Gir Pasang dan Kali Talang Jawara API 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Gir Pasang dan Kali Talang Jawara API 2022

Gir Pasang dan Kali Talang Jawara API 2022

KLATEN – Kabupaten Klaten berjaya menjadi tuan rumah Anugerah Pesona Indonesia (API) 2022 dengan meraih dua penghargaan sekaligus. Yakni, objek wisata Desa Gir Pasang Tegalmulyo meraih juara 1 kategori Destinasi Wisata Dataran Tinggi, dan objek wisata Taman Sepeda Kali Talang di Desa Balerante meraih juara 3 kategori Destinasi Wisata Olah Raga Adventure.

Bupati Klaten Sri Mulyani didampingi Kepala Seksi Prokopim Setda Klaten, Tri Nugroho Pujo Warono, Sabtu (26/11/2022) menyatakan, penghargaan tersebut diterima tepat pada puncak API Prize 2022, di AAC Dayan Gedung Dawood, Kota Banda Aceh, Jumat malam (25/11/2022).

Bupati mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak yang terlibat, yang bersama-sama mempromosikan pariwisata di Klaten, sehingga mendapat penghargaan. Kedua penghargaan tersebut menjadi motivasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Klaten melalui sektor pariwisata.

“Saya berharap pariwisata di Klaten semakin meningkat. Mari tingkatkan terus pariwisata yang dikelola kabupaten, desa dan swasta, agar wisatawan lokal dan mancanegara semakin dikagumi. Banyaknya wisatawan yang datang tentunya akan berdampak pada peningkatan perekonomian kotamadya,” kata bupati.

Gir Pasang terletak sekitar 1.200 mdpl di lereng Gunung Merapi, di kawasan Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten. Dusun ini dulunya merupakan dusun terpencil yang hanya dihuni oleh 12 kepala keluarga, terdiri dari 39 orang.

Satu-satunya akses saat itu adalah jalan setapak naik turun jurang yang memisahkan dusun Gir Pasang dan Ngringin. Untuk membuka keterisolasian Gir Pasang, Bupati Klaten berupaya keras agar bisa dibangun jembatan gantung bagi warga Gir Pasang.

Komitmen membuka isolasi juga disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo. Terakhir, pemerintah pusat mengalokasikan Rp 4 miliar dari APBN 2021 untuk membangun jembatan gantung sepanjang 120 meter yang membentang di ngarai sedalam lebih dari 100 meter.

Setelah pembangunan jembatan gantung, Gir Pasang menjadi tujuan wisata yang sangat terkenal. Ribuan pengunjung datang untuk menikmati panorama alam dan sejuknya suasana Gunung Merapi. Selain itu, Anda juga bisa mencoba jembatan gantung dan naik gondola.

Kepala Disbudparpora Klaten, Sri Nugroho, mengatakan pada tahap awal, Klaten masuk dalam nominasi 180 besar hingga 5 besar dari sekitar 3.000 peserta. Survei dimulai pada bulan Juni dan berakhir pada bulan September 2002, dan akhirnya Klaten memenangkan dua hadiah sekaligus. (duduk)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button