Wagub Jateng mengapresiasi DTW yang mendukung UMKM lokal - WisataHits
Jawa Tengah

Wagub Jateng mengapresiasi DTW yang mendukung UMKM lokal

Wagub Jateng mengapresiasi DTW yang mendukung UMKM lokal

REPUBLIKA.CO.ID, HUNGARIAN – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen memberikan apresiasi kepada manajemen pengelola destinasi wisata yang peduli terhadap potensi UMKM di daerahnya.

Sehingga selain kunjungan wisatawan yang ramai, potensi UMKM di sekitarnya juga mendapat berkah bahkan peningkatan pendapatan.

Hal itu ditegaskan Wagub saat hadir pembukaan besar Sederet wahana baru bagi wisatawan di objek wisata Dusun Semilir di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (1/8/2023) malam.

“Seperti yang dilakukan Dusun Semilir di Kabupaten Semarang telah melibatkan UMKM lokal dalam kegiatan usahanya,” kata Taj Yasin di sela-sela acara peresmian.

Menurut Taj Yasin, kerjasama objek wisata dan UMKM sangat positif karena dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Artinya, Desa Semilir tidak mau berjalan sendiri, jelasnya.

Wagub menambahkan, pemerintah terus mendukung peningkatan kualitas UMKM di Jawa Tengah melalui berbagai program pendampingan dan pelatihan.

Dengan adanya objek wisata yang termasuk UMKM, diharapkan mampu mendongkrak ruang ekonomi masyarakat, termasuk penciptaan lapangan kerja.

Untuk itu, Wagub juga mendorong para pemangku kepentingan pariwisata untuk menciptakan suasana baru pariwisata di Jawa Tengah. Juga dalam situasi pemulihan dari badai pandemi seperti saat ini.

Roda perekonomian perlu lebih dipercepat lagi agar perekonomian daerah dapat segera melejit dan pulih kembali. “Seperti di Dusun Semilir, juga menawarkan wisata kuliner bagi UMKM lokal disertai berbagai permainan,” kata Taj Yasin.

Di sisi lain, Taj Yasin juga berharap para pengurus Dusun Semilir terus memperkuat sumber daya manusia (SDM) dan memanfaatkan promosi digital.

“Sehingga DTW ini dapat terus berkembang dan semakin berkontribusi bagi perekonomian daerah (Kabupaten Semarang) dan Jawa Tengah,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button