Tempat wisata alam di Sukoharjo aman, pengunjung diminta berhati-hati - WisataHits
Jawa Tengah

Tempat wisata alam di Sukoharjo aman, pengunjung diminta berhati-hati

Sumber foto: Deni Suryanti/elshinta.com.

Elshinta.com – Tercatat objek wisata alam di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah masih terbilang aman untuk dikunjungi pada liburan tahun baru ini. Tidak terpengaruh dengan kejadian cuaca ekstrim yang diramalkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai puncak musim hujan tahun ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan, Sukoharjo memiliki tempat wisata alam berupa kawasan perbukitan di wilayah selatan kabupaten tersebut. Batu Seribu, Gunung Sepikul, dan Gunung Pegat di Kecamatan Bulu merupakan tempat wisata lokal yang kemungkinan akan banyak didatangi pengunjung pada akhir tahun ini. Lokasi-lokasi ini aman dari pengaruh kondisi cuaca ekstrem.

“Sukoharjo tidak ada pantai, ada perbukitan dan selama ini tidak pernah ada kasus tanah longsor di tempat wisata lokal ini,” kata Sri Maryanto seperti diberitakan Karyawan Elshinta Deni SuryantiSabtu (31/12).

Namun, lanjutnya, secara umum BPBD sudah menyiapkan relawan Penanggulangan Bencana (Tagana) di setiap kecamatan. Khusus untuk tempat wisata yang akan diawasi dan dipantau secara intensif untuk menghadapi liburan tahun baru. Pemerintah desa, Koramil, Polsek dan juga staf BPBD dilibatkan dalam penertiban lokasi.

“Peninjauan diintensifkan hanya sebagai antisipasi,” imbuhnya.

Sri Maryanto mengimbau kepada warga Sukoharjo yang akan melakukan perjalanan untuk selalu memantau kondisi cuaca dengan menggunakan informasi resmi dari BMKG. Menurut peringatan yang dikeluarkan, cuaca ekstrem masih akan berlanjut di Indonesia hingga minggu pertama Januari 2023. Selain itu, warga diminta menunda kunjungan ke pantai di luar Sukoharjo. Gelombang tinggi masih bisa terjadi dalam beberapa hari ke depan.

“Hindari ke pantai dulu,” kata Sri Maryanto.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button