Wisata alam Grojogan Sewu Tawangmangu - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata alam Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sevu

JournalPost.com – Grojogan Sewu merupakan salah satu kawasan wisata alam yang menonjolkan keindahan air terjun. Air terjun ini terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air Terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.

1. Sejarah Taman Wisata Grojogan Sewu
Grojogan Sewu berarti seribu air terjun dalam bahasa Jawa, meski tidak ada seribu air terjun di sini, namun keindahan air yang mengalir bisa dinikmati. Kata sewu atau seribu sendiri berasal dari satuan jarak atau bisa juga disebut seribu retakan yang merupakan tinggi air terjun. Puncak sesuai dengan ukuran kaki orang dewasa. Air Terjun Grojogan Sewu memiliki ketinggian sekitar 81 meter.

2. Mitos Taman Wisata Grojogan Sewu
Air Terjun Grojogan Sewu cukup ikonik dengan segala pesonanya. Kawasan ini juga memiliki daya tarik dengan keindahan alamnya. Selain segala pesona dan keindahannya, air terjun ini juga memiliki sejarah dan mitos yang berkembang di masyarakat seperti kebanyakan tempat wisata lainnya. Ini merupakan langkah yang sangat wajar mengingat lokasinya yang berada di tengah hutan belantara. Ada mitos yang sering terdengar tentang jembatan di kawasan Air Terjun Grojogan Sewu. Penduduk setempat percaya bahwa jika pasangan menyeberangi jembatan, mereka akan segera berpisah. Namun demikian, soal mitos yang diyakini oleh masyarakat sekitar ini tergantung pada masing-masing individu.

3. Pesona Grojokan Sewu
Tiba di Grojogan Sewu yang sangat indah. Menikmati air terjun di antara bebatuan adalah suatu keharusan. Kemudian cuci tangan, kaki, dan wajah Anda dengan air yang menyegarkan. Benar-benar seperti surga di bumi. Sebaiknya jangan mendekati air terjun karena air terjun disertai angin yang sangat kencang. Ini sangat berbahaya bagi sesama penumpang. Proposal ini membutuhkan pertimbangan yang cermat. Sehingga semua liburan Sahabat Traveling tak terlupakan.
Di antara bebatuan ini terdapat cekungan yang dalam dan cukup panjang untuk berenang. Semua penggemar Traveler juga bisa menikmati layanan lain seperti Fling Fox dan Mini White Water Rafting.

4. Akses menuju Taman Wisata Grojogan Sewu
Kawasan Grojogan Sewu memiliki luas sekitar 20 hektar yang ditumbuhi berbagai jenis pohon, serta terdapat monyet yang berkeliaran bebas di kawasan Grojogan Sewu. Curug ini memiliki 2 akses pintu masuk yang bisa dipilih. Kedua pintu masuk ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Pintu masuk pertama merupakan pintu masuk yang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Jalur ini biasanya begitu ramai karena banyaknya kuda yang lalu lalang. Hal yang unik dari jalur ini adalah kami melewati beberapa anak tangga yang cukup menakjubkan. Ada 1000 level yang harus kita lalui untuk sampai ke area air terjun. Pintu masuk kedua cukup ramah turis, terutama untuk orang tua, karena jalurnya cukup landai. Selama perjalanan, kita bisa menikmati taman mini di mana patung-patung ular dan katak mengalir dengan air membentuk taman yang menarik dan warung makan yang menawarkan sate kelinci dan sate landak.

5. Kegiatan dan objek wisata alam Grojogan Sewu
Kegiatan yang sering dilakukan pengunjung antara lain berinteraksi dengan monyet. Pengunjung yang datang ke kawasan air terjun pasti akan bertemu dengan monyet yang bergelantungan di pohon. Monyet-monyet ini sering menyita barang atau makanan yang dibawa pengunjung. Oleh karena itu, pengunjung diharapkan berhati-hati dengan barang bawaan yang dibawanya. Selain berinteraksi dengan kawanan monyet, pengunjung juga melakukan kegiatan outbond di area air terjun. Kegiatan yang paling digemari wisatawan adalah berenang, di kawasan air terjun terdapat kolam yang cukup luas dan dalam yang bisa digunakan untuk kegiatan olahraga tersebut. Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan lain seperti Misalnya, Anda bisa menikmati fasilitas yang disediakan oleh Taman Wisata Grojogan Sewu berupa permainan flying fox dan juga arung jeram mini.

6. Rute dan lokasi Grojokan Sewu
Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Desa Sepanjani, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Pecinta travel bisa mencapai tempat ini dengan kendaraan pribadi. Arahkan kendaraan ke Terminal Tawangmangu. Menuju Terminal Tawangmangu cukup mudah. Berjalan lurus dari Terminal Tirtonadi. Dari Terminal Tawangmangu, Anda bisa berjalan pelan karena jarak antara terminal dan Gate 1 cukup pendek, sekitar 1 kilometer. Dan jarak pintu masuk kedua adalah 500 meter dari pintu masuk pertama.

Dari salah satu destinasi wisata alam di Karanganya, objek wisata ini memiliki keistimewaan dengan segala pesonanya dan secara alami menjadi pusat perhatian Kabupaten Karanganyar.

Pengarang : Irwansyah Ardhan Rossidhi

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button