Aduh! Rusaknya bangunan Situs Jambansari Ciamis - WisataHits
Jawa Barat

Aduh! Rusaknya bangunan Situs Jambansari Ciamis

jenis

Bangunan situs Jambansari di pusat Kota Ciamis, Jawa Barat, kondisinya cukup memprihatinkan karena rusak. Situs ini merupakan peninggalan sekaligus makam Bupati Galuh Raden Adipati Aris (RAA) Kusumadiningrat (1839-1886).

Diketahui, RAA Kusumadinrat atau Kanjeng Prebu berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Galuh (Ciamis) selama menjabat sebagai Bupati Galuh. Pada masanya, masyarakat Galuh makmur dan sejahtera.

Situs Jambansari merupakan makam Kanjeng Prebu dan keluarga keturunannya. Di kawasan ini terdapat bangunan seperti pendopo yang menjadi tempat makam Kanjeng Prebu dan istrinya. Namun, bangunan tersebut dalam keadaan keropos dan dikhawatirkan akan runtuh.

pemantauan detikJabar, kondisi kayu penyangga terlihat sangat keropos. Sebagian pagar makam terlihat bengkok. Di bawahnya, kayu penahan beban atap juga bergeser dari dinding.

Tukang Kunci Nandang Sembada di situs Jambansari membenarkan hal tersebut. Kondisi bangunan Situs Jambansari saat ini sudah rusak karena termakan usia. Bangunannya terbuat dari kayu jati dan dibangun sekitar tahun Kanjeng Prebu menjabat.

“Bangunan ini dulunya adalah pendopo tempat Kanjeng Prebu beristirahat dan sekarang menjadi makamnya. Kondisinya keropos, bahkan kemiringan atapnya 25 persen karena dikhawatirkan ambruk,” kata Nandang, Jumat (18/11). 2022).

Untuk melindunginya dari keruntuhan, pondasi juga dipasang pancang besi. Namun idealnya, bangunan tersebut harus direnovasi total.

“Terakhir direnovasi sekitar tahun 1878 dan penyangga besi dipasang untuk menjaga agar atap tidak runtuh. Setelah itu, hanya ada pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan ringan,” jelasnya.

Bangunan situs Jambansari mengalami kerusakanBangunan situs Jambansari rusak Foto: Dadang Hermansyah/detikJabar

Nandang juga berharap instansi pemerintah terkait memperhatikan kondisi bangunan Situs Jambansari. Toh, situs tersebut merupakan bagian dari sejarah Kabupaten Galuh. Apalagi saat ini Pemkab Ciamis sedang berupaya mengembalikan nama Ciamis menjadi Galuh.

Situs Jambansari merupakan salah satu ikon Kabupaten Ciamis. Letaknya yang strategis di pusat kota menjadikan Jambansari tempat yang populer bagi pengunjung. Baik untuk tujuan wisata ziarah atau warisan.

“Mudah-mudahan segera ada perbaikan, terutama perhatian instansi pemerintah terkait. Kalau tidak segera, dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

(iqk/iqk)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button