Pokdarwis Kudus mengembangkan produk unggulan untuk memperkaya potensi wisata lokal - WisataHits
Jawa Tengah

Pokdarwis Kudus mengembangkan produk unggulan untuk memperkaya potensi wisata lokal

Kudus, Mitrapost.com – Pengembangan potensi wisata di Kabupaten Kudus akan semakin digencarkan. Bupati Kudus Hartopo mendukung penuh inovasi dan kreativitas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk memperkaya khasanah wisata Kabupaten Kudus.

“Peran Pokdarwis sangat penting untuk mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Kudus,” ungkapnya

Mengunjungi booth Pokdarwis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kudus usai pembukaan rutin Triwulanan Forum Komunikasi Pokdarwis Jawa Tengah Triwulanan di Balai Desa Dukuhwaringin Sabtu lalu (23/7/2022), Hartopo terpukau dengan keragaman produk yang dihasilkan .

Ia berkesempatan mencicipi kopi Muria yang disiapkan oleh seorang barista Pokdarwis di desa Dukuhwaringin. Sajian yang dibalut dengan cita rasa kopi Muria yang tak diragukan lagi itu mendapat aplaus dari bupati.

“Rasanya enak,” ujarnya sambil menikmati sajian produk khas Kota Kretek.

Dia melanjutkan ke stand dengan madu mutiara hijau dan ukiran kudu yang khas. Semuanya diberi nilai ekonomi yang tinggi. Hartopo meminta Pokdarwis mematenkan produknya dan terus berinovasi. Dengan demikian, karya asli Kudus tetap ada dan tidak diklaim oleh daerah lain.

“Patenkan produk segera. Produknya bagus semua. Maju terus,” ujarnya.

Selain itu, Kabupaten Kudus memiliki 28 desa wisata yang perkembangannya terus dipantau. Dia meminta pemerintah desa dan masyarakat bekerja sama untuk memaksimalkan potensi. Jika tidak ada kemajuan, Hartopo akan mengeluarkan peringatan.

“Kami memantau desa-desa wisata yang ada. Jika tidak ada kemajuan, kami akan mengeluarkan peringatan. Pemerintah desa harus mengambil tindakan,” jelasnya.

Terkait Forum Komunikasi Pokdarwis Jateng, Hartopo mengaku bangga ditunjuk sebagai tuan rumah. Pihaknya optimistis forum tersebut akan menjadi ajang kerjasama dan penguatan sinergi antar Pokdarwis.

“Semoga solidaritas antar Pokdarwis semakin kuat setelah kegiatan ini. Kudus merasa terhormat untuk menjadi tuan rumah pertemuan triwulanan ini, ”katanya.

Perwakilan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Supomo menilai pertemuan Pokdarwis di 35 kabupaten/kota itu bagus. Supomo meyakini ikatan emosional antar Pokdarwis lebih baik terbentuk dan menjadi ajang berbagi ilmu.

“Semoga silaturahmi ini semakin erat dan bermakna,” ujarnya.

Kepala Desa Dukuhwaringin Aris Istiyanto mengatakan, Desa Dukuhwaringin menyimpan berbagai produk dan wisata alam yang berkualitas. Salah satunya adalah Kopi Muria dan Alpukat. Ia berharap, produk-produk berkualitas tinggi kemudian tumbuh di desa Dukuhwaringin.

“Kami sangat bersemangat untuk memperkenalkan produk unggulan kami. Selamat datang di desa Dukuhwaringin,” pungkasnya.

Terima pembaruan berita terpilih dan berita terkini dari setiap hari Mitrapost.comdi google berita. Silahkan klik linknya dan jangan lupa “

Konsekuensi”

Jangan lupa kunjungi sosial media kami

Video Viral

Source: mitrapost.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button