5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
Yogyakarta

5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi

5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dinamakan Kulon Progo karena kabupaten ini berada di sebelah barat Sungai Progo. Dalam bahasa Jawa, Kulon berarti Barat sedangkan Progo adalah Sungai Progo, sehingga secara bersama-sama disebut Kulon Progo.

Kabupaten Kulon Progo berdiri pada tanggal 15 Oktober 1951 dan telah menginjak usia 71 tahun. Kulon Progo memiliki banyak tempat dan tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari wisata alam, wisata air hingga wisata kota. Berikut beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi saat berwisata ke Kabupaten Kulon Progo.

1. Puncak Saka

5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib DikunjungiPotert Wisata Puncak Saka dilihat dari atas (instagram.com/satriajnugroho)

Wisata Puncak Saka merupakan wisata puncak bukit yang belakangan ini viral. Tempat ini terletak 40 km dari pusat kota Jogja tepatnya di Klanjuran, Tanjungharjo, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo. Wisata ini berada di ketinggian sekitar 700 m.

Suasananya yang sejuk dan tenteram kerap menjadikan tempat ini sebagai tempat berkumpul atau tempat rekreasi keluarga. Apalagi pada sore hari menjelang malam Wisata Puncak Saka ramai pengunjung karena cuacanya yang tidak panas dan anda bisa menikmati gemerlap lampu di Kabupaten Kulon Progo pada malam hari.

Masuk ke Wisata Puncak Saka gratis dengan jam operasional dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam WIB. Banyak fasilitas yang ditawarkan di Wisata Puncak Saka seperti tempat parkir, spot foto, mushola, Kedai kopi, warung makan dan toilet.

2. Pantai Glaga

5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib DikunjungiIcon Breakwater Pantai Glagah Indah (instagram.com/areadyy)

Kulon Progo yang berbatasan langsung dengan laut tidak lepas dari pantai. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Glagah Indah. Pantai ini terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 10 km dari pusat Kota Wates. Dengan biaya masuk Rp 6.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam Pantai Glagah Indah. Jam operasional Pantai Glagah adalah 24 jam. Pengunjung biasanya berduyun-duyun ke wisata ini pada pagi dan sore hari.

Pantai Glagah Indah juga memiliki berbagai fasilitas. Mulai musala, toilet, jalur renang anak, tempat makan dan masih banyak lagi. Pengunjung juga bisa menikmati wahana air seperti naik perahu di danau-danau yang ada di kawasan wisata. Salah satu ikon Pantai Glagah Indah adalah formasi tebing pemecah ombak yang sering dijadikan tempat berfoto populer bagi para wisatawan.

Baca juga: Pantai Congot Kulon Progo: Info Rute, Lokasi, Harga dan Tips

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

3. Kedung Pedut

5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib DikunjungiWisata Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo (instagram.com/setyobudiu

Wisata ini terletak sekitar 50 km sebelah barat pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dibuka pada tahun 2015, wisata ini mulai digandrungi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata ini buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Tarif masuk ke Air Terjun Kedung Pedut juga terjangkau, hanya Rp 11.000 per orang.

Untuk mencapai tempat wisata tersebut kita hanya perlu berjalan kaki sekitar 500 meter dari tempat parkir melalui jalan setapak. Tidak hanya air terjun yang bisa kita jumpai di sana, pengunjung juga bisa menemukan permainan yang tersedia seperti: rubah terbang.

4. Sungai Mudal

5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib DikunjungiEkowisata Sungai Mudal dengan air biru jernih (instagram.com/ideliburan_)

Ekowisata Sungai Mudal merupakan wisata air alami dengan warna air yang super jernih dan kebiruan. Tempat ini terletak di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sungai Mudal adalah wisata populer dengan banyak wisatawan dari berbagai usia ke mancanegara. Ekowisata Sungai Mudal juga sering digunakan untuk acara-acara seperti mengumpulkan, seminar atau piknik.

Harga tiketnya Rp 10.000 per orang dengan jam operasional mulai pukul 08:30 hingga 15:30 WIB. Ekowisata Sungai Mudal menawarkan berbagai wahana dan atraksi seperti air terjun, tempat perkemahan, dan rubah terbang. Ekowisata Sungai Mudal menawarkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet, mushola, tempat parkir, pendopo, WiFi dan warung makan.

5. Jalan Kemiri

5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib DikunjungiSuasana Jalan Kemiri Wates di sore hari (instagram.com/rifqisandi28

Meski tidak ditandai sebagai objek wisata, Jalan Kemiri ramai pengunjung, terutama kalangan muda, pasca proyek perluasan dan perbaikan. Jalan Kemiri sendiri berada di pusat Kota Wates, tepatnya di Terbah, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Banyak pengunjung yang ingin berfoto di sini dan menikmati suasana asri, apalagi di sore hari yang tidak terlalu terik. Pengunjung juga bisa merasakan sensasi melihat kereta api yang melintas dari jarak dekat sambil menikmati jajanan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima. Tempat ini juga cocok untuk Anda yang ingin mengajak teman atau keluarga saat akhir pekan menikmati sunset.

Nah itulah 5 tempat yang wajib kamu kunjungi saat ke Kulon Progo. Tunggu apalagi, mulai rencanakan liburanmu di Kulon Progo sekarang juga, ya!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button