Ganjar menyebut potensi wisata religi di Jawa Tengah sangat tinggi, berikut halaman rekomendasinya untuk semuanya - WisataHits
Jawa Timur

Ganjar menyebut potensi wisata religi di Jawa Tengah sangat tinggi, berikut halaman rekomendasinya untuk semuanya

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjembatani berbagai potensi wisata religi dan ziarah yang ada di provinsi tersebut dalam peluncuran Paket Wisata 100 Nusantara di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Senin (5/12/2022).

Menurutnya, wisata religi khususnya wisata ziarah di Jawa Tengah memiliki daya tarik dan potensi penjualan yang besar.

Baca juga:

“Pernah ada yang nanya, apakah teman-teman dari Malaysia memang mau ziarah ke Jawa Tengah,” kata Ganjar, Senin, dalam jumpa pers mingguan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Salah satu paket wisata religi yang ditawarkan adalah paket 4 hari 3 hari bertajuk Ziarah Walisongo mulai Rp 2,6 juta untuk rute Semarang-Cirebon-Semarang.

“Tentu saja tidak sendiri (bekerja sendiri), nanti kita kerja sama dengan tempat lain, ada yang agamis, sunan-sunan yang ada, mulai dari Cirebon, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, satu paket,” terangnya.

Dia mengatakan kehadiran akan meningkat secara dramatis bertepatan dengan kegiatan doa yang sedang berlangsung.

“Sebenarnya kalau kita lihat tempat-tempat ziarah atau wisata religi ini tidak kalah. Luar biasa, apalagi kalau berkunjung selawatan di sana jadi ramai. tertawa terbahak-bahak,” dia berkata.

Baca Juga: Kenapa Ziarah ke Makam Ramai Saat Lebaran, Ini Alasannya

Saat kegiatan selawat diumumkan, peminatnya bisa meningkat dari 1.000 menjadi 1.500 orang pada waktu normal dan mencapai 10.000 orang pada saat itu.

“Apalagi saat kita ngobrol dengan beberapa teman dan menceritakan mereka didatangi oleh Habib Syeikh wah itu saja. 10.000 (pengunjung),” ujarnya.

Rekomendasi Paket Wisata Religi di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kompleks Makam Sunan Drajat terletak di puncak bukit di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur. cagarculture.kemdikbud.go.id Kompleks Makam Sunan Drajat terletak di puncak bukit di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

Salah satu paket wisata religi yang bisa dipilih adalah paket empat hari yang diawali dengan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati pada hari pertama.

“Hari pertama ziarah dari Semarang ke Sunang Gunung Jati. Kemudian ke Cirebon dan kembali ke Semarang. Hari kedua dari Semarang ke Demak, Kudus, lalu ke Tuban. Ada yang ziarah ke Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria, Sunan Bonang,” jelas Pahala.

Selanjutnya pada hari ketiga adalah perjalanan dari Tuban ke Lamongan, Gresik dan Surabaya.

Baca juga:

Wisatawan nantinya bisa berziarah ke makam Sunan Drajat, Sunan Gresik, Sunan Giri dan Sunan Ampel. Barulah perjalanan berakhir pada hari keempat di Surabaya, Jawa Timur.

Untuk detail paket ini, akses katalognya melalui website resmi 100 Paket Wisata Nusantara di wisata indonesia.

Calon pengunjung, jika berminat, cukup menghubungi nomor telepon yang tersedia di katalog untuk melanjutkan diskusi dan transaksi dengan biro perjalanan terkait.

Baca juga: Kemenpar Berencana Promosikan Wisata Religi di Makam Sunan Giri

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button