7 bumi perkemahan di Tawangmangu, bisa melakukan perayaan malam tahun baru - WisataHits
Jawa Tengah

7 bumi perkemahan di Tawangmangu, bisa melakukan perayaan malam tahun baru

KOMPAS.com – Sambut malam tahun baru dengan berkemah atau berkemah bersama teman bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. unik berkemah di Jawa Tengah yang bisa dikunjungi wisatawan adalah Tawangmangu.

Tawangmangu adalah sebuah kecamatan di lereng barat Gunung Lawu, tepatnya di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Tawangmangu yang Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Berada di bawah kaki Gunung Lawu, Kecamatan Tawangmangu memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan. Selain itu, Tawangmangu menyuguhkan pemandangan yang indah karena berada di ketinggian.

Tak heran, Tawangmangu menjadi salah satu tempat yang paling diminati wisatawan berkemah.

Baca Juga: 15 Wisata Tawangmangu, Wisata Alam hingga Kuliner

Ruang angkasa berkemah di Tawangmangu

Ini beberapa tempat berkemah di Tawangmangu sebagaimana disusun Kompas.com

1. Gunung Kapur

Gazebo di Gunung Kapur Tawangmangu dengan latar Gunung Lawu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gazebo di Gunung Kapur Tawangmangu dengan latar Gunung Lawu.

Seperti namanya, Gunung Kapur merupakan kawasan perbukitan kapur atau limestone. Tempat wisata ini berada di kaki Gunung Lawu tepatnya di pinggir jalan raya Matesih-Tawangmangu seperti dikutip Kompas.com (30/01/2021).

Gunung Gaming adalah tempatnya berkemah populer karena dari tempat ini wisatawan dapat melihat pemandangan kota Solo, Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Lawu.

Ada juga spot foto Instagramable di Gunung Gaming yaitu gazebo dan puncak bukit kecil. Kawasan wisata Gunung Gaming buka setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB.

Harga tiket masuknya hanya Rp 2.000, ditambah Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Batu Kapur Tawangmangu, Anda Bisa Menikmati Sunrise dan Sunset

2. Bukit Mongkrang

Pengunjung berfoto di Bukit Mongkrang, Tawangmangu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pengunjung berfoto di Bukit Mongkrang, Tawangmangu.

Bukit Mongkrang merupakan wisata pendakian di Tawangmangu. Mengutip Kompas.com (9.11.2020) berlokasi di area pendakian Bukit Mongkrang Temple Hills I dan II.

Sekarang,terdapat area datar di kedua puncak yang bisa digunakan pendaki berkemah.

Pemandangan dari bukit Candi I dan II begitu menawan. Pendaki bisa melihat Gunung Lawu menjulang di sisi utara.

Harga tiket pendakian Bukit Mongkrang terbilang cukup murah. Untuk pendakian sehari, tarifnya adalah Rp 10.000 per orang. Untuk menginap atau berkemah, biayanya adalah Rp 15.000 per orang.

Baca Juga: 5 Tips Mendaki Bukit Mongkrang Karanganyar Saat Musim Kemarau

3. Lawu Tau

Wisata Embun Lawu terletak di tengah hutan pinus di lereng Gunung Lawu. Tepatnya di Jalan Raya Matesih-Tawangmangu, Nomor 16, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Mengutip tribun, (25.11.2021) objek wisata ini memiliki 40 spot foto Instagramable bertema alam.

wisatawan yang ingin berkemah Dengan suasana hutan pinus, tempat ini bisa menjadi alternatif. Di samping berkemahPengunjung dapat memberi makan rusa tutul dan bermain game rubah terbang dan ATV.

Embun Lawu juga menawarkan cottage 15 unit dengan tarif per malam mulai dari Rp 400.000 per malam. Sedangkan tiket masuk Embun Lawu cukup terjangkau, hanya Rp 20.000 per orang.

Baca Juga: 6 Kafe Tawangmangu Dekat Wisata Bukit Sekipan

4. Perkemahan Pleseran

pemilihan wilayah berkemah Di tengah hutan pinus lainnya terdapat Pleseran Camping Ground. Situs ini terletak di Desa Nglurah, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Mengutip Tribun Jateng (20/12/2022), selain berkemah, wisatawan bisa merasakan segarnya mata air di Telaga Asmara. Lokasinya yang masih asri, menjadikannya daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Tiket masuknya sangat terjangkau, Rp 5.000 per orang. Sedangkan bagi yang ingin bermalam atau berkemah cukup membayar Rp 10.000 per malam.

Pengelola juga menawarkan paket sewa sign seharga Rp60.000.

Baca Juga: 6 Hotel Terdekat dari Lawu Park Tawangmangu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button