5 Rekomendasi Wisata Klaten, cocok untuk bersantai bersama keluarga - WisataHits
Jawa Tengah

5 Rekomendasi Wisata Klaten, cocok untuk bersantai bersama keluarga

jakarta

Klaten dikenal sebagai kota seribu candi. Namun, kota ini tidak hanya memiliki banyak candi, tetapi juga banyak destinasi alam yang menarik untuk dikunjungi.

Kabupaten Klaten adalah kota antara Solo, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kota ini dikenal sebagai kota seribu candi. Namun, selain wisata sejarah dan budaya, kota ini juga memiliki banyak pesona alam.

Berikut 5 destinasi wisata di Klaten yang merupakan jenis wisata alam dan air yang cocok untuk traveler:

1. Desa Girpair

Gir Lampirkan objek wisata di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang.Tempat Wisata Gir Pasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten (Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng)

Desa Girpair terletak di Gritingan, Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Desa ini menawarkan banyak atraksi, salah satu yang menjadi favorit para pengunjung adalah gondola dan jembatan gantung.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Desa Girpair paling baik dikunjungi pada sore hari. Biasanya desa ini diselimuti kabut tebal pada sore hari. Sehingga udara di desa ini menjadi lebih sejuk dan traveler serasa berada di atas awan.

Tiket masuk Girpair Village tersedia mulai dari Rp 2.000 per orang. Jika ingin naik gondola, traveler hanya perlu membayar Rp 60.000 untuk 4 orang. Perjalanan di jembatan gantung ini tidak dipungut biaya.

2. Umbul Cokro Tulung

Umbul Cokro Tulung di KlatenUmbul Cokro Tulung di Klaten Foto: (Anni Rohimah/d’Traveler)

Umbul Cokro Tulung terletak di Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Umbul Cokro Tulung merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di Klaten.

Salah satu keunggulan Umbul Cokro Tulung adalah airnya yang jernih dan berasal dari mata air alami. Dengan kelimpahan air ini, tujuan wisata ini menawarkan berbagai fitur air. Mulai dari arung jeram, river tubing, snorkeling, seluncuran air, water boom hingga taman air bernama Omac Miracle Garden.

Selain berbagai permainan air, destinasi wisata ini juga menawarkan berbagai permainan outbond lainnya. Untuk menikmati wahana yang berbeda ini, traveler hanya perlu membayar tiket masuk mulai dari Rp 10.500.

3. Umbul Manten

Warga Klaten serang spanduk dan atraksi air di Padusan, Jumat (4 Januari 2022)Umbul Manten di Klaten (Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng)

Umbul Manten terletak di Desa Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Umbul adalah bahasa Jawa dan berarti musim semi. Maka tak heran jika destinasi yang satu ini juga menawarkan wisata air.

Umbul Manten masih menawarkan wisata air yang sangat alami. Selain airnya yang sangat jernih, kolam di Umbul Manten juga didesain sealami mungkin. Sisi-sisi kolam dihiasi dengan pepohonan besar yang membuatnya tampak hijau dan segar.

Biaya masuk Umbul Manten sangat terjangkau. Wisatawan hanya perlu membayar sekitar Rp 10.000 per orang untuk masuk ke tempat wisata ini.

4. Sungai Bulan Baru Klaten

Sungai Baru Bulan Klaten terletak di Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. River Moon merupakan destinasi wisata yang menawarkan atraksi yang cukup lengkap. Mulai dari wisata kuliner di restoran hingga wahana outdoor.

Traveler yang suka mencoba berbagai makanan bisa mencoba berbagai masakan di River Moon Resto. Namun, traveler yang menyukai petualangan bisa mencoba river tubing dan bermain di arena outbond.

Untuk river tubing, traveler cukup membayar Rp 15.000 untuk jarak 500 meter dan Rp 40.000 untuk jarak 2 kilometer. Harga yang ditawarkan untuk penerbangan sekali jalan bervariasi tergantung pada paket yang dipilih. Kisaran harga mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 90.000.

5. Talang Kalium

Tebing Kali Talang terlihat dari alur sungai Woro, desa Balerante, kabupaten KemalangTebing Kali Talang terlihat dari Alur Sungai Woro, Desa Balerante, Kabupaten Kemalang (Foto: Acmad Syauqi/detikcom)

Destinasi wisata di Klaten ini terletak di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Ekowisata Kali Talang atau Kali Talang menawarkan pemandangan Gunung Merapi yang indah.

Lokasi destinasi ini hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Sehingga menjadi destinasi yang layak dikunjungi untuk menikmati keindahan Merapi dari dekat tanpa harus mendaki.

Harga tiket masuk kawasan ini sangat terjangkau. Cukup membayar sekitar Rp 2.000 traveler sudah bisa menikmati keindahan alam sekitar.

Tonton video “Air gong saat sungai kotor berubah menjadi wisata penuh ikan”.
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/perempuan)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button