Kunjungan ke sentra gerabah di kawasan desa wisata Borobudur - WisataHits
Jawa Tengah

Kunjungan ke sentra gerabah di kawasan desa wisata Borobudur

Kawasan candi Borobudur merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia. Ada banyak tempat wisata menarik di daerah tersebut, seperti mengunjungi desa wisata.

Nah kali ini kali IDN berkesempatan mengunjungi desa wisata yang merupakan pusat kerajinan gerabah pada tanggal 24 November 2022. Desa di dekat Candi Borobudur ini bisa menjadi alternatif wisata edukasi.

Dwi Arum Sari (28) adalah salah satu pemuda yang tinggal di sekitar Candi Borobudur. Arum memilih mengerjakan keramik gerabah dan wisata edukasi.

Gerabah merupakan salah satu potensi budaya khas Jawa Tengah. Jika Anda masih memiliki banyak waktu luang, Anda bisa mampir ke Central Pottery Arum Art. Simak info lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Lokasi Sentra Tembikar Arum Art

Kunjungan ke sentra gerabah di kawasan desa wisata BorobudurCentral Pottery Arum Art, Magelang, Jawa Tengah (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Central Pottery Arum Art terletak di Kawasan Warisan Dunia Candi Borobudur, tepatnya di Desa Wisata Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

2. Penggunaan bahan baku dari dalam negeri

Kunjungan ke sentra gerabah di kawasan desa wisata BorobudurGerabah di Central Pottery Arum Art, Magelang, Jawa Tengah (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Gerabah di sini menggunakan tanah adat setempat atau disebut barang tanah liat. Selain gerabah, Central Pottery Arum Art juga bisa memproduksi gerabah, namun tanahnya berasal dari Sukabumi atau Sumatera.

Arum mengaku belajar gerabah dari generasi ayahnya. Dia telah belajar tembikar sejak 2012. Karya pertamanya adalah pot berbentuk tabung.

Baca juga: [QUIZ] Anggota BTS idola Anda menentukan tur Yogyakarta favorit Anda!

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

3. Ciri-Ciri Sentra Seni Arum Tembikar

Kunjungan ke sentra gerabah di kawasan desa wisata BorobudurStupa gerabah di Central Pottery Arum Art, Magelang, Jawa Tengah (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Diperlukan proses pembakaran dengan suhu 800 derajat Celcius untuk menghasilkan gerabah. Tembikar yang paling banyak diproduksi adalah stupa karena identik dengan candi Borobudur.

Stupa ini merupakan ciri khas dari Central Pottery Arum Art. Dapat digunakan sebagai hiasan rumah atau asbak. Di sebelah stupa terdapat guci, vas, piring, dan patung kelinci mini untuk anak-anak.

4. Sudah mengikuti program UNESCO

Kunjungan ke sentra gerabah di kawasan desa wisata BorobudurPusat Tembikar Magelang, Jawa Tengah (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Central Pottery Arum Art telah menjadi anggota UNESCO sejak 2013. Setelah itu masuk dalam program Kita Muda Kreatif di tahun 2017.

Setelah bergabung dengan UNESCO, Central Pottery Arum Art telah mendapatkan berbagai manfaat seperti: B. Branding, Pemasaran dan Jaringan.

Dengan dukungan program Kita Muda Kreatif UNESCO dan Citi Indonesia, Arum dapat memperoleh pengetahuan ilmiah lebih lanjut tentang pengembangan bisnis.

Program ini memenuhi permintaan yang terus meningkat. Dulu terkenal hanya di daerah Borobudur. Sekarang Anda dapat membuka order melalui Whatsapp, tik toksampai Perdagangan elektronik.

Bahkan, kiriman sudah dikirim ke seluruh Indonesia dan luar negeri, seperti Belanda dan Jepang. Kisaran harga toples kecil mulai dari Rp 50.000. Lebih banyak variasi warna, harganya berbeda.

Demikian ulasan mengenai Pusat Gerabah di Desa Wisata Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Mungkin bisa menjadi ide bagi anda yang ingin mencoba wisata edukasi saat berkunjung ke borobudur.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Di Dunia Yang Menghilang Termasuk Candi Borobudur

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button