5 Kuliner Wajib di Jalur Selatan Jawa Timur - WisataHits
Jawa Barat

5 Kuliner Wajib di Jalur Selatan Jawa Timur

TEMPO.CO, jakarta -Selain jalur Pantura atau Pantura, ada juga jalur selatan pulau Jawa yang bisa dilalui dari Jawa Barat hingga Jawa Timur. Jalur selatan ini membentang dari Provinsi Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Membaca :

Di sepanjang jalur selatan, Jawa Timur identik dengan pemandangan alam yang mempesona. Di sisi lain, ada pula berbagai kuliner khas yang wajib dicicipi selama perjalanan untuk bersantai. Dikumpulkan oleh wisata indonesia, Berikut sederet kuliner di Jalur Selatan Jawa Timur.

  1. Orem Orem (Malang)

Orem-orem adalah nama makanan yang pertama kali ditemui saat singgah di jalur selatan Jawa Timur tepatnya di Malang. Di kalangan warga sekitar, masakan ini sudah menjadi menu makan yang populer. Seporsi orem-orem terdiri dari santan kental, mendol khas Malang, potongan ketupat, telur asin, dan terakhir kerupuk.

  1. Gudeg Pecel (Jember)

Berbeda dengan gudeg asal Yogyakarta, gudeg khas Jember, Jawa Timur dipadukan dengan pecel, sehingga disebut pecel gudeg. Selain itu, warna Gudeg Pecel tidak terlalu coklat dibandingkan dengan Gudeg Jogja atau Jawa Tengah. Cara memasaknya menggunakan oven berbahan bakar kayu dengan durasi sekitar enam jam.

Ilustrasi Gudeg Pecel. GoFood

  1. Soto Pacitan (Pacitan)

Menurut mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Soto Pacitan dianggap soto paling enak di dunia. Bagaimana tidak, soto andalan warga Pacita ini adalah potongan ayam kampung dan dilengkapi dengan kacang goreng yang renyah. Jangan lupa, taburan bawang goreng, kecambah dan irisan seledri membuat Soto Pacitan semakin istimewa.

  1. Pecel Blitar (Blitar)

Jika ada pecel gudeg di Jember, ada juga pecel khas Blitar di Blitar Jawa Timur. Sama seperti Pecel Kediri, bumbu Pecel Blitar memiliki tekstur yang halus dan sedikit berminyak. Beberapa penjual pecel di Blitar terkadang menambahkan kencur ke dalam bumbunya agar lebih gurih. Kuliner Pecel Blitar sudah bisa dinikmati mulai dari Rp 7.000.

  1. Bakso Presiden (Malang)

Selain Orem-orem, saat melintasi jalur selatan Jawa Timur, pengendara juga bisa mampir untuk mencoba kuliner khas Malang selanjutnya yaitu bakso Malang. Kelezatan bakso Malang sudah tidak diragukan lagi. Berbeda dengan bakso biasanya, bakso malang memiliki varian yang beragam di dalam mangkuknya.

Haris Setyawan
Baca juga:

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita sela dan berita unggulan di saluran Pembaruan Tempo.co Telegram. klik bergabung.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button