Adanya Boseh Bandung yang hanya bekerja di akhir pekan - WisataHits
Jawa Barat

Adanya Boseh Bandung yang hanya bekerja di akhir pekan

bandung

Kota Bandung telah mendirikan jasa persewaan sepeda sejak tahun 2017. Layanan ini disebut Boseh, singkatan dari Bike on The Street, Everyone Happy.

Sudah lima tahun lamanya layanan persewaan sepeda yang dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung itu beroperasi. Sampai saat ini Boseh masih aktif menyewakan sepeda.

Dari Peta Boseh dan Jalur Sepeda Kota Bandung, dari total 33 halte atau tempat penyewaan sepeda, hanya 20 halte yang masih aktif. Sedangkan 13 shelter lainnya tidak aktif atau dimatikan.

Sementara itu, berdasarkan data Open Data Bandung, sejak 2021 hanya ada 20 shelter yang aktif, seperti shelter di Jalan Dalem Hardly, Asia Afrika, Alun-alun Bandung, Taman Cibeunying dan lainnya.

Pantauan detikJabar, hanya satu unit sepeda yang disediakan di Homan Shelter atau Jalan Asia Afrika. Sejumlah dermaga atau tempat mengunci dan menyimpan sepeda rusak sebagian.

Sedangkan jumlah sepeda yang disediakan di Taman Cibeunying sebanyak delapan unit. Kondisi pengungsian ini masih bagus. Begitu pula dengan Hard Shelter Dalem dan Alun-alun Bandung. Bedanya, kedua shelter hanya menyediakan tiga unit sepeda.

Selain sepeda manual, Boseh juga menyewakan sepeda listrik. Tiga sepeda listrik bisa disewa di Dalem Hardly. Sekarang hanya tersisa satu di Taman Cibeunying.

Harga sewa sepeda listrik dan manual berbeda. Untuk sepeda manual, satu jam pertama adalah Rp 1.000. Jam selanjutnya adalah kelipatan Rp 2.000. Sedangkan sepeda listrik harganya Rp 30.000 per jam.

Seorang pejabat Divisi Penampungan Topan Boseh mengatakan pinjaman Boseh paling sibuk selama akhir pekan. “Paling banyak satu atau dua sesi di hari kerja. Kalau akhir pekan ramai, unit yang disediakan disewa pengunjung,” kata Taifun saat ditemui di Shelter Dalem Kaum, Sabtu (12/10/2022).

Penyewaan sepeda di hari kerja bisa dibilang sepi. Akhir pekan berbeda. Topan mengatakan penyewa sering mengantri untuk menyewa sepeda di akhir pekan.

“Ya, di akhir pekan ketika Anda berada di sini, Anda bisa menunggu sepeda datang. Itu tergantung pada pengunjung, ”kata Topan.

(selatan/mso)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button