7 Masakan Jawa Timur di Denpasar ada Rujak Cingur - WisataHits
Jawa Timur

7 Masakan Jawa Timur di Denpasar ada Rujak Cingur

Ini sangat bagus. Tapi tergantung selera juga

Jawa Timur terkenal dengan ragam kuliner khasnya yang sudah terkenal di seantero nusantara. Jika Anda suka dan ingin menikmati kuliner khas Jawa Timur, tidak perlu melintasi pulau Jawa. Karena di kota Denpasar banyak terdapat rumah makan yang menawarkan makanan khas Jawa Timur seperti nasi pecel, soto lamongan, soto madura dan rujak cingur.

Berikut kuliner khas Jawa Timur di Denpasar. Dengarkan rakyat!

Baca Juga : 10 Rumah Makan Pempek di Bali Beserta Harganya

Baca Juga : 10 Wisata Kuliner di Sangeh Bali dan Harga Per Porsinya

1. Rujak Cingur

7 Masakan Jawa Timur di Denpasar ada Rujak CingurWarung Tahu Tek 98. (Dokumen pribadi/Ari Budiadnyana)

Rujak cingur menggunakan bumbu kacang dan terasi. Tampilan bumbunya mirip dengan gado-gado atau sayur pecel, namun rasanya sangat berbeda. Rujak cingur terdiri dari buah-buahan, sayuran, kecambah dan cingur atau hidung sapi.

Hidangan kuliner ini bisa Anda cicipi di Warung Tahu Tek 98, Jalan Tukad Batanghari Nomor 30, Desa Panjer. Tokonya tepat di depan Bali Design and Business Institute. Harganya Rp 12.000 per porsi.

2. Soto Lamongan

7 Masakan Jawa Timur di Denpasar ada Rujak CingurSoto Lamongan di stan Cak Di Soto Ayam. (instagram.com/madakadek)

Soto Lamongan merupakan kuliner khas Kabupaten Lamongan. Ciri khas sop ini dapat dikenali dari kuahnya yang berwarna kuning bening dan penggunaan koya berbahan dasar kerupuk udang. Koya berguna untuk mengentalkan saus dan menambah gurih.

Anda bisa mencoba Warung Soto Ayam Cak Di, Jalan Thamrin Nomor 67 Denpasar atau Bioskop Cineplex Denpasar utara.

Harga soto ayam reguler adalah Rp 15.000 per porsi dan Rp 22.000 per porsi untuk soto ayam spesial.

3. Bebek Madura

Pengalaman bersantap terkenal Jawa Timur lainnya adalah olahan bebek. Bebeknya dipanggang dengan bumbu madura hitam. Sambalnya juga sangat unik. Namanya Sambal Pencit dari bahan dasar buah mangga.

Tempat yang direkomendasikan untuk menikmati kuliner bebek ini adalah Warung Bebek Centhong Markonah, Jalan Tegal Wangi Nomor 60, Desa Sesetan. Mereka menyajikan nasi bebek dengan bumbu hitam dan sambal pencit. Harganya hanya Rp 17.000 per porsi.

4. Bakwan Malang

7 Masakan Jawa Timur di Denpasar ada Rujak CingurBakso Top Ngalam. (youtube.com/culinaryyuk)

Bakwan Malang adalah kuliner yang bisa Anda temukan di Kota Malang. Kuliner ini mirip dengan bakso pada umumnya. Ini termasuk bakso dengan potongan daging yang terlihat, bakso goreng (bakwan), pangsit basah dan kering.

Bakso Top Ngalam merupakan tempat makan Bakwan Malang yang bisa menjadi pilihan Anda. Lokasinya ada di Jalan Teuku Umar Barat. Harga satu porsinya Rp 15.000. Ada pilihan Bakso Campur, Bakso Campur Lengkap, Bakso Halus Lengkap, Bakso Urat Lengkap.

5. Daging Rawon

Rawon adalah hidangan daging sapi dengan saus hitam. Kuah hitamnya berasal dari perpaduan bumbu antara lain bawang merah, lengkuas, bawang putih, kunyit, ketumbar, jahe, cabai, asam jawa dan biji keluak. Kemudian potongan daging sapi dimasak dengan saus hitam hingga al dente.

Anda bisa datang ke Warung Jawa Petruk, Jalan Pulau Kawe tepat di depan SPBU. Selain di tempat ini, Anda juga bisa menikmati Rawon di Warung Bubur Pak Lik yang berseberangan dengan Monumen Bajra Sandhi. Untuk harga seporsi Nasi Rawon Rp 18.000 di Warung Jawa Petruk dan Rp 20.000 di Warung Pak Lik.

6. Soto Madura

Soto Madura tidak menggunakan ayam, melainkan daging sapi. Kuahnya bening, tetapi campuran bumbu menciptakan rasa yang berani dan hangat. Salah satu tempat untuk menikmati Soto Madura ada di Jalan Merdeka nomor 18.

Soto khas Jawa Timur dimasak di sini tanpa garam. Harga seporsi nasi soto campur adalah Rp 20.000.

7. Nasi Pecel Madiun

7 Masakan Jawa Timur di Denpasar ada Rujak CingurBeras dari Ibu Titin. (dok pribadi/Ari Budiadnyana)

Nasi pecel Madiun dikenal sebagai sajian kuliner Jawa Timur yang populer. Gunakan bumbu kacang yang teksturnya lebih kasar. Bayam, tauge dan semanggi digunakan sebagai sayuran.

Warung Nasi Pecel Bu Titin cukup terkenal di kalangan penikmat kuliner. Ini terbuka di dua tempat. Yaitu Jalan Tukad Yeh Aya di depan Yayasan Undiknas dari sore hingga pukul 20.00 WITA dan Jalan Waturenggong (persimpangan antara Tukad Pakerisan dan Tukad Yeh Aya) dari pukul 20.00 WITA hingga dini hari.

Harganya Rp 10.000 per porsi dengan lauk telur. Anda bisa membelinya seharga Rp 15.000 hingga Rp 20.000 tergantung lauk mana yang Anda pilih.

Jadi, masakan Jawa Timur mana yang sudah kamu coba? Beberapa kuliner di atas dinikmati dengan sambal pedas menambah kenikmatan rasanya. Jika Anda tidak suka pedas, Anda hanya perlu memberi tahu penjualnya. Menikmati.

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button