5 Gunung Favorit di Pulau Jawa untuk Pendaki Gunung Pemula - WisataHits
Jawa Tengah

5 Gunung Favorit di Pulau Jawa untuk Pendaki Gunung Pemula

TEMPO.CO, jakartapendaki adalah orang yang suka menjelajahi berbagai gunung. Mendaki gunung bukan sekadar hobi, tetapi juga membuat Anda merasakan udara sejuk dan suasana pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk kota besar.

Indonesia adalah negara dengan banyak gunung. kutipan Backpacker dari Jakarta, di pulau jawa saja ada sekitar 40 gunung lain yang bisa di daki. Bahkan, beberapa gunung ini sangat bersahabat bagi Anda sebagai pendaki pemula.

Rekomendasi 5 gunung

Tempo.co telah menyusun daftar gunung favorit di pulau Jawa untuk pendaki pemula.

1. Gunung Salak

Menurut situs resmi Kabupaten Bogor, Gunung Salak merupakan salah satu rangkaian gunung yang termasuk dalam wilayah perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sejak tahun 2003, kawasan ini dikelola oleh Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.

Gunung Salak relatif tua, sehingga memiliki beberapa puncak, dan yang tertinggi adalah Puncak Salak I dengan ketinggian puncak 2.211 meter di atas permukaan laut.

Gunung dengan status stratovolcano tipe A ini dikelilingi oleh gumpalan asap, pepohonan kering dan kawah dengan bau belerang yang kuat. Di puncak gunung ini terdapat kawah yang agak besar yang disebut Kawah Ratu.

2. Gunung Papadayan

Gunung Papandayan adalah stratovolcano di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung yang memiliki ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut ini menjadi salah satu favorit terutama bagi para pemula dalam panjat tebing. Karena jalur gunung ini cukup landai dan agak mudah.

kutipan Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Gunung Papandayan memiliki pemandangan indah berupa hamparan bunga edelweis. Dalam perjalanan ke atas, pendaki melintasi ladang bunga. Namun, ada peraturan yang harus diikuti, yakni dilarang memetik bunga.

Selain itu, pendaki juga bisa melihat pemandangan pepohonan kering atau hutan mati. Fenomena alam ini terjadi di masa lampau akibat letusan Gunung Papandayan.

3. Gunung Hungaria

Berbicara tentang Gunung Ungaran tentu sudah tidak asing lagi bagi para pendaki asal Jawa Tengah. Karena gunung dengan ketinggian 2050 mdpl ini termasuk gunung yang cocok untuk pemula.

kutipan visitjawatengah.jatengprov.go.id, Gunung Ungaran dapat ditempuh melalui banyak jalur antara lain Jalur Medini, Jalur Gedong Songo dan dua jalur tertutup yaitu Jalur Curug Lawe dan Jalur Nglimut.

Baca juga: Berikut beberapa persiapan mendaki gunung saat musim hujan

Dari jalur Medini, sepeda motor atau mobil bisa mencapai desa terakhir yaitu Promasan, namun dengan jalan berbatu. Kebanyakan pendaki pemula biasanya menggunakan jalur Basecamp Mawar karena jalurnya lebih terjaga dan parkirnya aman.

Perjalanan dari base camp menuju puncak tidak memakan waktu lama. Biasanya hanya sekitar 7-12 jam bagi pemula untuk bisa sampai puncak. Pendaki melewati tiang kolam dalam perjalanan ke atas. Di tempat ini terdapat kolam renang dengan air dari Gunung Ungaran. Selain itu, terdapat juga shelter dan rumah warga sekitar yang dapat dijadikan tempat berteduh jika terjadi hujan.

4. Gunung Nglangeran

Gunung Nglanggeran adalah gunung api purba di kawasan desa wisata di Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Gunung ini memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Gunung Nglanggeran memiliki spot yang cukup menantang, namun hanya membutuhkan waktu 50 menit hingga satu jam untuk mencapai puncaknya. Dari puncak ini, pendaki bisa melihat sunset di sore hari dan matahari di ufuk timur di pagi hari.

5. Gunung Prau

Gunung Prau menjadi gunung favorit bagi banyak pendaki di Jawa Tengah. Hal itu karena keindahan Gunung Prau berhasil membuat semua orang merindukannya. Kebanyakan pendaki mengatakan bahwa pemandangan matahari terbit di Gunung Prau adalah yang terbaik di Asia Tenggara.

kutipan kunjungijawateng.jatengprov.go.id, Berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah, Gunung Prau menjadi batas antara empat kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kendal, Temanggung dan Wonosobo. Ketinggian Gunung Prau mencapai 2.565 mdpl dan merupakan gunung yang ramai dikunjungi para pendaki gunung pemula.

Adik INDRA PURNAMA

Baca juga : 5 hal yang harus dilakukan pemula sebelum mendaki gunung untuk pertama kali

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan di saluran Telegram “Tempo.co Perbarui”. Klik bergabung.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button