5 rekomendasi kuliner jalur selatan dari jawa tengah - WisataHits
Jawa Tengah

5 rekomendasi kuliner jalur selatan dari jawa tengah

TEMPO.CO, Yogyakarta -Saat libur Nataru atau Natal dan Tahun Baru 2023, jalur angkutan selatan untuk wilayah selatan Jawa Barat ini biasanya dipilih para pengendara untuk mudik ke kampung halaman atau sekedar ke destinasi wisata yang banyak tersebar di beberapa wilayah kota tersebut. .

Bagi siapa pun yang melintasi jalur selatan dari Jawa Tengah, mencicipi aneka kuliner khas di sana tidak lengkap.

5 rekomendasi kuliner

Dikumpulkan oleh wisata indonesia dan tempo.co, Berikut rekomendasi aneka kuliner khas jalur lintas selatan Jawa Tengah yang bisa jadi pilihan:

  1. Kuliner Yutuk (Kebumen)

Kuliner pertama yang ditemukan di jalur selatan dari Jawa Tengah disebut Yutuk. Ini adalah sajian kuliner khas dari spesies laut yang biasa disebut Sea Retreat. Biasanya dimasak dengan cara dipanggang menjadi bakwan atau rempeyek dan disajikan sebagai pendamping pecel. Kuliner Yutuk mudah ditemukan di sekitar pantai Kebumen, Jawa Tengah.

Baca: Polisi Alihkan Arus Pemudik di Persimpangan Nagreg Atasi Kemacetan Jalur Selatan

  1. Mangut Beong (Magelang)

Mangut Beong memang terkenal sebagai salah satu kuliner andalan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sajian kuliner ini berbahan dasar ikan Beong yang dianggap sebagai ikan endemik Magelang dan berasal dari Sungai Progo. Pengendara yang melintasi jalur selatan dari Jawa Tengah di Magelang bisa mencoba mangut beong dengan trancam dan urap panas.

  1. Ayam Lodho (Tulungagung)

Ayam lodho dikenal sebagai kuliner khas Tulungagung, Jawa Tengah. Sebelum disajikan, hidangan ini dicampur dengan saus pedas dan dilengkapi dengan ayam bakar. Keunikan dari Ayam Lodho adalah rasa perpaduan antara ayam bakar dan saus bumbu. Bahkan ayam yang digunakan adalah ayam jago atau ayam buras.

  1. Bakmi Nyemek (Banyumas)

Salah satu varian kuliner olahan mie jawa yang sangat populer disebut Bakmi Nyemek. Kuliner ini mudah ditemukan di sepanjang jalur transportasi selatan Jawa Tengah, khususnya di Banyumas. Keistimewaan Bakmi Nyemek adalah disajikan hangat dengan potongan hati. Berbeda dengan mie pada umumnya, kuah Bakmi Nyemek lebih kental dan sedikit.

  1. Mangut Lele (Yogyakarta)

Meski tidak secara geografis berada di Provinsi Jawa Tengah, kuliner Mangut Lele di Yogyakarta patut dicoba saat melintasi Jalur Selatan Jawa Tengah. Mangut lele adalah kuliner berupa lele goreng yang dimasak dengan kuah santan pedas. Campuran bumbu khas mereka juga disebut bumbu linglung.

Haris Setyawan
Baca Juga: 8 Ruas Tol Baru Dibuka Selama Libur Nataru, Catat Lokasinya

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita sela dan berita unggulan di saluran Pembaruan Tempo.co Telegram. klik bergabung.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button