Hara, sabar! Sewa Jeep Tour Lereng Gunung Merapi Up - WisataHits
Jawa Barat

Hara, sabar! Sewa Jeep Tour Lereng Gunung Merapi Up

Bogordaily.net – Wahana jeep wisata di lereng Gunung Merapi dulunya menjadi favorit wisatawan. Meski demikian, Asosiasi Jeep Wisata Lereng Gunung Merapi (AJWLM) mengatakan ada perubahan harga sewa jeep di lereng Gunung Merapi menyusul kenaikan harga BBM akhir pekan lalu.

Kenaikan tarif naik hingga Rp 50.000 per paket wisata Kenaikan harga sewa jeep wisata di lereng Gunung Merapi berlaku mulai tanggal 4 September 2022. Bagi yang sebelumnya sudah memesan atau pemesanankursus tetap sama.

“Tarif tiap paket naik Rp 50.000. Itu dimulai dari hari yang kami putuskan kemarin, 4 September,” kata Bupati Sleman Wilayah Barat AJWLM, Dardiri.

Kenaikan harga sewa jeep wisata menaikkan harga per paket dari yang termurah Rp 350.000 hingga termahal Rp 500.000, tergantung paket yang dipilih wisatawan.

Menurut Dardiri, tarif baru ini telah disesuaikan dengan perhitungan biaya operasional lainnya selain BBM, seperti: B. Spare part yang dia yakini akan meningkatkan harga jual.

“Misalnya harga bautnya Rp 2.000, akan naik. Ban, oli, kalau kita hitung sangat berat,” jelasnya.

“Ya, kenaikan solar hanya beberapa persen. Hanya saja kebutuhan (kenaikan) suku cadang dihilangkan, dimanapun berada,” lanjut Dardiri.

Menurut Dardiri, hanya sekitar 25 persen dari seluruh anggota klubnya yang mengisi jipnya dengan solar. Sisanya menggunakan pertalite.

Namun tak jarang pengusaha merogoh kocek lebih dalam untuk membeli Dexlite atau Pertamina Dex karena adanya pembatasan pembelian BBM bersubsidi, sedangkan calon penumpang yang sudah memesan layanan tidak bisa menunggu lebih lama lagi.

Lebih lanjut, Dardiri menilai kenaikan tarif Rp 50.000 tidak terlalu berlebihan mengingat layanan yang diberikan.

“Karena kami asumsikan kenaikan Rp 50.000 ini sudah ditanggung oleh Jasa Raharja, destinasi wisata di lereng Merapi, terbayar. Semuanya tercover, wisatawan benar-benar tidak perlu membayar ekstra lagi,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan pengecualian kepada calon pemudik yang melakukan booking sebelum 4 September 2022. Pasalnya, sebenarnya ada yang sudah booking untuk Desember tahun ini.

“Yang pesan sudah pernah pakai, tidak apa-apa. Kami juga sudah berkoordinasi dengan travel agent, kantor atau melalui media sosial dan menginformasikan bahwa harga akan naik mulai tanggal 4 (September),” pungkasnya.

Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) telah melakukan sosialisasi terkait kenaikan harga sewa jeep wisata. Sehingga wisatawan dapat mengetahui perubahan harga saat ini.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pengemudi, kantor dan biro perjalanan. Kami juga menyampaikan informasi melalui media sosial,” pungkasnya.

(Riyaldi)

Source: bogordaily.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button