Bangkitnya sektor pariwisata mendorong bangkitnya UMKM - WisataHits
Jawa Tengah

Bangkitnya sektor pariwisata mendorong bangkitnya UMKM

Samrut Lellolsima | Selasa, 12/06/2022 18:52 WIB

Kebangkitan sektor pariwisata menjadi angin segar dalam kebangkitan UMKM.  Hal ini juga didukung dengan tersedianya infrastruktur yang memadai.

Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PKB, Siti Mukaromah. (Foto: Dok.Ist)

Jakarta, Jurnas.com – Bangkitnya kembali sektor pariwisata tanah air turut menghidupkan kembali usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19. Revitalisasi ini juga harus dibarengi dengan pembangunan infrastruktur yang akan mempermudah akses masyarakat ke tempat wisata.

“Revitalisasi sektor pariwisata merupakan angin segar dalam kebangkitan UMKM. Hal ini juga didukung dengan ketersediaan infrastruktur yang memadai,” ujar Siti Mukaromah, anggota Komisi VI DPR RI, dalam keterangannya, Selasa (6/12).

Hal itu juga disampaikannya saat Sosialisasi Peran Kemitraan UMKM dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berlangsung di Cilacap akhir pekan lalu.

UMKM, lanjut politikus PKB, bisa menjadi pemasok produk yang dijual di lokasi wisata. Apalagi jika itu adalah produk khas dari kawasan wisata.

“Tidak hanya sebagai konsumen, pengunjung tempat wisata juga bisa membuat rekomendasi produk, sehingga word of mouth bisa menjadi peluang bagi UMKM untuk memperluas pemasaran produk,” jelas Erma.

Ia pun mengapresiasi Adhi Karya sebagai BUMN yang bergerak di bidang infrastruktur.Pekerjaan monumental yang telah dilakukan perusahaan ini adalah pembangunan Masjid Istiqlal, Stadion Utama Gelora Bung Karno, dan Monumen Nasional.

Proyek yang termasuk dalam pembiayaan rights issue ADHI antara lain Jalan Tol Solo-YHA Kulonprogo Solo-yogyakarta, Tol Bawean Yogyakarta dan SPAM Karian Serpong Timur. Manfaat ADHI dari pendanaan Right Issue adalah untuk mendorong penyelesaian program-program strategis nasional.

Selain pengembangan bisnis, Perseroan juga memberikan manfaat bagi pemerintah, negara dan sosial dengan rights issue ini, salah satunya melalui peningkatan PDB/PDRB, penambahan lapangan kerja, pajak dan dividen yang lebih tinggi. Efek lain yang terlihat adalah koneksi regional ke kawasan wisata.

TAGS: Perang DPR Komisi VI Siti Mukaromah UMKM Pariwisata PKB BUMN

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button