6 destinasi wisata berbeda di Kota Samarinda - WisataHits
Yogyakarta

6 destinasi wisata berbeda di Kota Samarinda

TEMPO.CO, jakarta -Samarinda adalah ibu kota Kalimantan Timur dengan sekitar 825.949 jiwa. Samarinda memiliki luas wilayah 783 km² dengan wilayah geografis berbukit dengan ketinggian antara 10 hingga 200 meter di atas permukaan laut.

Samarinda merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata. Baik alam, agama maupun budaya. Berikut Tempo.co menampilkan enam di antaranya:

1. Pulau Nasi Basah

Pulau Padi Basah terletak di Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur. Di sini wisatawan bisa menikmati pemandangan laut dari tepi pantai. Wisatawan juga bisa berenang dan mencoba beberapa fasilitas penjelajah pantai.

2. Desa tenun Samarinda

Desa Tenun Samarinda terletak di Kecamatan Samarinda Seberang, tepatnya di Desa Baqa dan Desa Masjid. Di desa ini, wisatawan dapat melihat dan mempelajari proses pembuatan kain tenun.

3. Masjid Islamic Center

Masjid Islamic Center merupakan tempat wisata religi di Kota Samarinda. Islamic Center merupakan masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal di Jakarta.

Islamic Center dibangun dengan gaya arsitektur Turki, Eropa, Timur Tengah dan Indonesia. Masjid ini memiliki tujuh menara. Dengan menara utama setinggi 99 meter, seperti bilangan Asmaul Husna.

Bangunan utama masjid kini memiliki 33 anak tangga, yang diartikan sebagai jumlah tasbih.

4. Tepian Sungai Mahakam

Berkunjung ke tepian Sungai Mahakam sepertinya menjadi hal wajib saat berkunjung ke Samarinda. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan Sungai Mahakam sambil duduk dan menikmati makanan.

5. Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah terletak di Dusun Purwosari di Kecamatan Samarida Utara. Sekitar 14 kilometer dari pusat kota Samarinda.

Air Terjun Tanah Merah memiliki ketinggian 15 meter. Air yang mengalir dari atas terlihat jernih dan bersih. Namun, air menjadi keruh dan kemerahan saat mencapai arus bawah.

6. Kebun Raya Unmul Samarinda

Kebun Raya Unmul Samarinda terletak 10 kilometer dari pusat kota Samarinda. Tempat wisata ini merupakan hutan pendidikan milik Universitas Mulawaman namun terbuka untuk umum. Pengunjung hanya perlu membayar 5.000 rupiah per orang untuk masuk ke sini.

Di kebun raya Samarinda terdapat sebuah danau besar yang dapat dijelajahi dengan perahu dan kereta kayuh.

DELFI ANA HARAHAP

Baca juga:

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan di saluran Telegram “Tempo.co Perbarui”. Klik bergabung.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button