempat ini.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tesbatan

Harga Tiket Masuk Air Terjun TesbatanKredit gambar: Google Maps Nurnaeni Rais

Untuk tiket masuk kawasan air terjun Tesbatan belum diberlakukan. Dalam artian, di sini semua pengunjung yang ingin menikmati keindahannya bisa masuk dengan gratis. Sedangkan budget Anda untuk berlibur di tempat ini akan sedikit berkurang.

Uang yang akan digunakan hanya akan digunakan untuk membayar biaya parkir. Untuk itu, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir.

Namun untuk harga parkir memang tidak ditentukan kunjungannya, sehingga disini pengunjung bisa membayar dengan ikhlas. Jam buka Air Terjun Tesbatan mulai pukul 08.00 dan akan ditutup pada pukul 18.00.

Aktivitas Seru Di Air Terjun Tesbatan

Aktivitas Seru di Air Terjun TesbatanKredit gambar: Google Maps BeeDDjoo

1. Mandi dan bermain air

Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan saat mengunjungi Air Terjun Tesbatan adalah berenang dan bermain air. Bagi Anda yang berencana untuk bermain di air, Anda perlu membawa baju ganti. Anda bisa langsung menuju ruang ganti yang telah disiapkan di kawasan wisata.

Tempat wisata ini cukup aman, sehingga Anda bisa berenang atau bermain air sepuasnya. Namun, Anda tidak boleh melepaskan pengawasan terhadap anak-anak Anda yang mandi di kolam alami tersebut.

2. Berburu Foto

Untuk kegiatan selanjutnya yang tidak kalah direkomendasikan yaitu hunting foto. Bagi pengunjung yang memang menyukai aktivitas fotografi, di sini Anda akan menemukan berbagai jenis spot foto yang Instagramable.

Anda dapat membuat pepohonan lebat sebagai objek atau background foto. Tak hanya itu, jalan setapak di tempat ini juga sangat menarik untuk diabadikan. Untuk itu, kegiatan ini tentunya tidak boleh dilewatkan.

Anda bisa mendapatkan foto yang menakjubkan nantinya karena hampir setiap bagian dari Air Terjun Tesbatan bisa dijadikan spot foto yang sangat indah.

3. Bersantai di sekitar Air Terjun Tesbatan

Untuk kegiatan terakhir yang bisa anda lakukan di Air Terjun Tesbatan yaitu bersantai atau bersantai. Setelah berada disini anda sudah puas menikmati keindahan tempat ini, jadi tidak ada salahnya untuk duduk santai sambil merasakan kesegaran alam sekitar.

Banyak pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini, terutama di akhir pekan. Hampir sebagian besar dari mereka mencari ruang untuk menenangkan pikiran dan bersantai setelah lelah bekerja setiap hari. Oleh karena itu, meskipun daerahnya cukup tersembunyi, beberapa orang tidak ragu untuk datang ke tempat ini.

4. Melihat panorama alam

Panorama alam yang disajikan air terjun ini memang begitu indah dan memanjakan mata. Anda bisa melihat aliran sungai dari air terjun Tesbatan sambil berjalan menyusuri jalan. Ditambah dengan pepohonan yang begitu rindang dan berjajar sempurna akan membuat panorama kawasan wisata ini sangat mempesona.

Setelah melintasi pohon yang tumbuh rindang, Anda akan melihat pintu masuk atau pintu menuju panorama air terjun. Bahkan jika Anda merasa sangat lelah, itu semua pasti akan terbayar ketika Anda berada di tempat wisata. Keindahan yang ditawarkan begitu unik, indah dan tak terlupakan.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Instalasi Air Terjun TesbatanKredit gambar: Google Maps Baktiar Mlaku

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Air Terjun Tesbatan, Anda harus tahu bahwa ada banyak fasilitas yang nantinya bisa digunakan pengunjung. Fasilitas ini tentunya akan memudahkan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh para wisatawan.

Mulai dari fasilitas berupa tempat parkir yang tentunya luas dan aman. Selain itu, Anda juga akan menemukan fasilitas lainnya yaitu toilet dan ruang ganti. Namun perlu diketahui bahwa jumlah toilet dan ruang ganti cukup terbatas, sehingga Anda harus mengantri.

Fasilitas terakhir yang bisa ditemui di sana adalah berbagai area spot foto yang menarik. Tentunya hal ini akan membuat Anda semakin bersemangat untuk pergi berlibur di akhir pekan Air Terjun Tesbatan.

Air Terjun Tesbatan yang berada di kawasan tersembunyi mampu memberikan pengalaman liburan yang seru dan pastinya tak terlupakan. Anda bisa datang ke tempat ini untuk menenangkan pikiran dan hati dengan pemandangan yang menakjubkan dan air terjun yang menyegarkan. Jadi jangan ragu untuk segera kesana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button